-->

Kupas Tuntas Apa Itu SEO dan Fungsinya untuk Blog




SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation, yang artinya adalah, melakukan berbagai trik secara sistematis agar indeks dan peringkat blog kita lebih maksimal pada mesin pencari. Betapa pun sebuah blog kaya dengan konten, tapi jika SEOnya buruk, maka peluang blog tersebut untuk mendapat aliran pengunjung yang melimpah dari mesin pencari, menjadi sulit. Karena blog tersebut, gagal bersaing dengan puluhan juta blog lain yang berkeliaran di mesin pencari. Apapun kata kunci yang diketik oleh pengunjung di mesin pencari, blog tersebut tidak muncul pada halaman awal pencarian. Postingan-postingan dari blog tersebut, tenggelam di bagian akar search engine. Berbeda dengan blog yang SEOnya bagus, meskipun jumlah postingannya tidak begitu banyak, tapi karena peformanya bagus di mesin pencari, maka setiap kata kunci yang diketik pengunjung, cendrung postingan blog tersebut yang naik ke ranking atas di halaman pencarian.

Lalu bagaimana caranya agar SEO sebuah blog itu bagus?
Jawabannya adalah, jadikan blog tersebut semakin dekat dengan algoritma mesin pencari. Karena mesin pencari, punya sistem tertentu dalam merangking halaman sebuah blog atau situs. Blog-blog yang akan leluasa menguasai mesin pencari, adalah blog-blog yang pengeloaannya sesuai dengan algoritma mereka. Jadi prinsip dasarnya, semakin dekat sebuah blog dengan algoritma mesin pencari, maka semakin besar peluang blog tersebut muncul ke permukaan di halaman pencarian. Dan kelanjutannya, akan semakin besar peluangnya untuk menyedot pengunjung dari sana.

Caranya?
Jawabannya sudah jelas: Pahami seperti apa algoritma mesin pencari.
Apa yang menjadi ukuran bagi mereka dalam menilai blog kita.
Lalu ikuti aturan itu. Terapkan pada blog semaksimal mungkin
Maka niscaya kemudian, blog kita akan mendapat peringkat yang tinggi dari mereka

Sesungguhnya, ini menjadi tanda-tanda bagi Blogger yang berpikir.



1 komentar:
avatar
Anissa Febriyani 26 September 2020 pukul 10.47

Jujur saya masih belum faham setelah baca ini saya masih sangatttttt nub. Kalau blog saya ingin ada di pencarian harus bagaimana? Tapi terimakasih tulisan nya, ada gambaran untuk saya

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas