Kupas Tuntas Apa Itu HTML, Fungsi & Contohnya

Tanpa memahami HTML, seorang Web Desainer dan Blogger akan kesulitan mendesain tampilan web atau blog yang dikelolanya. Karena HTML itu adalah senjata utama.


Kupas Tuntas Apa Itu HTML, Fungsi & Contohnya


Apa itu HTML?

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Dikembangkan oleh Consorsium W3C pada tahun 1996 sebagai bahasa dasar untuk membangun sebuah halaman web. Disebut bahasa dasar karena dengan HTML inilah struktur dan elemen sebuah halaman web dibangun. Disebut bahasa markup, karena HTML ini menggunakan tanda atau TAG untuk memerintahkan browser seperti apa konten sebuah halaman web akan ditampilkan, baik dalam bentuk teks, gambar maupun video. Misalnya sebuah teks akan ditampilkan dengan ukuran sekian, ketebalan sekian, dicetak tebal, miring, garis bawah dan seterusnya. Tanpa tag HTML, Browser tidak akan bisa menampilkan variasi apapun dari kontennya. Hanya akan tampil sebagai teks biasa tanpa variasi apapun.

HTML bukan kategori bahasa pemrograman, meskipun dalam membuatnya kita juga menggunakan program editor seperti Notepad dan Dreamweaver. Karena prinsip dari bahasa pemrograman adalah, ada kalkulasi. Ada pengolahan data. Bekerja mengikuti logika atau algoritma tertentu. Biasanya menggunakan rumus if, loop, variable dan seterusnya. Sedang HTML, sama sekali tidak menggunakan rumus kalkulasi apapun. HTML, fungsinya hanya untuk menandai struktur atau bagian-bagian dari sebuah halaman web, untuk kemudian ditampilkan dengan gaya tertentu. Tag demi tag HTML itu, sama dengan sinyal atau link yang memberitahukan pada Browser. Sistem penandaan atau link itulah yang disebut dengan Hypertext. Yaitu sebuah teks yang saling terhubung dengan teks lain. Dalam hal ini, tag HTML dihubungkan dengan perintah tertentu.

Sebagai contoh, misalnya anda ingin menampilkan sebuah kata agar dicetak tebal. Maka agar browser bisa menampilkannya menjadi tebal, maka ditandailah kata tersebut dengan menggunakan tag bold. Penulisannya menggunakan singkatan yang diapit dengan 2 kurung siku. Contohnya seperti ini:


Kalimat ini tanpa tag HTML
<b>Kalimat ini dicetak tebal dengan tak HTML</b>



Hasilnya browser akan menampilkan teks tersebut seperti ini:



Kalimat ini tanpa tag HTML
Kalimat ini dicetak tebal dengan tag HTML


Jadi tag HTML, selalu menggunakan sepasang penandaan, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Tag pembuka tanpa menggunakan garis miring < >, sedang tag penutup menggunakan garis miring </ >.

Jumlah tag HTML itu sangat banyak, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Semua tag itu disebut juga dengan istilah Syntax Dasar HTML, yang artinya, kumpulan tag-tag HTML. Contoh lengkap dari semua tag tersebut lengkap dengan penulisannya, bisa anda pelajari disini: Kumpulan Tag HTML.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas