-->

Kupas Tuntas Apa Itu Sidebar Blog dan Fungsinya

Tidak mau tahu dengan tulisan ini dan tentang apa itu sidebar blog lengkap dengan fungsinya,
hanya akan merugikan diri anda sendiri.
Sedang saya? Tetap untung
Kupas Tuntas Apa Itu Sidebar Blog

Sebenarnya tidak sulit untuk memahami pengertian sidebar jika anda cukup peka dan nakal dalam memahami bahasa. Dari segi struktur yang membentuknya, kata sidebar adalah perkawinan dari 2 suku kata, yaitu Side dengan Bar. Side artinya adalah sisi, belahan atau bagian. Sedang bar artinya adalah sebuah space, ruang atau panel. Jadi secara keseluruan bisa diartikan bahwa sidebar itu artinya adalah panel sisi. Panel yang terletak pada sebuah sisi dari sebuah ruang besar atau ruang utama. Karena itu posisi sidebar itu boleh dikatakan menempati ruang sampingan. Dalam bentuk menyisip.

Lalu apa pengertian sidebar pada blog?
Sebuah panel atau kolom sisi tempat terletaknya komponen-komponen sebuah blog. Yang dimaksud dengan komponen disini adalah widget-widget atau gadget-gadget yang terdapat pada sebuah blog. Contohnya seperti ini:

Kupas Tuntas Apa Itu Sidebar Blog

Ini adalah contoh tampilan sidebar pada blog ini. Sidebar yang terletak di sebelah kanan dari body template. Pada gambar diatas tampak sidebar tersebut berisi teks dan gambar, yang bila dicermati, masing-masingnya punya kelompok. Misalnya ada kelompok teks Seputar blogernas, Seputar Blog, Seputar Bisnis Online. Kemudian juga ada kelompok gambar dengan teks atau tombol Join this site. Nah semua itulah yang disebut dengan komponen atau widget blog (baca selengkapnya: Kupas Tuntas Apa Itu Widget dan Gadget Blog). Dan untuk menampung semua itulah fungsi sidebar pada sebuah blog, sehingga tampilannya tidak berantakan atau menganggu area lain di bagian utama semisal space tulisan atau artikel.



Kupas Tuntas Apa Itu Sidebar Blog

Ini adalah contoh bagan sidebar blog ini saat dilihat dari Dasbor pada bagian Tata Letak ( baca: Ulasan lengkap tentang Tata Letak). Pada gambar diatas tampak ada 3 tulisan sidebar. Sidebar yang pertama terletak pada bagian paling atas, kemudian yang kedua dan ketiga terletak dibawahnya, yang membagi 2 lebar kolom sidebar utama.

Lalu bagaimana pula cara membuat sidebar tersebut pada sebuah blog?
Langsung saja anda ikuti disini: Cara Membuat Sidebar Blog dari Awal
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas