-->
total blogging
MENGERUK BISNIS ONLINE

Apa Itu Iklan Matched Content Adsense, Fungsi & Contohnya

: Kamis, Februari 15, 2018

Sebenarnya mudah untuk memahami apa itu iklan Matched Content Google Adsense. Tapi karena istilah yang digunakan bahasa Inggris, efeknya jadi sedikit ribet dipahami.



Apa Itu Iklan Matched Content Adsense, Fungsi & Contohnya



Bahasa Indonesia dari Matched Content adalah Konten Sesuai. Apa maksudnya? Konten yang cocok, konten yang senada, konten yang sekategori, konten yang saling punya relevansi dan seterusnya. Artinya antara sebuah konten dengan konten lainnya, saling berhubungan. Saling berhubungan topiknya. Jadi gamblangnya, sama dengan related post atau postingan yang berhubungan.

Dengan adanya daftar judul dan cuplikan tulisan yang saling berhubugan, pembaca atau pengunjung sebuah blog, akan jadi terarah dalam menjelajahi sebuah blog. Mereka jadi diarahkan ke topik yang lebih kaya sesuai apa yang mereka cari dan butuhkan. Jadi waktu dan tenaga mereka, tidak terbuang sia-sia saat berselancar di sebuah blog karena sistem navigasi yang tidak terstruktur dengan jelas. Itu manfaatnya bagi pengunjung. Sedang bagi si pemilik blog, atau bagi seorang Pubsliher Adsense, dengan adanya iklan Matched Content, skor page view atau jumlah dan lama tayang halaman demi demi halaman blog mereka, jadi meningkat. Karena pengunjung selalu disodorkan topik yang senada dari yang mereka baca. Pengunjung jadi terpancing untuk klik dan klik lagi tulisan demi tulisan dalam rumpun topik yang sama.

Itulah tujuan Adsense menyediakan iklan Matched Content
Untuk membantu para Publisher agar pengunjung jadi lebih betah di blog mereka. Hasil pengujian Adsense, iklan Matched Content itu mampu menggenjot jumlah tulisan diklik pengunjung hingga 10% pada sebuah blog. Dan lama pengunjung bermain-main di sebuah blog, juga meningkat hingga 9%.


Apa Itu Iklan Matched Content Adsense, Fungsi & Contohnya


Ini adalah contoh tampilan iklan Matched Content yang terpasang di blog ini. Pada gambar diatas, tampak pada kolom kiri adalah iklan dari Adsense. Sedang pada kolom kanan, adalah konten blog ini yang relevan dengan topik postingan ini.

Namanya matched content, konten yang sesuai, tapi kok juga ada iklan adsense yang menyusup pada list tersebut? Nah itulah kehebatan Adsense. Mereka kreatif dalam memicu daya tarik terhadap iklannya yang tayang pada blog para Publisher. Tapi caranya halus. Kalau saya menyebutnya kelicikan yang elegan. Tidak kentara ambsinya. Judulnya konten yang sesuai. Tapi diantara judul yang berhubungan tersebut, justru ada jebakan batman. Ada iklan yang menyamar dalam related post. Akibatnya, pengunjung jadi tergoda untuk mengkliknya secara reflek. Padahal isinya bukan konten sebuah blog. Melainkan iklan Adsense. Dan berdasarkan pengalaman saya dengan blog ini, memang terbukti peluang klik dari iklan Matched Content ini sangat tinggi. Walaupun harga perkliknya, sejauh ini termasuk yang paling murah dibanding jenis iklan Adsense lainnya.

Lalu apakah setiap Publisher Adsense bisa memasang iklan Matched Content ini di blog mereka?

Jawabannya tidak.
Yang bisa memasangnya, hanya mereka yang sudah diberi kesempatan oleh Adsense. Diberi kesempatan maksudnya dapat penghargaan gratis dari Adsense. Karena jenis iklan Matched Content tidak langsung tersedia begitu seorang Blogger diterima sebagai Publisher Adsense. Karena ada syaratnya. Ada hitung-hitungan secara statistik yang dilakukan Adsense melalui sistemnya sehingga sebuah blog, jadi layak mendapatkannya secara otomatis. Dan tanda bahwa seorang Publisher telah mendapatkannya, pada halaman Unit Iklan akun Adsense mereka, jadi muncul jenis iklan tersebut. Jadi bukan karena diminta-minta. Melainkan diberikan Adsense secara otomatis jika sebuah blog sudah memenuhi persyaratannya. Contohnya seperti ini:



Apa Itu Iklan Matched Content Adsense, Fungsi & Contohnya


Ini adalah 4 jenis iklan Adsense yang terdapat pada akun Adsense saya. Tampak sudah ada iklan Matched Content. Saya mendapatkannya, setelah seminggu diterima sebagai Publisher Adsense. Tapi jangan lupa, itu baru ciri pertama bahwa anda mendapatkan iklan Matched Content. Ciri kedua, dan ini yang paling menentukan, pada menu Situs Saya (My Sites), memang muncul menu Matched Content. Lalu pada halaman tersebut, juga tertera nama domain blog anda. Contohnya seperti ini:


Apa Itu Iklan Matched Content Adsense, Fungsi & Contohnya


Menu itu muncul, bukan karena anda yang menambahkan, tapi muncul sendiri secara otomatis sebagai apresiasi Adsense terhadap blog anda yang sudah mememnuhi syaratnya. Jika menu ini tidak ada, atau jika ada tapi domain blog anda tidak tertera, itu tandanya blog anda belum mendapatkan akses Matched Content. Jika anda pasangpun script iklannya, maka sistemnya tidak akan bekerja, alias tidak akan tampil iklan Konten Sesuai di blog anda. Hanya akan blank. Cara Membuat Unit Iklan Matched Content).

Lalu apa syaratnya agar sebuah blog jadi berpeluang mendapatkan iklan Matched Content? Mari kita lanjutkan disini: Cara Mendapatkan Iklan Matched Content.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger