terbaru

Kupas Tuntas Apa Itu Dasbor Blogger

: Minggu, Februari 07, 2016

Dasbor adalah kata versi Indonesia dari aslinya bahasa Inggris yaitu dashboard. Istilah ini populer digunakan dalam blogging oleh Blogger. Walaupun setiap blog atau situs, sebenarnya selalu punya halaman dasbor. Karena tanpa halaman dasbor, sebuah situs atau web, tidak akan bisa dikelola. Bahkan beberapa halaman keanggotaan di situs tertentu, juga menamakan halaman akun membernya dengan istilah dasbor. Termasuk aplikasi-aplikasi tertentu pada sebuah sistem operasi, juga menggunakan istilah yang sama.



Cara Login Membuka Dasbor Blog di Blogger

Inilah tampilan dasbor Blogger


KETERANGAN:

No.1 adalah nama dan sekaligus link pengelolaan blog anda yang sedang  terbuka. Pada contoh diatas yang tertera adalah tulisan blogernas, sesuai dengan nama blog ini. Tapi pada anda, yang tertera tentu sesuai dengan nama blog anda sendiri. Jika blog anda lebih dari satu, maka selebihnya disembunyikan oleh sistem. Untuk melihatnya, tinggal klik tanda segitiga kecil disamping kanannya. Contohnya seperti ini:


Cara Login Membuka Dasbor Blog di Blogger


No.2 dengan tulisan Lihat Blog, adalah link untuk melihat tampilan blog anda

No.3 adalah kumpulan menu untuk mengelola blog. Mulai dari yang berhubungan dengan tampilan blog, isi blog, sampai dengan fitur untuk mengelola komentar yang masuk pada blog.

No.4 adalah Tombol Entri Baru. Link untuk membuka form untuk menulis postingan pada blog

No.5 adalah daftar tulisan atau postingan yang terdapat pada blog anda. Jika blog anda belum ada isinya, maka list tersebut akan kosong.



Jadi apa itu dasbor blogger?

Gamblangnya dasbor adalah halaman pengaturan blog versi blogger. Halaman tempat anda mengelola blog jika anda menggunakan engine blog yang bernama blogger. Dasbor blogger itulah halaman hosting tempat mengatur blog anda. Mulai dari membuat blog baru, melakukan berbagai pengaturan terhadap blog tersebut, menulis postingan, menata desain tampilan blog, sampai dengan menghapus blog itu sendiri. Dan masih banyak lagi.

Tapi untuk bisa mengakses halaman dasbor blogger, anda harus punya akun di layanan Google. Karena blogger itu sendiri adalah milik Google. Anda harus mendaftar dulu di situs resminya. Setelah mendaftar, maka anda akan bisa mengakses berbagai layanan Google secara gratis, termasuk dasbor blogger. Anda bisa membuat blog di blogger lebih dari satu. Bahkan bisa membuat blog sampai batas maksimal ketentuannya, yaitu sebanyak 100 buah blog. Dan itu, gratis. Cara membuat blog di blogger ini bisa anda pelajari di: Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Lalu apa pula perbedaan antara blogger dengan blogspot?
Silahkan anda lanjutkan di: Apa Itu Blogspot?

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger