Syarat dan Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Adsense

Oleh: : Sabtu, Februari 17, 2018
Setelah anda pahami kelebihan iklan Matched Content atau Konten Sesuai Google Adsense, maka pertanyaannya adalah, bagaimana cara mendapatkannya? Dan apa syaratnya?



Syarat dan Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Adsense


Sejauh ini Adsense hanya menuliskan secara resmi 2 syarat utama untuk mendapatkan iklan Matched Content:

Pertama jumlah pengunjung

Traffic blog anda harus memenuhi batas tertentu. Tapi berapa? Sayang Adsense tidak menyatakannya secara terbuka. Sedang volume traffic itu relatif. Bagi seorang Blogger yang baru belajar, mendapatkan pengunjung 100 perhari, itu sudah banyak. Tapi bagaimana dengan mereka yang sudah ngeblog setahun, 2 tahun dan seterusnya? Atau Blogger yang sudah terbiasa mendapatkan pengunjung ribuan higga belasan ribu perhari? Kemudian yang dimaksud Adsense dengan jumlah pengunjung itu dalam sekuen waktu berapa? Perhari, perminggu, atau perbulan dan seterusnya? Dan lebih detail lagi, volume traffic yang dimaksud Adsense itu jumlah pengunjung unik yang kesasar ke sebuah blog atau jumlah halaman yang dibuka pengunjung begitu mereka mendarat di sebuah blog?

Semua itu tidak dijelaskan Adsense.
Tapi jika rata-rata pengunjung blog anda perhari sudah dalam kisaran 1000 perhari, maka dari sisi traffic, blog anda sudah memenuhi syarat. Karena berdasarkan pengalaman saya, saat mendapat unit iklan Matched Content dari Adsense, pengunjung blog ini dalam kisaran 1000 perhari (berdasarkan laporan Google Analytics). Tapi saya tidak mengatakan bahwa pengunjung dibawah 1000 sudah otomatis tidak memenuhi syarat atau tidak. Karena sekali lagi Adsense sejauh ini belum pernah menyatakan secara resmi batas minimal angka kunjungan itu berapa

Jadi anda tidak perlu percaya siapapun yang mengatakan angkanya dengan pasti. Yang jelas, jumlah pengunjung, memang tidak bisa diabaikan. Tapi juga bukan berarti harus digembar-gemborkan secara berlebihan apalagi ditakuti. Karena sebagai Publisher Adsense, blog anda memang ditujukan untuk orang lain. Begitu juga iklan Adsense yang tayang di blog anda. Semakin banyak jumlah pengunjung anda, dan juga semakin banyak jumlah halaman atau postingan yang dibuka pengunjung, tentu peluang klik terhadap iklan anda juga akan semakin besar. Jadi tidak mungkin blog anda akan mendapatkan Matched Content tapi pengunjung blog anda misalnya hanya 50 orang perhari. Atau yang membuka blog anda, hanya anda dengan beberapa anggota keluarga anda dalam satu rumah atau satu kampus, kantor dan instansi yang IP adress jaringannya sama.

Jadi pointnya, berusahalah agar pengunjung anda meningkat dari waktu ke waktu. Karena pertumbuhan traffic, adalah salah satu indikator bahwa blog anda berkembang. Sama dengan sebuah toko, jika pengunjungnya ramai, tentu para Distributor, para Investor, akan tertarik untuk bekerjasama. Demikian juga halnya antara Google Adsense dengan blog anda. Itu prinsip dasarnya.

Lalu bagaimana cara menaikkan jumlah pengunjung? Pertanyaan ini tidak relevan. Karena bukan itu yang menjadi topik tulisan ini

Kedua halaman unik

Apa maksudnya halaman unik? Tentu saja halaman yang isinya berbeda dengan kebanyakan halaman web yang berterbaran di internet. Halaman itu bisa bermakna 2 pengertian. Bisa halaman utama dan juga bisa halaman postingan. Halaman utama, berarti blog anda secara keseluruhan. Artinya blog anda termasuk blog yang unik. Sedang halaman postingan, berarti maksudnya konten blog anda yang tersebar melalui postingan demi postingan. Pastikan semua itu isinya bukan duplikat konten. Benar-benar berbeda. Original. Bukan copas, bukan saduran, bukan hasil tiru-meniru. Tujuannya, agar pengunjung benar-benar menemukan sesuatu yang berbeda pada blog anda. Tidak seperti blog kebanyakan. Meskipun topik yang digarap sama, tapi anda mengemasnya dengan cara dan kedalaman sajian yang berbeda, sehingga pengalaman pengunjung berselancar di blog anda, adalah sebuah sensasi baru yang mengasyikan.

Jadi jika menurut Adsense blog anda, postingan anda, memang punya keunikan, maka peluang untuk mendapatkan Matched Content itu menjadi ada. Semakin unik, maka akan semakin cepat anda mendapatkannya. Termasuk juga akan semakin efektif tampilan iklan Matched Content di blog anda. Sebab ada juga yang sudah lulus mendapatkan iklan Konten Sesuai tersebut, tapi setelah scriptnya dipasang pada blog, yang tampil, isinya nyaris hanya list related post murni dari konten blog tersebut. Contohnya seperti ini:



Syarat dan Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Adsense


Pada contoh ini tampak tak satu pun isi dari slot Matched Content diatas berupa iklan Adsense. Semua hanya cuplikan dari postingan yang terdapat pada blog ini. Persis sebuah related post thumbnail. Coba bandingkan dengan yang ini:


Syarat dan Cara Mendapatkan Iklan Matched Content Adsense


Pada contoh ini tampak bagian disebelah kiri, ketiganya adalah berupa iklan Adsense. Walaupun dilihat sepintas, kesannya seperti sebuah related post thumbnail. Padahal sudah disusupi oleh iklan Adsense. Nah tentu slot Matched Content seperti ini yang kita harapkan bukan? Karena peluang klik iklan dari pengunjung, jadi tinggi. Tapi efektivitas seperti ini, tidak akan kita dapatkan jika keunikan halaman atau postingan kita sangat rendah apalagi jika tidak unik sama sekali. Jadi meskipun anda sudah diterima Adsense untuk menayangkan iklan Matched Content, itu bukan berarti sudah pejuangan akhir alias sudah berada di titik aman. Karena pertanyaan yang harus dijawab kemudian adalah, apakah iklan tersebut sudah efektif di blog kita? Apa gunanya memasang slot iklan Matched Content jika isinya semua hanya berupa related post murni tanpa disusupi iklan Adsense. Justru kehebatan dari Matched Content itu adalah, munculnya iklan disela-sela related post sebuah blog.

Lalu bagaimana cara membuat blog dan postingan yang unik itu? Nanti akan saya bocorkan. Pertanyaan yang relevan saat ini adalah, jika akhirnya anda sudah mendapat jenis iklan Mached Content dari Adsense, bagaimana cara membuat unit iklannya? Mari kita pindah ke kamar ini: Cara Membuat Unit Iklan Matched Content.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyright © Desember 2015 - blogernas