-->
total blogging
MENGERUK BISNIS ONLINE

Cara Menetapkan WWW & Non WWW Blog di SERP Google

: Jumat, Maret 16, 2018

Menentukan pakai WWW atau tidak pada URL blog anda, ikut menentukan skor SEO blog anda sekian persen di halaman SERP Google. Kenapa?



Cara Menentukan WWW dan Non WWW Blog di SERP Google


Sebelumnya ini sudah saya ulas pada Cara Belajar SEO Langsung pada Google. Pointnya adalah, alamat atau URL blog yang menggunakan WWW dengan yang tidak, dinilai sebagai 2 blog yang berbeda oleh Google. Meskipun keduanya, adalah blog yang sama. Begitulah sejauh ini Googlebot menilai. Karena itu agar optimasi SEO blog anda lebih maksimal, Google menyarankan agar anda pilih salah satu diantara keduanya, sebagai URL yang akan ditampilkan pada halaman pencarian. Contohnya seperti ini:


Cara Menentukan WWW dan Non WWW Blog di SERP Google


Pada NO.1 tampak URL blognya tanpa WWW. Sedang pada list NO.2, URLnya menggunakan WWW.

Mungkin yang menjadi pertanyaan bagi anda, mana yang lebih bagus diantara keduanya? Jawabannya, bisa anda simpulkan sendiri. WWW merupakan program terbaru untuk menampilkan dokumen web melalui aplikasi Browser, yang sebelumnya, baru ada FTP untuk menampilkan dokumen berbasis  web. Lalu dalam hal hubungannya dengan SEO, Google lebih menyarankan para Webmaster agar memilih versi WWW ketimbang Non WWW.

Lalu kapan dan dimana Google menyatakan hal itu?
Itu yang saya lupa.

Nah sekarang, bagaimana cara mengatur URL blog anda akan hal itu? Ditampilkan menggunakan WWW atau tanpa WWW pada halaman penelusuran Google? Anda bisa melakukannya pada menu Setelan pada dasbor Google Search Console anda sendiri. Jika anda masih bingung, langkah detailnya seperti ini.

Sekarang bukalah dasbor Google Search Console anda (klik link)


Cara Verifikasi Blog di Google Search Console Webmaster Tools

Lalu sekarang kliklah pada pada URL blog anda seperti gambar diatas


Cara Verifikasi Blog di Google Search Console Webmaster Tools


Selanjutnya cermati gambar dibawah ini


Cara Menentukan WWW dan Non WWW Blog di SERP Google


Jika blog anda lebih dari satu, pastikan pada drop down menu yang tertera adalah URL blog yang anda inginkan (Lihat No.1). Jika itu sudah benar, selanjurnya klik pada ikon Pengaturan (gambar roda gigi pada No.2), sehingga terbuka jendela propertinya. Setelah jendela propertinya terbuka, maka pilihlah pada menu Setelan Situs (Lihat No.3), sehingga terbuka halaman seperti ini:


Cara Menentukan WWW dan Non WWW Blog di SERP Google


Nah disinilah anda menentukan sikap, mana yang ingin anda pilih. Pada contoh ini, saya sengaja memilih alternatif kedua, yaitu Tampilkan URL sebagai http://www.blogernas.com. Jika sudah, maka jangan lupa klik tombol Simpan.

Lalu apalagi selanjutnya?
Tidak ada. Anda tinggal tunggu Google mengudate pengaturan anda. Setelah itu, URL Blog anda di halaman SERP Google akan muncul persis seperti pengaturan yang anda pilih.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger