Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang di Blog HTTPS

Iklan Adsense tidak tayang begitu anda ganti protokol URL blog menjadi HTTPS? Padahal sebelumnya, sudah lancar jaya? Tenang ... anda tidak perlu panik. Itu sudah biasa. Yang penting akhirnya anda tahu cara mengatasinya.



Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS


Seperti sebelumnya saya sudah menulis Beberapa Kelemahan Menggunakan HTTPS, bisa dimaklumi alurnya kenapa kini iklan Adsense menjadi tidak tayang pada blog anda. Karena blog anda diterima Adsense saat menggunakan protokol HTTP. Termasuk saat membuat unit iklannya hingga mendapatkan scriptnya, juga dalam kondisi HTTP. Lalu sekarang sudah ganti menjadi HTTPS. Tentu saja terjadi keterputusan. Jenis protokol URLnya, tidak sama. Tidak singkron. Yang satu tanpa enkripsi sedang yang satu lagi sudah menggunakan sistem enkripsi. Istilahnya, terjadi mixed content. Konten campuran. Sistem jadi bingung membaca ada 2 protokol (HTTP dan HTTPS) dalam satu halaman sebuah web. Jadi ibaratnya, lain jenis kelamin. Makanya kode iklannya menjadi tidak jalan. Kecuali jika dari awal anda mendaftarkan blog ke Google Adsense, memang sudah dalam kondisi HTTPS, baru tidak masalah. Maka sekarang, agar iklannya kembali bisa tayang di blog anda, perlu dilakukan pengaturan tertentu, agar antara Adsense dengan blog anda, jadi kembali saling terhubung. Agar robotnya, kembali mengenali blog anda.


Bagaimana caranya?

Hanya dibutuhkan 3 langkah, yang intinya melakukan singkronisasi antara HTTP dan HTTPS terkait kode Adsense.


Pertama

Silahkan anda cari semua kode seperti ini pada template blog anda (Cara Cepat Mencari Kode HTML pada Blog):


<script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>


Setelah ketemu, hapus semua kode seperti itu.

Selanjutnya sisipkan kode dibawah ini diatas kode </body> atau body penutup pada blog anda. Atau jika sebelumnya anda sudah menghapus javascript widget bawaan Blogger, maka tentu diatas kode seperti ini:

&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;


<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
//]]>
</script>


Setelah anda salin kode diatas ke form Edit HTML Blogger anda, contoh penampakkannya akan seperti ini:


Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS


Pastikan kode yang anda sisipkan tidak ada yang tertinggal atau teredit secara tak sengaja. Jika sudah yakin, jangan lupa klik tombol Simpan Tema.


Kedua


Karena blog anda yang terdaftar pada Adsense sebelumnya adalah yang menggunakan protokol HTTP, maka sekarang anda perlu menambahkan blog anda kembali yang sudah menggunakan HTTPS. Tapi kali ini ibaratnya hanya menambahkan channel. Bukan untuk direview lagi seperti saat anda mendaftar pertama kali. Caranya juga sangat mudah.

Sekarang bukalah akun Adsense anda. Lalu pada menu Setting, bukalah menu My Sites. Maka setelah halaman tersebut terbuka, tambahkan URL blog anda yang sekarang yang sudah menggunakan HTTPS. Caranya klik ikon Plus ( + ) yang terdapat pada pojok kanan atas. Contohnya seperti ini:



Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS



Setelah form inputnya terbuka, masukanlah URL lengkap blog anda seperti ini



Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS


Jika sudah, jangan lupa klik tombol ADD SITE. Setelah jendela ini tertutup, maka itu artinya proses penambahan URL blog anda yang baru sudah selesai, walaupun URL tersebut, tidak tayang secara kasat mata. Tapi sistem sudah membaca bahwa URL baru blog anda, sudah ditambahkan.


Ketiga


Kemudian yang terakhir anda harus memanfaatkan fitur optimasi yang tersedia pada situs Adsense terkait protokol HTTPS ini. Caranya sangat mudah. Anda tinggal klik menu Optimization seperti gambar dibawah ini.


Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS



Setelah property dari menu Optimization terbuka, maka pilih pada bagian Opportunities. Maka disebelah kanannya, akan muncul beberapa fitur untuk optimasi blog anda trerkait Adsense. Sekarang kliklah pada pilihan ikon Gembok dengan teks Make your site more secure, sehingga terbuka halaman seperti ini:



Cara Mengatasi Iklan Adsense Tidak Tayang pada Blog HTTPS


Nah sekarang kliklah link teks I'VE DONE THIS sebagai bukti bahwa anda memang setuju untuk menggunakan protokol HTTPS pada iklan-iklan Adsense anda.


Lalu apalagi setelah ini?

Tidak ada. Anda tinggal uji pengaruhnya dengan mereload blog atau salah satu postingan blog anda, apakah iklan Adsensenya sudah muncul atau belum. Biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Pengalaman saya dengan blog ini, tidak sampai 5 menit usai melakukan langkah diatas, iklannya sudah kembali tayang seperti sebelumnya tanpa masalah.
8 komentar
avatar
Khanza Aulia 10 Maret 2018 15.40

Ada satu langkah lagi yaitu di menu oppotunities. Make your site more secure. Setting up HTTPS on your site also has many other benefits. Begitu tutorial yang saya baca. Pertanyaan saya, Kalau misal ada 2 blog yang saya monetize dengan adsense, yang satu https dan satunya http. Apakah saya harus tetap klik I'VE DONE THIS ? padahal ada blog yang masih http. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 11 Maret 2018 22.42

hehe ... iya mas terlupa
Padahal screen shootnya sebelumnya sudah saya siapkan sampai langkah itu. Makasih sudah mengingatkan. Tuh langsung saya sambung satu point lagi

* Kalau itu hingga saat ini saya belum pernah mengalami Khanza.

Balas
avatar
Reza Nauma 13 Maret 2018 06.19

Iklan mmang sudah tayang mas, TAPI untuk yg sebagian artikel lain msih ada yg cuma blank aja...

Intinya stelah ubah ke https, sprtinya iklan jd agak "sulit" muncul...

Jadi solusinya gimana mas?
Apakah cukup di tunggu aja???

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 14 Maret 2018 00.13

Tanpa ganti HTTPS pun, pada beberapa halaman postingan, akan tetap ada yang iklannya tidak muncul. Itu ada beberapa sebab. Misalnya karena kata kunci yang diincar pengiklan tidak relvan dengan halaman postingan kita. Atau popularitas kunjungan ke halaman tersebut, sangat rendah. Jadi hal seperti itu tidak perlu dirisaukan. Kecuali tak satu pun iklan yang muncul, baru layak untuk diragukan

Balas
avatar
Handy rusandi berbagi73 21 Juli 2018 17.15

kalau iklan tidak tampil pada bagian sidebar bagaimana ? hal ini baru dialami 1 minggu ini.
Dan sebelumnya tanpa menambahkan widget adsense dan kode unit saja, iklan bisa tampil. sekarang harus menambahkan widget adsense.
btw platform msh blogger

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 22 Juli 2018 01.52

Penyebabnya bisa juga karena selama masa itu para Pengkiklan lagi sepi. Jadi slot itu tidak ada yang mengisi. Iklan itu kan ada juga masa sepinya. Termasuk, pada bagian tertentu pada para pengiklan. Tapi pada bagian tertentu, sepi.

Balas
avatar
Muhammad Iqbal 15 Agustus 2018 13.23

Iklan sebagian ada yg muncul, namun ada beberapa artikel yang masih kosong. Kira kira ngaruh gak ya soalnya blog saya sudah pasang jenis iklan AMP juga apa harus merubah scrip iklan lagi dan iklan yg udah aku parse apa perlu dirubah lagi ya?

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 15 Agustus 2018 19.22

Asal tutorial diatas sudahb dilakukan, tidak ada lagi yang perlu dilakukan Iqbal. Script Adsense sekarang tidak perlu lagi diparse, karena sistem Blogger sekarang sudah mendukung. Saya sendiri di blog ini tidak melakukan parse script. Jalan kok.

Kadang iklan kosong pada sebagian posting, itu bukan karena kesalahan kita. Tapi karena memang pada slot itu, tidak ada Pengiklan yang memasang pada slot itu. Atau bisa juga karena konten pada bagian itu tidak ada yang relevan dengan konten iklan yang masuk pada Adsense bagian pengiklan.

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas