Keuntungan Blog Menggunakan HTTPS Dibanding HTTP

Setelah memahami Apa itu HTTPS, sekarang mari kita pahami pula apa untungnya menggunakan protokol HTTPS untuk URL blog atau website.


Keuntungan Blog Menggunakan HTTPS Dibanding HTTP



Secara umum ada 3 keuntungan jika blog anda menggunakan protokol HTTPS ketimbang HTTP:


1. Security

Dengan menggunakan protokol HTTPS pada url blog, maka blog anda menjadi lebih aman dibanding menggunakan HTTP biasa. Relatif lebih terjaga. Karena data-data penting yang bersifat rahasia, akan dienkripsi secara otomatis oleh sistem, baik data anda sendiri sebagai pengelola (Blogger dan Web Master) maupun data-data rahasia dari pengunjung. Data yang diamankan dengan cara mengkonversinya menjadi bahasa kode, adalah data-data seperti user name, password, PIN, kode verifikasi dan sejenisnya. Singkatnya blog anda akan lebih aman dari serangan penyadap dan hacking.


2. Trust

Efek dari keuntungan yang pertama diatas, maka akan muncul kepercayaan pengunjung terhadap blog anda. Mereka, akan merasa nyaman berselancar di blog anda, bahkan melakukan transaksi bisnis. Apalagi sistem notifikasi aman tidak amannya sebuah halaman web juga didukung penuh oleh Browser, dengan cara menampilkan ikon gembok berwarna hijau dan teks "Secure" atau "Situs ini aman" pada adress boxnya saat alamat atau url sebuah blog terpampang. Artinya keamanan blog atau situs anda, tidak berdasarkan klaim anda sebagai pemilik atau pengelolanya, melainkan oleh sistem secara resmi tanpa dapat anda manipulasi

Semua itu tentu akan sangat menguntungkan untuk membangun kredibilitas blog anda. Baik untuk meningkatkan pengunjung loyal maupun untuk menggenjot volume transaksi bisnis jika blog anda digunakan untuk monetizing.

3. SEO

Ini mungkin belum banyak diketahui para Blogger, bahwa menggunakan HTTPS, bisa meningkatkan peforma SEO blog, terutama pada SERP Google. Istilahnya, HTTPS itu meningkatkan ranking signal. Google akan memberikan nilai lebih pada blog yang sudah menggunakan HTTPS ketimbang yang masih menggunakan HTTP. Karena Google sangat mengutamakan faktor keamanan dan menginginkan agar blog yang bergentayangan di halaman pencariannya adalah situs dan blog yang terjamin keamanannya, sehingga kepercayaan para pengguna, menjadi lebih tinggi. Ini bukan berarti bahwa HTTPS adalah faktor yang sangat dominan dalam sistem perangkingan Google dalam hal SEO untuk sebuah blog. Pointnya adalah, bahwa dengan menggunakan protokol HTTPS, sebuah blog langsung mendapatkan nilai lebih dari Google diantara banyak faktor lainnya yang juga menentukan dalam hal sistem perangkingan. Itu sebabnya, Google sejak tahun 2014 sangat mendorong agar setiap halaman web, segera menggunakan protokol HTTPS.

Tapi meski demikian jangan lupa, selain ada keuntungannya, menggunakan HTTPS ini juga ada kelemahannya bagi sebuah blog. Apa itu? Simak bocorannya disini: Bahaya Blog Menggunakan HTTPS.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas