Kupas Tuntas Apa Itu Google Analytics

Oleh: : Rabu, Maret 07, 2018
Bagi saya Anda belum bisa disebut Blogger sungguhan alias hanya blogging main-main jika belum kenal dan sekaligus memanfaatkan Google Analytics untuk blog anda. Kenapa?


Kupas Tuntas Apa Itu Google Analytics


Google Analytics adalah situs layanan gratis yang disediakan Google sebagai alat untuk memantau lalu lintas pengunjung blog anda dari berbagai sisi. Sangat membantu untuk menilai, sejauh mana perkembangan blog anda dari waktu ke waktu, dalam hal respon dari pengunjung. Termasuk bisa sebagai alat ukur untuk menilai sejauh mana efektifitas trik-trik SEO yang anda lakukan terhadap blog anda. Singkatnya, Google Analytics ibarat tukang audit yang kritis terhadap blog anda. Analisisnya terhadap lalu lintas traffic blog anda sangat detail dan mendalam. Bisa jadi bahan koreksi dan pertimbangan untuk memajukan blog.


Berarti sama dong fungsinya dengan Histats, Among US, Geovisite, Sitemeter dan web analisis traffic lainnya?


Iya sama. Tapi sejauh ini, analisa Google Analytics lebih dipercaya oleh mereka yang sudah mengerti. Karena lebih kritis dan akurat. Algoritma robotnya dalam melacak dan menilai traffic blog anda, sudah canggih. Andaikata Histats menemukan bahwa pengunjung blog anda sehari adalah 1000 pengunjung, atau menurut Geovisite malah sudah sampai 1500 pengunjung perhari, tapi orang yang sudah malang melintang di dunia web dan bisnis online, tidak akan kaget. Karena alat ukurnya, kurang valid. Otoritas kedua layanan tersebut, kurang. Tapi jika Google Analytics yang menemukan bahwa pengunjung blog anda 1000 perhari, maka baru dipercaya.

Begitulah reputasi Google Analytics
Analisanya, lebih meyakinkan. Lebih sesuai dengan faktanya. Karena sistem algoritmanya sudah bisa meminimalisir noise statistik. Sensornya, meski tidak bisa dibilang sudah 100% valid, tapi persentase invalidnya, jauh lebih rendah dari layanan statistik lain. Dan sejauh ini tidak bisa dimanipulasi.


Jadi apa saja yang bisa dilakukan Google Analytics terhadap Blog anda?


Google Analytics dapat memberikan laporan, berapa jumlah pengunjung blog anda perhari, perbulan dan seterusnya. Google Analytics juga dapat melaporkan seberapa lama dan seberapa sering pengunjung membuka blog anda, halaman mana yang sering mereka buka, bahkan perangkat apa yang mereka gunakan, dari mana lokasinya dan seterusnya. Singkatnya, segala hal terkait dengan lalu lintas pengunjung dari berbagai sisi.

Itu dari sisi anda sebagai Blogger, sebagai seorang Webmaster yang mengelola halaman Web. Dari sisi para pebisnis, Google Analytics juga bisa melaporkan seberapa efektif promosi iklan yang mereka luncurkan, seberapa tinggi respon pengunjung terhadap iklan mereka. Pada bagian mana di suatu laman web yang efektif menyedot minat pengunjung. Pada posisi mana yang lebih besar peluang transaksi terjadi dan seterusnya.

Singkatnya, boleh dikatakan, Google Analytics itu sebagai mitra survey gratis yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang butuh laporan statistik.

Sayangnya, hingga kini Google Analytics belum menyediakan widget statistik yang bisa ditayangkan pada halaman web seperti yang dilakukan web statistik lainnya, sehingga yang bisa mengetahui laporan statistiknya, hanya pemilik akun yang bisa login. Jadi hanya bersifat privat alias tidak bisa disaksikan oleh publik.


Manfaat lain dari Google Analytics


Jangan lupa, selain untuk memantau lalu lintas pengunjung, sejauh ini Google Anlytics juga menjadi salah satu indikator kepemilikan sebuah situs dan blog. Bisa memberi nilai tambah skor autority sebuah domain. Itu sebabnya, mereka yang menghubungkan blog dan situsnya dengan Google Analytics, maka Google menilai status kepemilikannya menjadi lebih kuat. Itu sebabnya memasang kode pelcakan dari Google Analytics, termasuk salah satu penunjang level verifikasi blog anda dimata Google Search Console. Karena itu sayang sekali jika sebagai Blogger anda tidak memanfaatkannya. Pelajari: Cara Mendaftar dan Memasang Kode Pelacakan Google Analytics.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyright © Desember 2015 - blogernas