Berapa Lama Saya Menerima PIN Google Adsense?

Berapa Lama Saya Menerima PIN Google Adsense?


Saya resmi diterima Full sebagai Publisher Adsense, Kamis 18 Januari 2018. Dan besoknya, iklannya langsung tayang. Lalu sejak saat itu, setiap harinya selalu ada klik yang saya dapatkan. Saya merasa senang melihat pertumbuhan rupiah yang muncul di akun Adsense saya. Lalu setelah penghasilan saya lebih kurang Rp. 130.000, muncul notifkasi, agar saya melakukan verifikasi alamat dengan cara memasukan nomor PIN.

Yang menjadi pertanyaan, nomor PIN itu mana?

Saya bingung juga. Tapi setelah baca-baca bantuan Google akan hal terkait, baru saya pahami. Rupanya saya tinggal menunggu kiriman Google via Pos. Maka sejak saat itu, saya merasa tenang. Lalu kembali aktif mengisi blog ini dari waktu ke waktu. Tapi setelah saya tunggu-tunggu, kiriman itu tak datang juga. Berkali-kali saya buka halaman verifikasi PIN Adsense, tapi tak ada pemberitahuan apapun terkait hal itu. Saya pikir, mungkinkah ada masalah dengan akun saya? Saya periksa semuanya, mulai dari nama dan identitas terkait, sampai dengan detail alamat saya. Tak ada yang keliru.

Selang beberapa hari kemudian, baru muncul pemberitahuan di halaman verifikasi PIN tersebut, bahwa jika saya belum juga menerima kiriman PIN dari Google, saya bisa meminta PIN baru lagi. Tombol minta PIN barunya, sudah aktif. Maka saya pun langsung klik dengan senang hati.

Lalu berapa lama sesudah itu kiriman dari Google datang?
Diluar perkiraan saya, rupanya kiriman yang saya tunggu-tunggu, belum juga datang. Padahal waktunya, sudah sangat lama. Sudah lebih kurang 2 bulan sejak saya diminta melakukan verifikasi alamat. Yang saya terima kemudian, masih hal yang sama, yaitu agar meminta PIN baru lagi. Maka lagi-lagi, saya lakukan hal yang sama, yaitu minta PIN baru lagi.

Lalu bagaimana hasilnya sesudah itu?

Masih sama. Masih saja kiriman dari Google tidak datang. Saya tunggu dari hari ke hari dari minggu ke minggu. Satu bulan lebih sesudahnya, apa yang saya tunggu, tetap tak kunjung datang. Saya pikir, mungkin ada masalah. Tapi saya tetap berusaha untuk tenang. Apalagi, ada yang saya harapkan. Penghasilan saya sudah lebih 650 ribu. Diam-diam, saya ingin mengecapnya. Bukan karena jumlahnya. Tapi ingin menikmati jerih payah dari hasil kerja sama dengan Adsense. Sementara saya sadar, jatah untuk menerima PIN itu hanya 3 kali. Jika masih belum menerimanya, seperti yang saya alami, maka peluang untuk mendapatkan kiriman PIN dari Google, berakhir sudah. Konsekuensi lanjutnya, iklan tidak akan tayang lagi di blog. Dan penghasilan yang tertera, tidak bisa dicairkan.

Lalu apalagi sesudahnya?

Inilah notifikasi yang saya dapatkan:

Berapa Lama Saya Menerima PIN Google Adsense?

Lalu saya klik formulir pada tulisan diatas. Saya dibawa ke halaman isian data yang diminta seperti ini:


Berapa Lama Saya Menerima PIN Google Adsense?

Ini artinya, saya diminta untuk mengirim screen shot dokumen identitas resmi pribadi ke Google. Berarti inilah solusinya jika PIN Adsense tidak diterima juga. Tapi karena saya belum tertarik melakukan verifikasi dengan cara ini, maka saya abaikan saja. Saya masih berharap PIN kiriman Google datang. Andaikata kiriman itu juga tidak datang,  alternatif yang bisa saya lakukan, sudah ada. Jadi sejak saat itu, segala keraguan saya, sudah berakhir.

Tapi diluar perkiraan saya beberapa hari kemudian, tanpa pernah saya pikirkan lagi, rupanya datang Pak Pos ke rumah saya. Membawa 2 lembar surat seperti ini:


Berapa Lama Saya Menerima PIN Google Adsense?


Benar-benar saya tidak menyangka.
Akhirnya, Tepat hari Jumat pagi 11 Mei 2018, kiriman PIN dari Google datang juga ke rumah saya. Jumlahnya, tidak satu. Tapi 2 buah. Saat saya tanya pada Pak POS kok bisa begitu, katanya:

"Ini bukan tertahan di tempat kami. Tapi di POS Malaysia itu sendiri. Sepertinya mereka kumpulkan dulu beberapa surat yang sama, baru kemudian dikirim serentak"

Jadi berapa lama persisnya saya menerima PIN dari Google Adsense sejak saya diterima sebagai Publisher? Tepatnya 3 bulan 3 minggu alias 110 hari.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas.com