-->

Cara Buat Blog Gratis dg Blogger Full Gambar

Dibawah ini adalah langkah detail cara membuat blog secara gratis dengan menggunakan engine Blogger. Anda akan dituntun langkah demi langkah secara detail.

Sebelum buat blog gratis dengan Blogger.com pastikan anda sudah memiliki email dari layanan Google Mail. Karena Blogger, sebagai engine blog gratis nomor wahid ini, adalah milik Google. Jika belum, dan anda juga belum tahu caranya, anda bisa pelajari langkah-langkahnya di Cara Detail Membuat Email Gmail. Jika sudah, anda bisa lanjutkan dengan mengikuti beberapa gambar tutorial dibawah ini:

Pertama silahkan anda buka dulu situs resminya di www.blogger.com
Ketik alamat diatas pada kotak alamat atau adress box browser yang anda gunakan
Maka akan terbuka halaman depan dari situs Blogger seperti gambar dibawah ini
(Kecuali jika anda sebelumnya sudah login, maka akan langsung terbuka seperti gambar yang ketiga dibawah)


Cara Buat Blog Gratis dg Blogger Full Gambar


Agar tidak membingungkan mengikuti tutorial ini yang menggunakan versi bahasa Indonesia, maka sebaiknya ganti dulu pengaturan bahasanya. Silahkan mampir dulu ke: Cara mengganti login Google dengan Bahasa Indonesia. Sehingga tampilan diatas, berubah menjadi seperti ini:



Cara Buat Blog Gratis dg Blogger Full Gambar


Nah sekarang lanjutkanlah dengan mengklik tombol BUAT BLOG seperti diatas, sehingga terbuka form login ke akun Google seperti di bawah ini:


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Sekarang masukan email yang sebelumnya sudah berhasil anda buat dengan gmail. Email lama yang sudah ada juga bisa, yang penting email dengan layanan gmail (bukan yahoo, hotmail dan seterusnya). Kemudian klik tombol berikutnya.

CATATAN:
Jika bagi anda halaman login seperti diatas tampil dengan bahasa Inggris, dan anda ingin menggantinya dengan bahasa Indonesia agar mudah dipahami sekaligus cocok dengan tutorial ini, maka silahkan anda ganti dulu bahasanya. Caranya bisa anda pelajari disini: Cara Mengganti Login Google dg Bahasa Indonesia


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Jika email yang anda masukan benar (benar benar email yang sudah terdaftar), maka akan muncul tulisan email tersebut seperti gambar diatas. Lengkap dengan foto diri anda. Kecuali sebelumnya anda belum menambahkan foto profil pada email atau akun Google anda. Setelah memasukan kata sandi atau password yang diminta, kliklah tombol Masuk. Jika anda lupa apa persisnya password anda, klik Lupa sandi. Jika password yang anda masukan sudah benar, maka akan terbuka halaman seperti ini:


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Ini adalah tampilan awal jika anda pertama kali membuka situs blogger.com. Anda akan diminta untuk memilih profil akun blogger anda. Apakah akan menggunakan profil Blogger terbatas atau profil Google+. Saran saya, sebaiknya gunakan profil Google+. Karena itu langsung saja klik pada gambar no.2. Setelah itu kliklah tombol Lanjutkan ke Blogger (no.3).


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Inilah halaman dasbor blogger anda. Disinilah anda mengelola blog anda. Dan anda bisa membuat blog gratis melalui layanan ini hingga puluhan buah. Untuk memulainya, silahkan anda klik tombol Blog Baru


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Ada beberapa kotak yang harus anda isi disini. Sebaiknya anda mulai dulu dengan mencek alamat blog anda (lihat pada kotak no.1). Ketiklah sebuah nama alamat yang anda inginkan untuk blog anda (Baca: Cara Memilih Nama Blog yang Bagus). Cukup ketikkan nama alamatnya saja. Tidak pakai blogspot.com. Karena blogspot.com akan muncul secara otomatis.  Jika nama/alamat yang anda masukan masih tersedia, belum ada siapapun yang menggunakannya, maka akan muncul tulisan Alamat blog ini tersedia (lihat No.2). Jika tidak, maka akan muncul tulisan "Maaf, alamat blog ini tidak tersedia" dengan tanda seru berwarna kuning, seperti gambar dibawah ini.


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Solusinya adalah, cari lagi alamat lain yang masih tersedia. Gonta ganti katanya sampai dapat. Jika sudah berhasil, selanjutnya isilah kotak no.3 dengan nama blog yang anda inginkan (Pelajari: Perbedaan Nama Blog dengan Alamat Blog). Selanjutnya pada no.4, pilihlah salah satu template atau model tampilan blog yang anda inginkan. Apa yang anda pilih, akan menjadi tampilan blog anda selanjutnya. Tapi anda tidak perlu bingung, nanti juga bisa anda gonta ganti sesuai perubahan selera anda. Jika sudah, terakhir jangan lupa klik tombol Buat Blog. Lalu tunggu beberapa saat. Sampai akhirnya terbuka halaman seperti ini:


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Jika muncul halaman seperti ini, itu artinya anda sudah berhasil membuat sebuah blog. Lihat pada no.1. Disitu akan muncul tulisan nama blog anda. Selanjutnya anda tinggal mengelola blog tersebut. Mulai dari menulis isinya, gonta-ganti tampilan, dan masih banyak lagi. Fiturnya bisa anda lihat pada no.2. Jika ingin melihat tampilan blog anda, anda bisa klik tombol Lihat Blog (lihat no.3)


Cara Buat Blog Gratis dengan Blogger Full Gambar

Sebagai contoh, inilah tampilan blog ini saat pertama saya buat (klik gambar tersebut untuk melihat tampilan yang lebih jelas). Alamat blog ini, sebelum saya migrasi ke domain TLD blogernas.com pada mulanya adalah https://blogernasea.blogspot.id (lihat no.1 pada gambar). Angka no.2 adalah body dari blog. Sedang pada angka no.3, adalah beberapa jalan pintas menuju beberapa fitur blogger, misalnya untuk kembali ke halaman dasbor, atau langsung keluar dari akun blogger.

Nah sampai disini, selesai sudah tugas saya menjelaskan bagaimana cara membuat blog gratis dengan blogger.com. Selanjutnya giliran tugas anda untuk mengklik tulisan ini: Apa sebaiknya yang harus anda lakukan selanjutnya? Anda sudah bisa langsung uji coba untuk menuliskan sesuatu kemudian mempublishnya ke internet, sehingga bisa dibaca oleh siapa pun di dunia asal mereka terhubung dengan jaringan internet. Caranya bisa anda ikuti di Panduan Lengkap Cara Menulis di Blog


7 komentar
avatar
Unknown 15 Oktober 2016 pukul 08.37

Siiiplah tutorial di blogernas... Simpel dan mudah di pahami...
Mohon arahannya mungkin ada kesulitan dalam buat artikel pribadi bang... Salam

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 15 Oktober 2016 pukul 21.02

Mari Wawan sama-sama kita berbagi, salam Blogger

Balas
avatar
Unknown 7 Desember 2016 pukul 09.33

Nich lagi baca2 di blog abang biar cepet paham buat blog.makasih atas waktunya....

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 7 Desember 2016 pukul 18.00

Sama-sama Wawan

Balas
avatar
http://gurulistrikkeren.blogspot.com 23 Mei 2017 pukul 23.55

Terima kasih ilmunya pak, bantu kami ya pak yang pemula ini :)

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 24 Mei 2017 pukul 00.56

Okey Rismail. Mari kita saling berbagi

Balas
avatar
admin@wp 19 November 2017 pukul 05.50

Sangat membantu saya mas Erianto Anas, yang baru mau belajar membuat blog, terima kasih

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas