Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog

Menetapkan negara target untuk pengunjung blog, cukup besar pengaruhnya terhadap SEO. Karena itu jangan anggap enteng. Kecuali pengunjung yang anda harapkan hanya anda dan tetangga dekat rumah anda saja.


Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog


Dari siapa saya tahu bahwa menetapkan negara target berpengaruh terhadap SEO blog? Dari mana lagi kalau bukan langsung dari Google, yang sebelumnya sudah saya ulas disini: Belajar SEO Langsung dengan Google.

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menetapkannya?

Sekarang silahkan buka dasbor Google Search Console anda (klik)


Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog


Lalu selanjutnya kliklah pada URL blog anda seperti gambar diatas, sehingga terbuka detailnya seperti ini:



Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog


Nah pada menu Lalu Lintas Penelusuran, kliklah pada bagian Penargetan Internasional (lihat No.1). Setelah detailnya terbuka, maka kliklah pada tab Negara (lihat No.2). (Cara Mengganti Google Search Console Menjadi Bahasa Indonesia)


Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog


Kemudian centang pada Pengguna tujuan di dan pilih negara yang menjadi target dari pengunjung blog anda. Tentu saja sesuaikan dengan konten blog anda. Jika blog anda menggunakan bahasa Madura, jangan dipilih negara Amerika. Mubazir. Pada contoh ini, saya memilih negara Indonesia. Jika sudah, jangan lupa klik tombol Simpan. Lalu tunggu prosesnya sampai muncul indikator berhasilnya seperti ini


Cara Menetapkan Negara Target Pengunjung Blog


Nah jika sudah seperti ini, berarti penetapan Negara Target pengunjung untuk blog anda, sudah selesai. Maka nanti Google akan lebih mengoptimalkan pengunjung blog anda dari orang-orang yang berada di Indonesia, meskipun mereka yang dari negara lain, tetap bisa mengakses blog anda. Tapi jangan lupa, cara ini baru bisa bekerja dengan maksimal, jika pada blog anda sudah disisipkan tag Hreflang, yaitu tag bahasa. Jika tidak, maka Google akan tetap menilai blog anda tidak punya target pengunjung. Karena tag itu gunanya untuk seolah-olah berkata pada robot Google: "Woii robot! Gua kasi tau ya. Tolong sodorkan blog gua dengan gencar ke orang-orang Indonesia. Kalau gak, awas lo!"

Jika anda belum tahu cara menyisipkan tag Hreflang, lengkap dengan kodenya, silahkan mampir disini: Kode Valid Tag Hreflang dan Cara Menyisipkan pada Blog.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas.com