-->

Pengertian Kesatuan pada Prinsip Desain dan Contohnya

Pengertian Kesatuan pada Prinsip Desain dan Contohnya


Kesatuan atau unity, termasuk prinsip utama pada prinsip Desain dan Seni Rupa. Tanpa kesatuan, sebuah desain sama dengan kapal tanpa kompas. Tanpa arah dan tujuan yang jelas.

Apa Itu Kesatuan?

Dari sisi bentuk kata, kesatuan berasal dari kata dasar 'satu', yang artinya utuh. Tidak terpecah. Karena itu kesatuan menjadi bermakna bergabungnya berbagai aspek, ragam dan corak menjadi satu kebulatan penuh. Solid. Tidak ada satu bagianpun yang terpecah keluar dari alur kebulatannya. Sama dengan sebuah perkumpulan orang-orang, grup atau komunitas tertentu, jika mereka sudah solid, atau sudah satu, itu artinya semua anggotanya sudah satu visi dan satu misi. Tak seorang pun yang berbeda haluan. Jika diantara mereka sudah bersilang prinsip dan pendapat, maka komunitas tersebut disebut tidak solid. Sudah pecah.

Begitu juga dengan kesatuan dalam prinsip Desain dan Seni Rupa. Kesatuan berarti bahwa setiap unsur visual yang ada, terangkum dalam satu prinsip dan kebulatan penuh. Mulai dari garis, bidang, bentuk, warna dan seterusnya yang membentuk sebuah desain, selaras dan proporsional. Tidak ada satu unsur pun yang menyimpang dari alur keselarasan. Semuanya, terangkum membentuk citra atau kesan visual yang sama. Singkatnya, semuanya sudah utuh.

Contohnya jika dalam sebuah desain menggunakan bidang dengan pola-pola geometris, maka semua bidang, tetap menggunakan pola-pola geometris. Jika ada beberapa objek gambar yang menggunakann pola tidak berarturan atau abstrak, maka dari segi bentuknya, desain tersebut disebut tidak satu kesatuan. Begitu juga dengan warna yang digunakan. Jika setiap bidang yang ada menggunakan warna-warna kontras, lalu ada beberapa bidang yang menggunakan warna pastel, maka desain tersebut dari sisi warna, tidak menggunakan prinsip kesatuan. Karena warna-warna yang digunakan, tidak dalam satu rumpun atau keluarga. Ada warna yang menyimpang dari alurnya.

Jadi dalam prinsip kesatuan, sebuah desain, harus punya sebuah visi yang jelas. Harus punya target, kesan visual seperti apa yang ingin dibangun dibalik tampilannya. Dan untuk mencapainya, diperlukan sikap dalam memilih jenis unsur dan pola penataan setiap elemennya, lalu konsisten dengan sikap tersebut. Tapi jika tidak, maka saat membuat elemen demi elemennya, seorang Desainer akan kehilangan arah.

Misalnya anda sudah punya sikap akan membuat sebuah desain yang menimbulkan kesan heroik dan tegas. Maka objek-objek gambar yang anda buat, tentu akan menggunakan bidang-bidang yang terkesan heroik dan tegas, misalnya bidang-bidang yang garisnya lurus. Dan setiap sudutnya, tajam. Tidak mungkin anda menggunakan bidang-bidang yang garisnya melengkung dengan gemulai. Begitu juga dengan warna yang digunakan, tentu anda akan menggunakan warna-warna yang kontras, agar kesannya, menjadi spontan dan dinamis. Tidak mungkin anda akan menggunakan warna-warna yang lembut untuk membangun citra ketegasan. Intinya, agar desain memenuhi prinsip kesatuan, tentukan sikap dari awal sebelum membuat sebuah karya, sehingga sikap itu akan menjadi kompas dalam menata setiap unsur desain yang akan digunakan.

Berikut 3 pasang contoh gambar baik yang tidak memenuhi prinsip kesatuan dengan yang memenuhi prinsip kesatuan:


Pengertian Kesatuan pada Prinsip Desain dan Contohnya


Pengertian Kesatuan pada Prinsip Desain dan Contohnya


Pengertian Kesatuan pada Prinsip Desain dan Contohnya
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas