Apa Itu Deskripsi Penelusuran, Fungsi dan Contohnya?

Tanpa deskripsi penelusuran, kekuatan SEO halaman postingan sebuah blog menjadi kurang maksimal. Kemampuan bertarung di halaman pencarian menjadi lemah.

Apa Itu Deskripsi Penelusuran, Fungsi dan Contohnya?

Apa yang dimaksud dengan deskripsi penelusuran?
Yaitu sebuah informasi singkat tentang isi sebuah tulisan atau postingan yang akan ditampilkan pada halaman penelusuran mesin pencari. Menggambarkan secara gamblang apa yang diulas pada sebuah halaman artikel. Meski singkat tapi mewakili isi secara keseluruhan dari halaman tersebut. Karena itu kalimat pada deskripsi penelusuran, isinya benar-benar apa yang menjadi point penting pada sebuah postingan. Ringkas, padat dan jelas.

Fungsinya adalah, untuk memberitahukan pada pengunjung dan robot mesin pencari bahwa sebuah postingan isinya adalah ulasan tentang A, B, C dan seterusnya. Sehingga pengunjung menjadi punya gambaran, apakah halaman tersebut isinya sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau tidak. Mereka, jadi mendapatkan informasi yang akurat. Mereka, tidak akan merasa tertipu apalagi benar benar ditipu oleh sebuah judul yang sekilas tampak menggoda tapi ternyata isinya justru meleset dari harapan.

Bagi robot mesin pencari, deskripsi penelusuran menjadi bahan penilaian, apakah batang tubuh sebuah postingan, isinya punya nilai relevansi yang tinggi. Apakah jejaring kata kunci atau keyword yang tersebar di dalamnya, relevan dengan judul dan niche sebuah blog. Itulah yang menjadi salah satu point penting robot dalam memberikan rangking sebuah halaman. Apakah punya kans yang besar untuk ditampilkan pada halaman pencarian atau tidak, berdasarkan kata kunci yang dicari pengunjung. Karena itu deskripsi penelusuran, boleh dikatakan sebagai ujung tombak SEO kedua sebuah postingan setelah title.

Lalu seperti apa contoh deskripsi penelusuran itu? Mari kita lihat gambar dibawah ini:

Apa Itu Deskripsi Penelusuran, Fungsi dan Contohnya?

Gambar diatas adalah salah satu postingan blog ini yang muncul di halaman pencarian Google. Judulnya Cara Cerdik Merancang Deskripsi Blog untuk SEO. Lalu deskripsi tulisan tersebut adalah:

Satu-satunya yang mengulas cara cerdik merancang deskripsi Blog untuk SEO maksimal. Ringkas padat mudah dimengerti dan terbukti

Nah kalimat yang muncul dibawah postingan itulah yang disebut dengan deskripsi penelusuran, dimana kalimat tersebut, memang sesuai dengan teks yang kita rancang sendiri. Yang memang kita targetkan akan muncul secara utuh di halaman pencarian Google. Karena kebanyakan yang terjadi, teks yang muncul di bawah judul di SERP Google, jarang dalam bentuk kalimat utuh. Biasanya acak dan terpotong-potong tanpa relevansi yang bisa dipahami. Artinya yang tampil disana, sama artinya bukan deskripsi penelusuran. Sedang pada contoh diatas, kalimat yang muncul, adalah sebuah rangkaian kalimat utuh yang maknanya jelas. Dan kalimat tersebut, bukan alinea pertama sebuah postingan. Sebagai contoh anda bisa klik judul tulisan tersebut disini: Deskripsi Blog. Lalu lihat alinea pertamanya. Tidak sama dengan apa yang tampil di halaman Google. Lengkapnya alinea pembuka postingan tersebut adalah seperti ini:

Deskripsi blog yang tidak tepat, bisa dinilai robot sebagai spam. Efeknya, citra blog bisa buruk dimata mesin pencari

Yang menjadi pertanyaan kenapa bisa demikian? Kenapa yang tampil di halaman pencarian bukan alinea pertama? Bahkan kalimat tersebut, sama sekali tidak ada di sekujur tubuh postingan? Dari mana robot mengambil kalimat tersebut?

Jawabannya adalah, dari teks yang terdapat pada form atau kotak isian Deskripsi Penelusuran di Entri Baru. Contohnya seperti ini:

Apa Itu Deskripsi Penelusuran, Fungsi dan Contohnya?

Tapi sayang, secara default, plat form Blogger tidak langsung menampilkan kotak isian tersebut seperti gambar diatas. Tapi harus ditampilkan secara manual oleh pengguna. Bagaimana cara melakukannya? Mari kita lanjutkan pada halaman: Cara Menampilkan Kotak Deskripsi Penelusuran pada Blogger.
14 komentar
avatar
Muhammad Faiz 11 Desember 2016 10.09

wah bermanfaat sekali gan, ane kalo mau post artikel ya post aja ngga dikasih deskripsi penelusuran, sekarang saya jadi tahu manfaatnya:)

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 11 Desember 2016 12.41

Syukurlah kalau bermanfaat Faiz, semoga kedapannya itu tidak terlupakan lagi

Balas
avatar
irvan hermawanto 23 Juli 2017 16.22

ini dia ketemu,
makasih om ilmunya

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 24 Juli 2017 14.56

Sama-sama Irvan

Balas
avatar
AHSANUL UMAM 10 Januari 2018 17.11

makasih infonya, jadi makin deket dengan adsense..

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 10 Januari 2018 21.44

Sama-sama

Balas
avatar
Agus Kusuma 21 Februari 2018 13.10

bermanfaat sekali gan, visit back www.aguskusuma.com

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 21 Februari 2018 13.39

Makasih Agus

Balas
avatar
Tumes Kecil 18 Maret 2018 07.00

bukannya deskripsi penelusuran malah tidak bikin kw yang dicari tidak relevan dengan isi artikel? Soalnya biasanya kw menjurus otomatis ke deskripsi penelusuran. CMIIW
Tumeskecil

Balas
avatar
excelive 9 Agustus 2018 09.25

awalnya saya berfikir isi deskripsi harus panjang kali lebar... ternyata saya salah...

terimakasih sudah berbagi

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 9 Agustus 2018 22.37

Sama-sama excelive

Balas
avatar
aldy videography 29 Agustus 2018 09.08

Contohnya itu gimana ya?

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 30 Agustus 2018 00.31

Sudah ada tuh linknya pada tulisan diatas yang menuju ke halaman khusus yang mengulas cara membuat kalimat deskripsi blog

Balas
avatar
Info Perumahan Baru 15 September 2018 08.04

cari rumah yang cicilan nya kurang dari 1jutaan? silahkan cek di gantihunian.blogspot.com

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas