Cara Membuat Template Blog Sendiri dari Awal

Cara Membuat Template Blog Sendiri dari Awal

Jika setiap menggunakan template orang lain anda selalu tidak pernah puas 100%, kenapa tidak merancang template sendiri dari awal? Anda bisa tentukan sendiri seperti apa tampilan blog yang anda inginkan. Semua, bisa anda racik sendiri sesuai selera anda.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Pertama pahami dulu Struktur Dasar Template. Tujuannya agar anda punya peta yang jelas tentang kerangka yang membentuk sebuah template. Mulai dari bagan-bagannya, sampai dengan struktur dan elemen yang membentuknya. Selengkapnya tentang hal ini bisa anda baca DISINI.

Kedua ketahui script dasar dari template Blogger. Karena anda tidak bisa memulainya benar benar dari halaman kosong. Tetap ada script pokok yang digunakan saat memulai merancang template versi Blogger. Script dasar tersebut, bisa anda maling DISINI.

Ketiga buatlah elemen demi elemen template tersebut satu demi satu sesuai urutannya. Anda tidak bisa mulai dari pernak pernik alias mulai dari tengah. Ibarat seorang kuli bangunan, untuk membangun sebuah dinding beton yang kokoh, anda harus menyusun bata demi bata secara bertahap. Tutorial tentang itu sudah bisa anda baca dibawah ini. Tapi agar tidak membingungkan dalam melakukannya, maka lakukan sesuai nomor urutnya secara runut. Jangan loncat-loncat:


Keempat anda harus sabar, jeli dan gigih memahami dan melakukan semua langkah diatas. Melakukannya dengan semangat kebut semalam, tidak bisa. Itu sama artinya anda menulis diatas air. Ingat dan bisa dalam sekejap, tapi juga lupa dalam sekejap. Lalu sesudahnya, layu bahkan mati total tanpa bekas. Karena itu jika memang anda betekad ingin berhasil membuat template untuk blog anda sendiri, maka lakukanlah semua itu dengan sungguh-sungguh. Dengan cinta dan heroisme yang pekat. Usaha setengah-setengah, tidak mungkin akan menghasilkan produk yang sungguh-sungguh.

Jika point terakhir ini bisa anda amalkan, baru lakukan point pertama. Tapi jika tidak, lebih baik tidak usah. Karena selain percuma, hanya akan buang-buang waktu. Lebih baik anda tetap gunakan template orang lain yang sudah jadi. Tapi dengan catatan pastikan template yang anda gunakan itu memang template yang sudah power full, yang sudah lulus pengujian dari berbagai aspek. Misalnya dari sisi struktur data, valid HTML, SEO dan juga loadingnya. Contohnya Template yang banyak diburu para Blogger.
8 komentar
avatar
M Rizal 27 Juni 2016 00.56

bukan bermaksud untuk menggurui atau bermaksud sok tahu pada cara membuat template sendiri di blog yang telah ms anas publikasikan.

saran saya, sebaiknya tulisan DISINI dirubah saja dengan judulnya saja dengan tulisan (baca: JUDULNYA)

kalau kata orang-orangan sawah yang suka menulis konten untuk robot, kata DISINI tidak bisa dipahami oleh robot google.

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 27 Juni 2016 05.37

Sebelum kamu bilang saya sudah tahu Rizal. Bahkan sudah menulisnya disini:

Apa Itu Anchor Text, Fungsi dan Contohnya?

Balas
avatar
angles 2 November 2016 14.13

super...

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 2 November 2016 21.14

Makasih Angles

Balas
avatar
Anonim 22 Juli 2017 22.46

Meski gda contohnya bentuk gambar, tp di otak saya sudah ada gambaran ,, makasi gan (y)

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 24 Juli 2017 14.54

Sama-sama Readerstars

Balas
avatar
bursahp 14 April 2018 23.11

sebelum ada bentuk ( layout ) namun setidaknya sudah membari gambaran akan elemen apa yang mesti di tampilkan...terima kasih sudah brbagi...sukses selalu.

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 14 April 2018 23.32

Sama-sama BursaHP

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas