total blogging
MENGERUK BISNIS ONLINE

Apa Itu Google Search Console & Fungsinya untuk Blog?

: Sabtu, Maret 03, 2018

Dengan memahami apa itu Search Console sekaligus fungsinya untuk blog, maka prestasi blogging anda akan bisa melejit kencang. Kenapa?


Apa Itu Google Search Console & Fungsinya untuk Blog?




Ibarat membawa sebuah kendaraan, anda membutuhkan stir untuk mengemudinya, agar kendaraan yang anda bawa, bisa anda kontrol arah dan kecepatan mesinnya. Kemudian disekitar anda sudah tersedia petunjuk berapa kecepatan, berapa stock bahan bakar yang tersedia, suhu mesin, bahkan kaca spion untuk memantau jalan dan kenderaan lain disekitar anda. Lalu jika terjadi masalah dalam perjalanan, juga sudah tersedia beberapa kunci dan peralatan yang mendukung untuk melakukan perbaikan.

Nah begitulah lebih kurang perumpamaan dari Google Search Console. Dulu namanya Google Webmaster Tools.

Google Search Console adalah sebuah layanan gratis yang disediakan Google untuk memantau dan mengelola blog anda dalam hubungannya dengan mesin telusur atau search engine Google. Segala hal tentang blog anda, akan terdeteksi melalui Google Search Console. Mulai soal struktur data yang membangun template blog, peta situs yang sudah terikirim, berapa halaman yang terindeks, berapa halaman yang error, berapa halaman yang diblokir, lalu lintas pengunjung keluar masuk, link masuk ke blog anda, kata kunci yang membawa pengunjung ke blog anda, kesehatan blog anda dalam hubungannya dengan malware dan hacking, dan seterusnya masih banyak lagi.

Singkatnya Google Search Console itu adalah kumpulan alat untuk mendiagnosis blog anda. Baik untuk kesehatannya, maupun untuk peformanya di halaman pencarian Google. Efeknya, blog anda akan mampu bersaing di halaman pencarian Google dengan bejubel blog lain yang bergentayangan di internet. Efek lanjutnya, peluang aliran pengunjung yang banyak ke blog anda, jadi memungkinkan.

Tapi ingat
Itu bukan berarti bahwa anda boleh mengabaikan kekuatan konten blog anda. Bukan berarti anda boleh posting seadanya di blog anda. Konten tetap sebagai raja. Sedang Google Search Console, untuk mendongkrak peformanya. Yang namanya pendongkrak, tentu bukan yang utama. Melainkan alat penunjang. Istilahnya, jika skor kekuatan konten blog anda adalah 10, maka dengan menggunakan diagnosa dan optimasi blog dengan menggunakan Search Console, maka skor peforma blog anda bisa diboosting menjadi 100 atau lebih.


Berarti dengan memanfaatkan Google Search Console, sama artinya kita sudah melakukan SEO Bung EA?


Jawabannya IYA
Memang itu inti manfaatnya untuk blog anda. Untuk mengiptimalkan SEO On Page blog anda. Karena Google sangat suka dengan SEO On Page. Bahkan kini lebih menitikberatkan perangkingannya pada on page ketimbang off page. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, SEO Off Page, selain mudah dilakukan, juga mudah dimanipulasi dengan berbagai cara oleh para SEO mania. Akibatnya, pengunjung tidak mendapatkan apa yang benar-benar mereka butuhkan. Blog-blog asal-asalan, blog copas dan seterusnya, bisa mencuri perhatian robot dengan mudah. Akibatnya mereka dengan mudah mendapatkan rangking yang tinggi di halaman pencarian Google. Sementara isi blognya, kalau bukan maling, yang hanya konten asal-asalan. Pengunjung, jadi melulu kesasar pada halaman web yang bukan mereka butuhkan alias  hanya kena tipu.

Jadi jika ingin blogging lebih optimal, gunakan Google Search Console dengan maksimal. Sukses akan hal itu, boleh dikatakan juga sukses SEO dan merambah pengunjung. Lalu bagaimana caranya? Anda harus daftarkan dulu blog anda kesana. Caranya? Langsung saja tancap kesini: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger