-->

Apa Itu Tata Letak Blogger dan Fungsinya?

Anggap entenglah tata letak dan juga tulisan ini, agar pengunjung muak dengan tampilan blog anda yang berantakan.
Apa Itu Tata Letak Blogger dan Fungsinya?

Sesuai namanya Tata Letak itu sama dengan cara mengatur letak. Letak berbagai komponen dalam sebuah ruang. Misalnya kamar tidur anda. Di dalamnya ada dipan, ada lemari, ada meja, ada kursi, ada TV, ada rak sepatu, jam dinding dan seterusnya. Nah bayangkan jika semua itu tidak tersusun pada tempatnya dengan rapi, misalnya rak sepatu diletakkan diatas kasur. TV diletakkan dibawah dipan. Dan seterusnya. apa yang akan terjadi?

Nah begitu juga dengan tata letak pada blog, atau pada Blogger. Di halaman blog, juga terdapat banyak komponen. Misalnya ada halaman postingan, ada header, ada sidebar, ada widget atau Gadget, ada footer dan seterusnya. Nah letak semua itu tidak mungkin dibiarkan begitu saja tanpa diatur sesuai prinsip tertentu. Bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi jika di bagian atas dari halaman sebuah blog dipenuhi oleh berbagai aksesories seperti widget pengunjung, widget jam, widget musik, widget huruf berjalan dan seterusnya. Lalu halaman postingan terlempar jauh ke bagian bawah, sehingga setiap pengunjung yang ingin membaca, harus memutar scroll mouse berkali-kali baru mereka sampai di posisi sebuah tulisan atau artikel.

Artinya anda harus punya perhitungan, di mana posisi yang paling tepat dan indah untuk ditempati setiap komponen tersebut. Apakah di atas, di bawah di samping atau di tengah. Lalu bagaimana kompisisinya diantara komponen-komponen lain. Apakah saling mendukung, atau justru saling mengalahkan. Nah inilah yang disebut dengan Tata Letak dalam desain blog. Yaitu sebuah halaman tempat mengatur semua posisi komponen yang terdapat pada sebuah blog. Tampilan halaman Tata Letak tersebut pada Dasbor Blogger adalah seperti ini:



Apa Itu Tata Letak Blogger dan Fungsinya?


Pada gambar diatas,
Tampak setiap kotak atau bagan, punya nama. Baik nama struktur besarnya maupun nama widget-widget yang terdapat di dalamnya. Tujuannya tentu untuk memudahkan anda mengenali karakter setiap bagian dan saat mengelola isi dan posisinya. Lalu bagaimana cara mengatur alias menggeser posisi setiap bagian tersebut? Mari kita tinggalkan halaman ini dan beralih ke ruangan: Cara Mengatur Posisi Widget pada Tata Letak Blog
5 komentar
avatar
fian 30 Juli 2018 pukul 10.36

Bagus blog saya pemula bisa paham..

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 30 Juli 2018 pukul 11.50

Syukurlah kalau gitu mas, makasih sudah berkunjung

Balas
avatar
fian 12 November 2018 pukul 12.20

Siang mas, blog saya tiba-tiba blank warna putih artikel kosong, Itu gimana mas, mohon solusinya

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 13 November 2018 pukul 23.37

Apa yang anda lakukan sebelum itu terjadi? Jika tidak ada sama sekali yang anda lakukan sebelumnya, bisa jadi hanya faktor jaringan yang anda gunakan, sedang drop. Coba tunggu dulu hingga kondisinya stabil. Atau jika tidak sabar, anda bisa buka blog anda melalui Warnet, HP teman atau komputer sekolah atau kantor.

Balas
avatar
Queen 16 Juni 2019 pukul 04.25

https://rempongbet.blogspot.com/2019/06/ingin-tahu-manfaat-madu-dan-telur.html

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas