-->

Cara Praktis Merotasi Foto dengan CorelDraw

Selain anda ikuti cara mengubah ukuran dan cropping foto pada program grafis CorelDraw, sekarang anda juga bisa ikuti cara merotasi foto dengan program yang sama. Detail langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama siapkah dulu foto atau gambar yang ingin anda rotasi. Jika sudah, beginilah cara melakukannya.

Cara Mengedit Ukuran Foto dengan CorelDRAW

Carilah dimana foto anda tersimpan lalu klik kanan foto tersebut. Kemudian pilih Open with. Setelah itu klik pada CorelDraw. Pada contoh ini saya menggunakan CorelDraw X7. Tapi tutorial ini bisa untuk semua versi. Jika ikon shortcut Corel tidak muncul dengan cara ini, maka klik pada Choose default program. Setelah jendela Open with terbuka, cari ikonnya disitu. Jika disitu juga tidak ada, klik tombol Browse dan cari pada Program Files di Windows Explorer. Jika disana juga tidak ada, besar kemungkinan sebabnya karena program CorelDRAW belum terinstall pada komputer atau laptop anda. Karena itu silahkan anda install terlebih dulu. Setelah itu baru kembali lagi kesini.


Cara Mengedit Ukuran Foto dengan CorelDRAW

Beginilah tampilan foto anda saat terbuka di halaman kerja CorelDRAW. Selanjutnya kliklah foto tersebut 2 kali, sehingga tampilannya berubah menjadi seperti ini.



Cara Praktis Merotasi Foto dg CorelDraw

Nah tampak disekitar foto muncul lambang panah bolak balik.



Cara Praktis Merotasi Foto dg CorelDraw

Kemudian dekatkanlah kursor pinter anda ke salah satu sudutnya, sehingga kursor berbuah menjadi panah bolak balik seperti lingkaran. Itulah kursor untuk memutar atau merotasi objek.


Cara Praktis Merotasi Foto dg CorelDraw

Sekarang klik tarik (drag) kursor anda kekiri atau kekanan tanpa melepaskannya, sehingga fotonya menjadi berputar sesuai arah yang anda lakukan. Setelah yakin dengan posisi kemiringannya, maka baru lepaskan klk mouse anda.

Jika sudah, maka foto hasil editan ini sudah bisa anda simpan kembali ke komputer atau laptop anda. Tapi ingat. Menyimpannya bukan dengan cara Save as. Tapi adalah dengan sistem convert.


Cara Mengedit Ukuran Foto dengan CorelDRAW

Caranya klik dulu menu File. Kemudian pilih Export.
Cara Mengedit Ukuran Foto dengan CorelDRAW

Selanjutnya tentukan folder penyimpanan untuk foto anda (lihat no.1). Kemudian gantilah nama filenya sesuai keinginan anda (lihat no.2). Dan pada no.3, gantilah jenis ekstensi file gambarnya, sesuai kebutuhan anda. Terakhir baru klik tombol Save (no.4)  untuk mengakhirinya.
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas