Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Tulisan ini akan membocorkan proses pembayaran Adsense melalui transfer Bank Lokal. Sekaligus proses pencairannya

 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer


Pertanyaan dan debat yang sering saya baca tentang hal ini, benarkah pembayaran Adsense via Bank Lokal bertele-tele? Lalu disambut lagi dengan debat berikutnya: Benarkah Adsense memotong komisi kita sebagai Publisher alias uang yang mereka kirim tidak lagi persis sebesar angka yang tertera pada penghasilan di akun Adsense kita?

Semua pertanyaan dan debat seputar itu akan terjawab melalui beberapa gambar dibawah ini.

Setiap terjadi perubahan, perlakukan dan apapun tentang Adsense, maka pihak Google selalu memberitahukannya via email pada Pubslisher, termasuk soal pembayaran komisi pemasangan iklan Adsense. Contohnya bisa anda lihat seperti ini:


 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Ini adalah email pemberitahuan Google pada saya tentang pembayaran komisi Adsense saya sebagai seorang Publisher. Lalu saya klik link pemberitahuan tersebut. Inilah detailnya:



 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Ternyata isinya adalah bahwa mereka sudah mengirimkan uang pembayaran alias sudah transfer komisi Adsense saya. Itu mereka lakukan pada hari Jumat 21 September 2018. Maka untuk melihat detailnya, saya langsung tancap ke dasbor akun Google Adsense saya. Maka inilah yang saya temukan.



 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Ternyata tepat dibawah Saldo, sudah tertera pemberitahuan: Pembayaran terakhir: IDR 1,508,461. Pada sebelumnya pemberitahuan seperti itu tidak pernah ada. Maka untuk melihat detailnya, saya klik bagian ikon properti dari Saldo tersebut (lambang titik 3).



 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Sekarang saya klik menu Lihat Pembayaran



 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Rupanya pada bagian Penghasilan Anda, sudah tertera pula pemberitahuan: Pembayaran terakhir dikeluarkan pada 21 Sept sejumlah Rp. 1.508.461.

Waw ... asyik

Dari email kiriman Google yang saya baca sampai pada bagian ini, semua datanya sama, baik tanggal pengiriman maupun angka komisi yang mereka transfer ke rekening saya. Maka tanpa sabar, saya pun langsung mendarat ke rekening BCA online saya. Langsung login ke KlikBCA. Lalu apa yang saya temukan?

Ternyata tak ada transfer dari Google Adsense. Berkali-kali saya ulangi dalam hari yang sama, tak saya temukan ada tulisan Goole Adsense pada bagian mutasi rekening. Maka disaat itu muncullah berbagai dugaan dalam pikiran saya. Apakah Adsense ini cuma bohong? "Buktinya mana?"

Akhirnya saya coba untuk Googeling. Mencari informasi seputar hal yang sama. Maka saya kesasar ke berbagai blog dan forum yang memperbincangkan hal yang sama. Ada yang mengatakan transfer Adsense ke Bank Lokal bertele-tele. Tapi ada juga yang mengatakan tidak. Lalu ada juga yang mengatakan  bahwa pembayaran via transfer Bank Lokal, biaya pemotongannya sangat besar. Kita sebagai Publisher benar-benar dirugikan. Singkatnya, tak ada keseragaman pendapat. Saya pun tidak tahu, apakah yang mereka tulis itu pengalaman kongkritnya, atau hanya kumpulan gosip berantai yang dibesar-besarkan saja tanpa bukti.

Esoknya tanggal 22 September, hari Sabtu, saya cek lagi rekening saya. Tetap saja tak ada transfer dari Adsense. Saya ulangi berkali kali sampai jam 00. Hasilnya, tetap sama. Tetap tidak ada. Menjelang tidur, baru saya sadar. Bahwa transfer Adsense belum masuk ke rekening saya, bukan karena kesalahan pihak Adsense. Tapi karena terputus oleh jam kerja resmi BCA yang sudah tutup sejak Jumat. Dan akan buka lagi hari Senin. Artinya untuk proses kiriman uang antar negara, memang begitu. Jumat hingga Minggu, tidak terjadi proses update mutasi.

Maka pada hari Senin tanggal 24 September 2018, baru saya cek lagi. Lalu hasilnya?



 Proses dan Bukti Adsense sudah Transfer

Ternyata benar

Adsense telah mengirim komisi penghasilan saya senilai Rp. 1.508.461. Angkanya persis sama dengan yang tertera pada laporan komisi saya pada akun Adsense saya. Tak 1 sen pun yang dipotong. Lalu tanggal masuknya pun, juga tepat hari Senin 24 September 2018. Tepat pada hari pertama jam kerja setelah tutup pada hari Jumat. Jadi tak ada yang meleset. Semua, akurat sesuai SOP-nya.

Dengan ini maka, gugurlah sudah segala mitos tentang pembayaran Adsense yang berseliweran dimana-mana. Karena yang saya alami alias yang sudah saya buktikan sendiri, beginilah adanya.

Bagi anda yang juga ingin pembayaran komisinya melalui rekening Bank Lokal seperti ini, jangan lupa lakukan dulu pengaturan yang valid pada akun Adsense anda. Caranya bisa diintip disini: Agar Pembayaran Adense Terkirim Otomatis ke Bank Lokal.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas