-->

Apa Itu Warna (Pengertian, Sumber, Jenis & Penemunya)

 

Apa itu Warna? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa pahami melalui 2 Teori warna yang paling populer dan terus digunakan hingga saat ini:  

Pertama, warna berdasarkan Teori Cahaya,
Atau dikenal juga dengan istilah Spektrum Warna 

Pengertian warna disini adalah spektrum tertentu yang dipancarkan oleh cahaya sempurna. Yang dimaksud cahaya sempurna adalah putih. Kemudian cahaya sempurna itu dipancarkan dengan gelombang yang berbeda. Maka terbentuklah corak corak rupa yang berbeda. Keragama corak rupa itulah yang disebut sebagai warna. Comtohnya pada Pelangi. Keragaman warna yang terlihat, efek dari dispresi atau penguraian cahaya matahari melalui butiran air. Meskipun sumber cahayanya putih dari matahari, tapi bila diuraikan, akan membentuk warna pelangi, yang terdiri dari 7 warna dominan: Merah, Orange, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu.

Singkatnya warna itu terbentuk karena adanya cahaya. Jika tidak ada cahaya, maka tak kan ada warna yang terlihat. Itulah yang disebut dengan gelap. Jadi dalam konsep cahaya, tidak ada warna hitam. Karena hitam itu bukan sebuah cahaya. Tapi adalah kondisi tanpa adanya cahaya.

Teori warna berdasarkan cahaya ini ditemukan oleh Isaac Newton, hasil dari percobaannya penguraian cahaya melalui kaca Prisma  

Kedua, warna berdasarkan Teori Pigmen,
atau dikenal juga dengan Substraktif

Pengertian warna disini adalah pigmen yang terdapat pada sebuah benda. Pigmen arti sederhananya zat yang memunculkan warna. Tanpa pigmen, sebuah benda tidak akan menampilkan warna apapun. Jadi dalam teori ini, warna memang bersumber dari zat benda itu sendiri. Misalnya kenapa warna daun itu hijau, karena memang zat daun itu sendiri mengandung pigmen yang menghasilkan warna hijau. Atau kenapa zat tertentu berwarna merah, karena memang pigmen zat itu menghasilkan warna merah. Lalu jika antar zat yang berbeda warna dicampur, maka akan terbentuk warna baru sebagai kombinasinya, atau disebut juga dengan istilah warna Substraktif.

Teori Warna berdasarkan Pigmen ini populer ditemukan oleh David Brewster. Dari pengamatannya terhadap pigmen warna yang terdapat pada alam, dia membagi warna menjadi 4 kelompok: Warna Primer, Warna Sekunder, Warna Tersier dan Warna Netral

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas