Cara Mengetahui Domain Sudah Aktif atau Belum

Cara Mengetahui Domain sudah Aktif atau Belum


Begitu selesai mentransfer uang pembayaran sebuah domain di sebuah situs web hosting, domain tersebut, belum langsung aktif alias belum bisa digunakan. Kenapa?

Karena pembayaran anda atas domain tersebut, harus diaprove atau disetujui dulu oleh pihak web hosting yang anda gunakan. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah domain tersebut sudah aktif atau belum? Pada contoh ini saya menggunakan web hosting IDwebhost, sebuah situs layanan hosting dan domain besar di Indonesia. Berikut langkah detailnya:

Pertama silahkan login dulu ke dasbor IDwebhost anda (tentu saja bagi anda yang sudah mendaftar).


Cara Mengetahui Domain sudah Aktif atau Belum

Nah seperti inilah ringkasan laporan pada halaman dasbor IDwebhost jika kita sudah melakukan berbagai transaksi terhadap produk yang mereka sediakan. Ada angka yang muncul pada setiap bidang berwarna diatas. Angka nol pada bagian Hosting artinya saya belum melakukan transaksi apapun terhadap hosting, alias belum menyewa hosting disana. Sedang angka 9 pada bagian Domain Aktif berarti ada 9 buah domain yang sudah saya beli dan sekaligus sudah aktif. Sedang angka 7 pada bagian Tagihan, ada 7 penawaran yang belum tuntas. Misalnya saya sudah pesan beberapa domain, sudah saya ikuti semua tahap pemesananya. Tapi saya belum melakukan transfer. Atau beberapa domain yang sebelumnya sudah aktif dan sudah saya gunakan untuk ngeblog sudah habis masa berlakunya, tapi saya belum melakukan perpanjangan.

Sesuai judul tulisan ini kita akan melihat apa bedanya domain yang sudah aktif atau belum. Maka sekarang saya klik pada bagian Domain Aktif, maka tampilan yang muncul adalah seperti ini:



Cara Mengetahui Domain sudah Aktif atau Belum

Nah sekarang anda bisa lihat dengan jelas data lengkapnya seperti tabel diatas, mulai daftar domain yang sudah diorder, kapan tanggal pemesanan, kapan tanggal ekspirenya, sampai dengan label aktif atau belum. Jika labelnya sudah Aktif dengan warna hijau, maka itu artinya domain tersebut sudah disetujui oleh pihak web hosting. Domain yang sudah disetujui itulah yang bisa digunakan untuk ditempelkan ke blog atau web yang ingin anda bangun. Disamping kanan label tersebut, langsung tertera link buka tutup dalam bentuk segitiga kecil menuju pengaturan domainnya yang sudah lengkap. Tapi jika labelnya masih Ditunda, maka itu artinya domain tersebut belum disetujui dan belum bisa digunakan. Link buka tutup kelola domainnya, tidak muncul. Jika tombol Kelola Domain itu diklik, maka yang akan terbuka, hanya berupa informasi saja.  Tapi fitur-fitur untuk pengaturan domain, tidak ada.

Yang menjadi pertanyaan, apakah begitu anda selesai transfer uang, domain yang anda pesan tersebut akan langsung aktif secara otomatis di halaman dasbor akun Web Hosting anda? Tidak. Anda harus melakukan konfirmasi dulu pada mereka, bahwa anda sudah melakukan pembayaran. Mereka butuh kejelasan dan validasi apakah benar order domain yang masuk ke database mereka adalah benar-benar anda. Itu bisa mereka kenali dan yakini jika jumlah uang yang anda transfer, sesuai dengan angka unik yang mereka berikan saat melakukan pemesanan. Termasuk nomor fakturnya.

Lalu bagaimana cara memberitahu mereka alias melakukan konfirmasi itu? Mari kita lanjutkan pada halaman berikut: Cara Melakukan Konfirmasi Pembelian Domain.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas