5 Cara Menyulap Blog Anda seperti Web Profesional

: Selasa, Januari 23, 2018

5 Cara Menyulap Blog Anda seperti Web Profesional




Malu dan bosan dengan tampilan blog anda yang murahan? Template standar alamat pakai blogspot? Disana-sini ada logo khas Blogger? Singkatnya kentara sekali blog anda hanya blog gratisan tidak berkelas?

Sabar ...
Siapapun yang ngeblog menggunakan Blogger atau blogspot, nasibnya juga sama dengan anda. Sama-sama pernah dan mungkin masih muak melihat blognya sendiri. Tak ada menariknya. Apalagi seksi. Tapi saya punya resep untuk menyulap agar blog yang anda kelola saat ini menjadi tampak seperti sebuah web profesional. Rumusnya, sangat sederhana: Sapu bersih semua citra bloggernya. Hapus semuanya! Lalu ganti dengan selainnya.

Bagaimana caranya?

1. Ganti Temanya?

Secara visual, itulah yang paling mencolok. Tampilan blog yang menggunakan blogspot, sama. Sama-sama lugu. Karena itu ganti desain tampilannya dengan tema yang berbeda. Dengan tema yang banyak bertebaran di internet. Mulai dari yang gratis, sampai yang berbayar. Anda bebas memilih sesuai selera dan citra visual yang ingin anda bangun. Cara mencari dan menggantinya bisa anda pelajari DISINI. Atau jika anda ingin tampak lebih unik lagi, buat sendiri temanya seperti yang anda mau. "Tapi saya gagap soal coding web Bung EA?" Saya pun dulu juga begitu. Tapi dengan kemauan yang kuat, segalanya bisa dipelajari selangkah demi selangkah, sampai akhirnya, menjadi bisa juga. Minimal, sampai level kebutuhan sendiri. Terserah, orang mau jago setinggi apa. Yang penting, kita merasa nyaman dan energi blogging kita tetap menyala setiap melihat tampilan blog kita sendiri. Cara Membuat Template Blog Sendiri dari Awal sampai Mampus.

2. Ganti Faviconnya

Apa itu favicon? Silahka baca DISINI. Favicon blogger itu sudah rahasia umum dari dulu hingga kini. Nyaris hanya orang buta yang tidak tahu seperti apa favicon blogger. Sedang favicon itu, selalu menempel secara default pada blog kita setiap kita dan siapapun yang ngeblog menggunakan engine blogger. Maka ganti icon tersebut dengan icon khas anda sendiri, sesuai citra estetik yang ingin anda bangun. "Tapi saya tidak tahu cara menggantinya Bung EA?" Jangan dipikirkan. Itu bukan jalan keluar. Langsung saja praktekkan: Cara Mengganti Favicon Blogger.

3. Hapus Diberdayakan oleh Blogger

Setiap blog yang menggunakan Blogger atau blogspot, pada footernya selalu nampang link teks Diberdayakan oleh Blogger, lengkap dengan logo Bloggernya. Itu sudah menjadi standar atau default dari template blog yang disediakan dalam dasbor blogger. Maka agar jejaknya hilang, hapus link teks tersebut. "Apakah itu tidak berbahaya Bung EA? Maksudnya apakah Blogger atau Google tidak marah sehingga nanti blog saya jadi kena banned?" Dulu diawal ngeblog, saya juga berpikir begitu. Tapi dari mana sumber ketakutan saya itu? Dari mana lagi kalau bukan dari gosip para Blogwalker. Tapi faktanya, sejak saya tahu cara menghapusnya 2010 lalu hingga kini, setiap membangun blog dengan blogspot, saya selalu menghapusnya. Faktanya, tak pernah blog saya dihapus Google gara-gara itu. Jadi ketakutan seperti itu, hanya mitos

4. Ganti Domainnya

Belum tahu apa itu domain? Silahkan mampir dulu kesini: Kupas Tuntas Apa itu Domain dan Contohnya. Setelah itu baru kembali lagi kesini. Namanya juga ngeblog dengan blogspot. Siapapun yang membuat blog menggunakan engine Blogger, alamat blognya, akan selalu ada kata blogspot dibelakang nama blognya. Sudahlah panjang, citra bunyinya juga tidak keren. Betul?

Nah sekarang ganti alamat tersebut dengan domain milik anda sendiri. Ganti dengan domain berbayar yang singkat. Misalnya dengan com, net, co.id, co, biz dan masih banyak lagi. Harganya juga tidak mahal. Cuma 120 ribuan untu satu tahun. Kalau dibagi perbulan, hanya lebih kurang 10 ribu perbulan. Tidak sampai nilainya sebungkus rokok atau dengan sebuah lipstik. Ingat. Itu selama 1 bulan. Kalau dibagi perhari bisa jadi berapa? Silahkan anda hitung sendiri. Singkatnya, sangat murah bukan? Tapi efeknya, sangat buesaaarr. Blog anda, akan langsung naik level. Jadi tampak keren. "Nah ini baru blog yang punya reputasi" Setidaknya, itulah citra spontan yang melekat pada blog yang sudah menggunakan domain berbayar. "Tapi saya sangat awam bagaimana cara menggantinya Bung EA?" Itu bukan tugas anda untuk memikirkannya. Karena cara melakukannya sudah saya sediakan disini: Cara Mengganti Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri.

5. Hindari Bahasa Gaul dan Alay

Rata-rata Blogger, datang dari kaum muda. Dan yang sudah tua pun, ikut-ikutan seperti mereka yang masih muda. Muda dalam bahasa. Semua, pada ikut-ikutan menulis dengan gaya alay. Pokoke, gaol abiesss ... Hindari menulis seperti itu. Citra blog anda akan tampak main-main. Ugal-ugalan. Yang akan menempel pada blog anda, juga pengunjung yang sama seperti anda. Tapi mereka mampir, bukan karena ada magnet yang memukau di blog anda, baik karena informasi yang berharga, maupun karena banyak tips atas segala sesuatu, atau karena ada pencerahan yang berkelas. Isinya, hanya main-main. Jadi apapun konten yang ingin anda tulis di blog anda, gunakan bahasa yang berkelas. Bahasa yang bisa dinikmati oleh setiap lapisan umur, level dan strata pendidikan. Cukup alay dan gaul itu hanya sebagai bumbu saja secara hemat.

Sebenarnya masih ada jejak lain yang bisa anda hilangkan. Karena hal itu masih bisa ditebak sebagai khas bawaan dari Blogger, tapi tidak begitu kentara dan hanya bisa ketahuan oleh mereka yang sudah pengalaman ngeblog. Jadi kelima hal diatas, sudah cukup untuk mencuci jejak penampakkan blogger yang sangat kentara pada blog anda.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger