Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console

Ada banyak sebab kenapa Peta Situs yang anda kirim ke Google Search Console itu dilaporkan error oleh sistem. Tapi pada kesempatan ini akan saya bagikan beberapa error yang lazim dan sering terjadi


Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console


Secara umum,
Ada 2 jenis error peta situs blog yang dilaporkan oleh Google Search Console pada akun anda.


Pertama kategori Kesalahan


Error seperti ini biasanya terjadi secara langsung begitu selesai mengirim Peta Situs blog ke Google Search Console. Penyebabnya bisa karena format Peta Situs atau file Sitemap yang digunakan tidak cocok (Daftar Format Peta Situs yang Diterima Google). Bisa juga karena pengaturan anda memblokir robot Google untuk merayapi halaman terkait pada blog anda. Atau bisa juga blog belum ada isinya atau postingannya, tapi peta situsnya sudah anda kirim ke Google Search Console. Berikut beberapa contohnya:

1. Tidak ada Tag XML

Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console


Ini adalah contoh Peta Situs dengan laporan kesalahan. Untuk mengetahui apa kesalahannya, kliklah link /sitemap.xml atau 1 kesalahan tersebut (angka kesalahan bisa berbeda tergantung pada blog anda masing-masing). Maka pada contoh ini, inilah detail kesalahan yang dilaporkan:


Cara Mengatasi Error Peta Situs di Google Search Console


Ternyata inti masalahnya, tidak ada tag XML pada blog, dimana hal itu biasanya terjadi secara otomatis (pada Blogger) setiap anda menulis sebuah postingan, secara otomatis sistem akan membuat file sitemap atau peta situs untuk blog anda dengan format XML, yang kodenya diawali dengan tag urlset dan url (ingat Cara Membuat Peta Situs Sendiri).

Jadi kesimpulannya, kesalahan seperti ini terjadi karena blog anda belum ada isinya. Belum ada satu pun postingan di dalamnya. Maka solusinya, isilah blog anda. Postinglah. Sebagai uji coba, silahkan anda posting sembarang tulisan, walaupun hanya judulnya saja (nanti bisa anda edit atau hapus lagi). Setelah itu, kirim ulang peta situs ini kembali tanpa harus mengubahnya. Contohnya seperti ini


Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console


Centanglah pada kotak kosong di samping /sitemap.xml diatas. Lalu klik tombol Kirim Kembali.



Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console


Untuk melihat hasilnya, kliklah pada link Segarkan halaman. Maka inilah laporannya:


Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console

Nah tampak pesan error dan laporan masalahnya langsung hilang.

Sekarang bagaimana jika kesalahannya bukan itu? Melainkan adalah:


2. Peta Situs adalah HTML


Error seperti ini terjadi karena format peta situsnya tidak cocok. Pada contoh ini, format yang digunakan HTML. Sedang ekstensi file HTML tersebut, lazimnya adalah ekstensi file halaman tayangan sebuah web dan blog, yang sejauh ini hanya bisa dibuka dengan menggunakan Browser. Bukan ekstensi file sitemap atau peta situs, yang bisa dibuka dengan apliakasi editor (Notepad, Dreamweaver) dan office (Wordpad dan Micorosoft Word). Biasanya ini terjadi pada blog yang menggunakan hosting sendiri, dimana file sitemapnya, mereka upload ke hosting mereka. Tapi file yang diupload tersebut, dengan format HTML. Bukan XML.



Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console

Maka solusinya adalah, mengganti format file peta situsnya dengan XML. Lalu hapus file sebelumnya yang sudah terlanjur terkirim ke hosting cpanel. Kemudian ganti dengan file sitemap baru yang sudah menggunakan format XML. Selanjutnya kirim ulang URLnya pada Google Search Console. Caranya sama dengan cara diatas.


Kedua Kategori Peringatan


Sebab & Solusi Error Peta Situs di Google Search Console


Kenapa peringatan? Karena sudah sistem menilainya sudah berbahaya. Sudah level akut. Karena efeknya, blog anda buruk di mata Google, yang efeknya, peforma blog anda di mesin pencari tidak akan pernah naik.

Untuk melihat detail laporannya, kliklah salah satu link berwarna biru yang terdapat pada list diatas. Sebagai contoh misalnya peringatannya seperti ini:


Cara Mengatasi Error Peta Situs di Google Search Console


Error seperti ini bisa disebabkan beberapa  kemungkinan, yang intinya adalah masalah 404. Misalnya:


1. Isi/Pengaturan file robot

Pengaturan atau isi file robots pada blog anda memblokir akses Spider Google untuk merayapi halaman postingan blog anda, sehingga URL atau alamat atau halaman tersebut, tidak bisa diakses robot. Solusinya tentu saja mengatur ulang isi file robots pada blog anda. Jika anda menggunakan Blogger untuk ngeblog, secara default isinya adalah seperti ini.


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.blogernas.com/sitemap.xml


Nah masalahnya, mungkin bagi anda isinya bukan seperti ini. Pada bagian user-agentnya, mungkin ada halaman lain selain halaman search yang diblokir agar robot tidak bisa mengaksesnya. Jadi silahkan itu dihapus alias jadikan seperti contoh ini. Jika sudah diperbaiki, maka kirim ulang kembali URL file sitemap atau peta situs blog anda ke Google Search Console.


2. Postingan telah dihapus

Pesan error muncul karena sebuah atau beberapa postingan sudah anda hapus di blog anda, tapi anda belum melaporkannya pada Google Search Console. Akibatnya robot tetap berjuang ingin merayapinya tapi selalu gagal. Tentu saja gagal karena halaman itu di blog anda sudah tidak ada. Solusinya laporkan pada bagian Kesalahan Perayapan dan Kesalahan URL bahwa masalah itu sudah anda selesaikan. Kemudian kirim ulang url peta situs tersebut tanpa harus mengubahnya.


3. Masalah Hosting

Pesan error 404 seperti ini bisa juga terjadi karena beberapa masalah yang terkait dengan hosting. Biasanya terjadi pada blog yang menggunakan hosting sendiri, bukan menggunakan engine Blogger dan sejenisnya. Misalnya pada mulanya blog tersebut menggunakan hosting A. Tapi kemudian pindah menggunakan hosting B. Sementara file peta situs itu sebelumnya terletak pada hosting A. Nah saat pindah hosting, si Blogger tersebut lupa untuk mengupload ulang file sitemapnya ke hosting baru. Akibatnya tentu saja robot jadi tidak tahu dan tetap berjuang mengaksesnya. Pada file-file blog tersebut, sudah pindah alamat. Solusinya tentu saja upload lagi file sitemapnya ke hosting (cpanel) yang baru. Lalu kirim ulang lagi url sitemapnya ke Google Search Console.

Kemungkinan lain adalah, beberapa pengaturan terkait dengan domain dan servernya, belum cocok. Misalnya pengaturan DNS, koneksi sever dan seterusnyanya. Maka solusinya perbaiki lagi pengaturannya. Bagaimana caranya? Tanya pada admin dimana anda membeli domain dan menyewa hostingnya. Jangan pada saya. Jika itu sudah beres, baru kirim ulang lagi url sitemap atau peta situsnya ke Google Search Console.

Kemungkinan lain lagi bisa juga karena server hosting blog anda sedang bermasalah. Misalnya sedang melakukan maintanance, sedang drop, dan seterusnya. Sehingga robot menjadi tidak bisa mengakses file sitemap blog anda yang terletak disana. Solusinya silahkan marah-marah pada pemilik hosting yang anda gunakan. Jangan pada saya. Karena sepenuhnya itu adalah urusan anda. Bukan urusan saya. Betul?
2 komentar
avatar

Kalo keterangannya
Peta situs Anda terlihat seperti halaman HTML. Pakai format peta situs resmi saja.
Solusinya apa ya kak?

Balas Hapus
avatar

Ganti dengan file yang menggunakan format atau ekstensi XML. Kan tinggal diedit pakai notepade saat menyimpannya

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas.com