total blogging
MENGERUK BISNIS ONLINE

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine

: Kamis, Maret 01, 2018

Tanpa pernah mendaftarkan blog ke Google search engine, akhirnya blog anda tetap akan terindeks alias muncul di halaman pencarian Google. Tapi peforma SEO-nya kurang maksimal



Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine



Dengan mendaftarkan blog anda atau melakukan submit ke Google, maka blog anda akan langsung terindeks dalam hitungan menit pada halaman pertama bahkan pada urutan 1 halaman pencarian Google, walaupun blog anda baru saja dibuat. Tapi tanpa melakukannya, sebuah blog baru, bisa terindeks hingga berhari-hari. Contohnya seperti ini:



Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine


Pada gambar diatas tampak saya menguji apakah blog ini sudah terindeks di halaman pencarian Google atau belum setelah blog ini saya buat. Saya coba gunakan kata kunci dengan domain blog ini: blogernas.com. Lalu bagaimana hasilnya? Tampak blog ini belum muncul. Meskipun dengan kata kunci yang sama saya telusuri sampai ke halaman 10, tetap saya tidak menemukan blog ini. Bahkan dengan menggunakan untuk mengetahui apakah sebuah blog sudah terindeks Google atau belum, tetap blog ini juga tidak muncul.

Tapi setelah saya daftarkan blog ini ke Google, hanya dalam hitungan menit, blog ini langsung terindeks alias muncul di halaman pencarian Google. Ini rekaman gambarnya.


Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine


Nah pada gambar diatas tampak dengan menggunakan kata kunci www.blogernas.com, blog ini sudah muncul di halaman pencarian Google. Bahkan menempati urutan no.1.

Jadi itulah pentingnya melakukan submit blog ke Google Search Engine, agar proses indeks terhadap blog anda, jadi lebih kencang. Tidak hanya terhadap halaman depan atau halaman home dari blog anda, tapi juga menyusul untuk halaman-halaman postingan yang terdapat pada blog anda di kemudian hari, meskipun, yang anda daftarkan ke Google, cukup halaman depan saja.

Lalu bagaimana cara mendaftarkannya?

Sangat gampang.
Yang penting anda sudah punya akun gmail dan sekaligus login ke akun Google anda. Setelah itu, hanya diperlukan beberapa langkah sederhana seperti ini:

Pertama bukalah situs resmi Google sub bagian penambahan URL atau alamat website. Linknya adalah: https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html. Interfacenya adalah seperti ini:



Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine


Nah sekarang pada kotak URL, masukanlah alamat lengkap blog anda. Contohnya: http:www//blogernas.com. Kemudian pada kotak Tanggapan, isilah dengan deskripsi blog anda. Kemudian klik tombol Tambah URL.


Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine


Jika muncul kotak seperti ini, maka masukan lagi alamat lengkap blog anda pada kotak URL. Kemudian jangan lupa centang pada bagian Saya bukan robot, untuk memberi kepastian pada Google, bahwa yang melakukan pendaftaran ini, benar-benar seorang manusia alias bukan robot. Jika nanti muncul jendela verifikasi, ya ikuti saja sampai berhasil. Tapi jika tidak, maka klaim anda akan langsung diakui dengan tanda munculnya lambang centang berwarna hijau. Jika sudah maka baru klik tombol Kirim Permintaan. Lalu tunggu sampai pemberitahuan seperti ini muncul:



Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Engine


Jika sudah muncul pemberitahuan seperti itu maka artinya proses pendaftaran blog anda ke Google, sudah mereka terima. Nah setelah itu anda tinggal uji apakah blog anda sudah bisa muncul di halaman pencarian Google atau belum.

Selanjutnya jangan lupa daftarkan juga blog anda ke Yahoo dan Bing.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger