QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Blog

: Rabu, Mei 25, 2016


Setelah anda pahami apa itu Daftar Isi, contoh serta manfaatnya jika ada pada sebuah blog, maka sekarang anda bisa ikuti cara membuatnya melalui tutorial dibawah ini.

Karena daftar isi itu terdapat pada sebuah halaman, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, membuat sebuah tulisan atau postingan yang isinya memuat daftar semua tulisan yang ada pada blog anda, baik melalui Entri Baru blog, maupun melalui Laman. Tapi tidak harus dengan cara manual satu demi satu. Pada contoh ini, saya membagikan tips cara membuatnya secara otomatis. Anda hanya perlu membuatnya satu kali. Setelah itu setiap postingan yang sudah terpublish, secara otomatis akan muncul pada halaman daftar isi tersebut. Begitu juga dengan postingan baru anda yang menyusul kemudian, juga akan langsung muncul disana begitu anda selesai posting. Tapi jangan lupa saat membuatnya, pilih mode input HTML, bukan mode Compose.

Contoh cara membuatnya adalah seperti ini:

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Blog

Buatlah sebuah postingan atau laman baru. Kemudian masukan script daftar isi seperti gambar diatas. Lalu publikasikan dan lihat hasilnya.

Meskipun isi postingan diatas hanya berupa script atau kode sederhana, tapi begitu anda selesai mempublish seperti gambar diatas, maka saat halamannya dibuka, maka yang akan tampil nanti adalah berupa judul-judul dari semua postingan anda, dalam bentuk link aktif, yang sudah dikelompokkan sesuai labelnya masing-masing.

Lalu apa kodenya?
Anda bisa contoh kode berikut, dengan catatan, jangan lupa ganti http://www.blogernas.com dengan alamat atau URL blog anda sendiri.

<script src='https://googledrive.com/host/0B98G1FAXz4hGbHhRRFB2b3poUXM'></script><script src="http://www.blogernas.com/feeds/posts/default?max-results=500&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

2 komentar

avatar

Keren gan saya juga mau buat untuk blog saya

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas