-->
belajar blog & bisnis online

Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar

: Senin, Januari 15, 2018

Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar



Meskipun anda sudah punya uang, tapi jika tidak tahu cara membeli domain berbayar, maka anda juga tidak akan pernah mengecap bagaimana rasanya ngeblog dengan domain kelas atas.

Banyak situs web hosting yang bisa anda kunjungi untuk membeli sebuah domain berbayar, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Asal itu situs Web Hosting, akan selalu menjualnya. Tidak hanya domain com, tapi nyaris semua jenis domain TLD. Pada kesempatan ini, saya akan membagikan contoh, bagaimana cara membeli sebuah domain pada salah satu situs penyedia layanan domain dan hosting terkenal di Indonesia, yaitu pada situs IDwebhost. Bagaimana caranya?


Sebelumnya pastikan anda sudah punya akun di situs IDwebhost. Jika belum, silahkan mampir dulu kesini: Cara Buat Akun di IDWebhost. Setelah itu baru ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Sekarang silahkan login ke halaman dasbor akun IDwebhost anda. Setelah halaman dasbornya terbuka, maka ikuti langkah demi langkah berikut. Ops ... sebentar. Hampir lupa. Sebelum berlanjut, pastikan anda sudah punya sikap, nama domain apa yang akan anda beli. Jika belum, pikirkan terlebih dulu. Jika bingung menentukan sikap dalam memilih nama domain, anda boleh mampir dulu kesini: 3 Rumus Terlarang dalam Memilih Nama Domain.


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Setelah terbuka tampilan awal dasbor IDwebhost anda seperti ini, sekarang kliklah pada menu Domain pada bar menu horizontal seperti diatas. Lalu setelah sub menu dari Domain tersebut terbuka, maka pilih Beli Domain Baru, sehingga terbuka form search domain seperti ini

Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar

Lalu langsung saja masukan nama domain yang ingin anda miliki, dalam hal ini, saya ingin mengincar blogernas.com. Apakah masih tersedia atau tidak. Cara mengeceknya, cukup ditulis namanya saja. Untuk www dan com atau ekstensi domainnya, sudah tersedia secara default. Kecuali jika anda ingin cek ekstensi domain lainnya seperti net, co, co id dan seterusnya, maka baru klik pada tulisan com tersebut, agar pilihan ekstensi domain lainnya terbuka dan bisa anda pilih. Jika sudah, maka kliklah tombol Periksa Ketersediaan. Lalu tunggu sejenak sistem meload halaman laporannya. Contohnya seperti ini:



Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Tampak pada gambar diatas, bahwa domain yang saya incar, masih tersedia. Harganya untuk 1 tahun, RP. 114.900. Jika anda yakin, maka langsung saja klik tombol Order, hingga kemudian, terbuka tampilan seperti ini:


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Sekarang anda ditawarkan 2 pilihan. Pertama apakah anda sekaligus juga ingin menyewa hosting untuk domain yang baru saja anda inginkan. Dan yang kedua, tawaran untuk menggunakan jasa privasi data-data kepemilikan anda atas domain yang dipesan. Jika anda tidak ingin menggunakan kedua tawaran tersebut, karena anda sudah punya hosting di tempat lain, atau justru hanya ingin blogging menggunakan Blogger.com, maka abaikan keduanya. Lalu klik tombol Lanjutkan.


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Nah inilah detail pesanan anda. Mulai dari harga domainnya, PPN atau pajaknya, sampai dengan berapa total uang yang harus anda bayar. Pada contoh ini, tampak harga domain com yang saya pesan, harganya 114.900. Kemudian setelah ditambah dengan PPN 10%, total tagihan yang harus saya bayar adalah Rp. 126.450. Harga itu berlaku sampai ke tahun berikutnya setelah masa kontraknya habis atau jatuh tempo. Jika anda setuju, maka baru klik tombol Selesaikan Pemesanan.


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Jika muncul tampilan seperti ini, berarti order atau pesanan anda sudah diterima. Selanjutnya anda tinggal melakukan pembayaran, dengan beberapa pilihan dibawah ini:


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar

* Keterangan gambar:
No.1 artinya pilihan kontak yang akan digunakan untuk mengelola domain ini. Jika sama dengan akun IDwebhost yang anda punya, maka anda biarkan saja tawaran tersebut tanpa melakukan apa-apa. Kemudian dibawahnya, pilihlah jenis pembayaran yang akan anda lakukan.

No.2 artinya adalah persetujuan anda akan semua aturan main yang ada. Jika setuju, maka centanglah kotak kecil yang masih kosong di depannya.

Lalu terakhir pada No.3, baru klik tombol Selesaikan Pemesanan 



Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar


Nah inilah detail order anda yang sudah selesai mengikuti tahap demi tahapnya. Dibawah pemberitahuan seputar harga yang harus anda bayar, ditayangkan daftar rekening yang tersedia di IDwebhost. Apakah anda akan transfer uangnya melalui BCA, BNI, BRI, Mandiri dan seterusnya. Hingga saat ini di IDwebhost sudah tersedia 8 Bank yang bisa anda gunakan untuk transfer. Pada contoh ini, saya menggunakan rekening BCA (cabang Semarang). Maka selanjutnya saya tinggal transfer uangnya ke nomor rekening tersebut.


Langkah Detail Cara Beli Domain Berbayar Full Gambar

Jika sudah selesai transfer, maka selanjutnya anda tinggal melakukan konfirmasi atas pembayaran yang telah anda lakukan. Konfrimasi itu artinya anda memberitahukan pada pihak IDwebhost bahwa anda sudah membayar sesuai harga domain yang tertera. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan halaman konfirmasi yang linknya sudah disediakan seperti gambar diatas. Anda tinggal klik link tersebut. Lalu setelah halaman formnya terbuka, meka isilah setiap data yang diminta, lengkap dengan file bukti transfer anda. Selain itu, anda juga bisa melakukannya melalui SMS dan kirim email. Tapi cara yang paling cepat ditanggapi, berdasarkan pengalaman saya sendiri, adalah melalui chatting dengan adminnya. Dengan cara itu hanya dibutuhkan beberapa menit agar domain yang baru saja anda beli jadi aktif di halaman dasbor akun IDwebhost anda.

Oya hampir lupa
Setiap anda selesai melakukan salah satu tahap pemesanan seperti langkah diatas, anda akan selalu mendapat email balasan langsung dari situs IDwebhost. Silahkan buka isi email tersebut untuk anda pelajari.

Selanjutnya bagaimana cara mengetahui, apakah domain yang anda beli tersebut sudah aktif atau belum alias sudah bisa digunakan? Mari kita lanjutkan DISINI.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger