-->

Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik

Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik


Tanpa mengatur volume vocal usai nyanyi di Smule, hasilnya belum tentu seimbang dengan musiknya. Efeknya, rekaman jadi kurang enak didengar.

Karena itu sebelumnya pastikan anda atur dulu keras lunak suara anda sendiri sebelum menyimpan hasil rekaman anda di Smule. Jika anda belum tahu caranya, silahkan simak langkahnya dibawah ini:


Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik


Ini adalah tampilan aplikasi Smule setelah anda selesai bernyanyi. Setelah tampil seperti ini, jangan diklik dulu tombol Lanjutkan. Karena pada tahap inilah anda bisa mengatur banyak hal terkait rekaman anda. Nah secara default, posisi menu Pengaturannya berada pada bagian Efek. Maka untuk mengatur volume suara atau vocal anda, kliklah pada ikon volume yang letaknya di tengah, sehingga hasilnya menjadi seperti ini:



Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik



Dibawah ikon volume, tampak indikator keras lunak suara vocal dalam bentuk garis dan noktah. Posisi default noktahnya, berada pada titik 0,0. Itu adalah posisi suara anda sebelum diatur. Maka jika volume suara anda terasa kurang seimbang dengan volume suara musik, geserlah posisi noktah, bisa ke kiri dan bisa ke kanan. Posisi ke kiri adalah untuk mengurangi volume suara, yang ditampilkan dengan angka minus. Sejauh ini angka terendahnya adalah minus 12. Sedang untuk mengeraskannya, ditampilkan dengan angka plus, dengan angka tertinggi plus 6. Contohnya seperti dibawah ini:



Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik



Disini terlihat volume vocalnya adalah +3,4. Itu artinya setelan vocal lebih keras dari suara aslinya.



Cara Mengatur Volume Suara Vocal pd Smule Seimbang dg Musik



Sedang sisini terlihat volume vocalnya adalah -5.0. Itu artinya setelan vocal lebih lunak dari suara asli anda.

Lalu dimana posisi terbaiknya?

Relatif. Tergantung banyak hal. Tingkat power yang anda kerahkan saat bernynayi, kualitas HP dan mic headset yang anda gunakan. Termasuk tingkat kebisingan suasana ruangan saat anda rekaman. Begitu juga dengan kualitas rekaman musik Karaoke yang anda gunakan pada daftar lagu yang tersedia di Smule.

Karena itu anda harus mengujinya sendiri setiap usai bernyanyi di Smule, dimana posisi volume vocal yang paling tepat untuk rekaman tersebut. Bisa jadi mesti dikeraskan dan juga bisa jadi mesti diturunkan. Jadi yang menentukan tepat tidaknya keseimbangan volume vocal anda dengan musik, akhirnya ditentukan oleh kecermatan anda sendiri dalam mengaturnya.
6 komentar
avatar
Idha dirja 8 Juni 2019 pukul 14.52

Diatur ,tp klo masuknya gak pas dg tempo jadi jelek juga😭

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 8 Juni 2019 pukul 17.48

Itu sudah lain cerita Idha Dirja. Bukan salah tulisan ini. Tapi salah penyanyinya sendiri. Iya kan?

Balas
avatar
Unknown 21 Februari 2020 pukul 15.10

Masalah di sy adalah, tempo tak sinkron, diawal rekaman vocal sy pas sama musik, tapi setelah sampai di pertengahan dan akhir, vocal sy ketinggalan dari musik, padahal semasa nyanyi pas banget temponya, karna sy memang penyanyi, walaupun hanya penyanyi panggung ke panggung

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 2 Maret 2020 pukul 22.02

Bisa jadi itu karena faktor fluktuasi jaringan yang anda gunakan mas

Balas
avatar
Unknown 20 Februari 2021 pukul 14.25

Bagaimana cara ngurangi penyanyi yg di ikuti soalnya di smule ku bertuliskan udah mencapai batas ikuti

Balas
avatar
Jeddy 31 Mei 2021 pukul 22.38

Kurang pas diatur di vocal minus. Semakin tinggi minusnya tempo ya semakin cepat. Mending atur di volume hp besar atau dikecilkan... Kebanyakan di besarkan volumenya

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas