Pengertian Komposisi pada Seni Rupa dan Desain

Pengertian Komposisi pada Seni Rupa dan Desain



Ingatlah pada setiap kemasan obat-obatan. Selalu disana tertulis kata Komposisi. Lalu tertera jenis-jenis zat lengkap dengan berapa kandungannya. Misalnya kadar antibiotiknya sekian, kadar alkoholnya sekian dan seterusnya. Begitu juga pada resep masakan. Selalu keterangannya disertai dengan komposisinya. Misalnya tepungnya sekian, gula sekian dan seterusnya.

Jadi Apa Itu Komposisi?

Secara gamblang, artinya adalah takaran. Berapa perbandingan jumlahnya, kandungannya dan sejenisnya antar setiap unsur yang digunakan. Tanpa komposisi yang tepat, sebuah adukan, adonan dan rakitan, hasilnya menjadi tidak enak, tidak sesuai dengan yang diharapkan dan seterusnya. Nah begitu juga dengan sebuah desain. Tanpa komposisi yang tepat antar semua elemennya, maka tampilannya menjadi tidak enak dipandang. Karena itu komposisi pada Desain dan Seni Rupa bermakna, penataan setiap unsur-unsurnya menjadi sebuah tatanan visual yang harmonis. Mulai dari garis, bidang, bentuk, warna dan seterusnya, harus dikelola sedemikian rupa agar menghasilkan sebuah karya Desain dan Seni Rupa yang menarik.

Lalu apa saja yang harus menjadi pertimbangan dalam komposisi tersebut? Semua itu terangkum dalam satu kaidah atau azaz yang bernama Prinsip-prinsip Seni Rupa dan Desain.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - blogernas