-->

Kupas Tuntas Apa Itu Template Blog dan Contohnya

Kupas Tuntas Apa Itu Template Blog dan Contohnya

Habisi kebingungan anda tentang pengertian Template Blog melalui ulasan dibawah ini. Termasuk definisi template secara umum

Apa itu template?

Pahami juga apa yang dimaksud dengan Tema Blog
Secara gamblang, bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, template itu artinya cetakan, pola, atau patron. Sama dengan cetakan sebuah kue. Jika anda membuat 100 buah kue dengan menggunakan sebuah cetakan, maka keseratus kue tersebut bentuk dan ukurannya akan sama. Persis. Nah begitu juga dengan sebuah template. Template itu sebuah cetakan digital. Misalnya anda membuat karya presentasi menggunakan aplikasi office Power Point. Jika anda menggunakan sebuah template, maka setiap halaman presentasi anda, desain tampilannya akan sama. Meskipun tebalnya hingga puluhan halaman, tapi setiap halamannya, wajah interfacenya, akan tetap sama.

Lalu apa pula itu Template Blog?
Secara gamblang tentu saja pengertiannya adalah cetakan desain tampilan blog. Pola standar yang digunakan untuk menampilkan layout blog secara konsisten. Meskipun blog anda terdiri dari ribuan halaman konten, tapi format atau layout setiap halamannya, akan tetap sama. Dimana posisi dan lebar headernya, posisi postingan atau artikel, posisi widget dan footer, lengkap dengan ukuran, warna, model huruf dan seterusnya, semua akan tetap sama. Tanpa perlu anda atur lagi secara manual satu persatu. Bahkan jika sebuah template blog anda gunakan untuk beberapa blog yang berbeda, maka desain tampilannya, juga akan sama.

Jadi template blog,
Akan memudahkan anda dalam mengelola dan membangun sebuah blog. Karena anda tidak lagi diribetkan untuk mengurus setiap detail yang berhubungan dengan struktur dan desain tampilan blog anda satu persatu pada setiap halamannya. Satu pengaturan, berlaku untuk semua. All in one.

Lalu dalam bentuk apa template blog tersebut?
Jika cetakan sebuah kue biasanya terbuat dari kayu, logam, plastik, alumunium, stainless dan sejenisnya, maka cetakan sebuah blog, tentu bahannya tidak bersifat material. Melainkan dalam bentuk script. Dalam bentuk bahasa kode. Dan kode tersebut, isinya berupa perintah. Perintah untuk menampilkan layout tertentu. Perintah untuk menampilkan ukuran, jarak, warna dan seterusnya. Kode perintah tersebut, bisa menggunakan bahasa pemrograman HTML, JavaScript, PHP, CSS dan seterusnya. Semua kode tersebut, dibundel dalam satu file yang bernama file XML. Jadi sebuah template, biasanya ekstensi filenya selalu dalam format XML.

Misalnya nama templatenya blogernas. Maka lengkapnya akan tertulis blogernas.xml. Begitulah seterusnya apapun nama templatenya. Tapi saat dipublikasikan, atau saat dijual, sebuah template oleh pemiliknya dibungkus dengan file rar. File kompress. Dan anda bisa membukanya dengan software kompresi seperti Winrar, Winzip, 7zip dan sejenisnya.

Lalu seperti apa contohnya tampilan sebuah template yang sudah digunakan pada sebuah blog? Saat sudah ditayangkan dengan browser? Contohnya seperti blog ini. Tampilannya adalah seperti ini:

Kupas Tuntas Apa Itu Template Blog dan Contohnya

Contoh template blogernas versi desktop


Kupas Tuntas Apa Itu Template Blog dan Contohnya

Contoh template blogernas versi mobile


Selanjutnya dimana template blog tersebut bisa anda dapatkan? Sangat banyak. Bahkan sangat melimpah. Mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Mulai dari template blog bawaan dari engine blog yang anda gunakan, sampai dengan template blog dari pihak ketiga alias dari situs lain diluar yang tersedia di dasbor blog yang anda gunakan. Jika anda ingin mendapatkannya dari dasbor blog anda sendiri, anda bisa pelajari disini cara untuk mendapatkannya: Cara Mengganti Template Blog. Kemudian jika anda ingin mendapatkannya dari pihak ketiga, anda bisa intip caranya disini: Cara Mengganti Template Blog dari Pihak Ketiga. Atau jika anda ingin template yang power full siap pakai, anda juga bisa dapatkan disini: Download Template Fast SEO Full Responsive.
8 komentar
avatar
Unknown 23 Januari 2017 pukul 12.00

Mantap Ijin download template gan :D

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 24 Januari 2017 pukul 01.43

Silahkan Teddy

Balas
avatar
Anonim 28 Mei 2017 pukul 19.42

Terimaksh info nya mas

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 30 Mei 2017 pukul 02.05

Sama-sama

Balas
avatar
wawanblog 18 Agustus 2018 pukul 20.17

bang kok blogger saya tidak ada tulisan template nya

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 19 Agustus 2018 pukul 21.36

Sekarang kata template itu sudah diganti Blogger dengan kata Tema Wawan.

Balas
avatar
manguw 6 Desember 2020 pukul 10.34

terimakasih gan,membantu buat saya yang baru belajar blogging

Balas
avatar
Admin 2 Agustus 2021 pukul 12.24

Mas izin.
Kebijakan privasi itu apa yah?
Dan bgmna cara buatnya?
Makasih

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas