QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Blog Sendiri di Blogger

: Senin, Januari 18, 2016

Diam-diam, cukup banyak juga blogger yang ingin tahu, tanggal berapa blog mereka pertama kali dibuat, dalam hal ini, blog yang dibangun dengan platform blogger.com. Tapi rasa ingin tahu itu, justru muncul setelah kegiatan blogging mereka berlangsung sekian lama. Akibatnya, mereka kehilangan sebuah momentum yang sangat bersejarah.

Lalu bagaimana lagi cara kita bisa mengetahuinya?
Sejauh ini, hingga tulisan ini saya luncurkan, belum saya temukan sumber yang memuat akan hal ini. Yang banyak berteberan di internet, baru hal-hal seputar domain. Misalnya kapan sebuah domain mulai eksis (registered) dan kapan masa exipirenya. Lalu siapa pemiliknya dan di situs apa register domainnya. Tentang hal ini, anda bisa cari di Google melalui situs situs kategori Whois dan Domain Tools. Termasuk tentang domain blog ini (blogernas.com), juga bisa anda lacak disana.

Tapi masalahnya,
Yang ingin kita ketahui, bukan soal domainnya
Tapi adalah, soal pembuatan blognya. Soal pertama kali anda membuat blog di dasbor blogger. Hingga saat ini, belum ada tertera di halaman dasbor blogger tanggal lengkap pembuatan setiap blog. Yang ada, baru tanggal pembuatan setiap postingan dan tanggal pembuatan setiap laman. Kecuali jika saat selesai membuat blog, anda langsung menulis sebuah postingan atau laman, maka serentak anda jadi bisa mengetahui kapan tanggal pembuatan blognya. Karena tanggalnya sama. Tentang hal ini, bisa anda baca di Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Postingan Blog. Lain halnya jika anda membuat blog dengan hosting sendiri, maka di Cpanel hosting anda, akan tertera lengkap tanggal setiap pembuatan blog anda, lengkap dengan engine blog apa anda buat, misalnya dengan Wordpress, Drupal, Joomla, dan seterusnya.

Lalu bagaimana lagi nasib kita sebagai blogger dalam hal ini?
Sudahlah. Hapuslah air mata anda
Ini namanya sudah takdir. hahaha
Yang paling mungkin kita lakukan, hanya dengan mengetahui kapan pertama kali kita membuat akun Google atau Gmail. Karena biasanya, rata-rata Blogger membuat sebuah blog, menyusul serentak dalam hitungan menit setelah selesai membuat akun email layanan gmail Google. Buru-buru buat email, hanya untuk melengkapi syarat agar bisa membuat blog gratis dengan blogger.com. Biasanya seperti itu.

Lalu bagaimana cara mengetahui tanggal berapa kita membuat email gmail tersebut? Mari kita lanjutkan di Cara Mengetahui Tanggal Pembuatan Gmail Sendiri


Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas