QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Perbedaan Valid Bog dengan Website

: Selasa, Maret 01, 2016

Disebut valid, karena umumnya ulasan perbedaan blog dengan website, tidak terbukti alias hanya mitos

Dari dulu, sejak pertama saya blogging di tahun 2010, hingga kini saya masih penasaran apa perbedaan mendasar antara blog dengan website. Banyak buku yang mengulas akan hal ini, sudah saya baca. Dan banyak blog dan website yang mengulas akan hal ini di internet, juga saya baca. Tapi hingga kini, saya belum menemukan jawaban yang memuaskan. Bahkan rata-rata tidak terbukti alias tidak valid. Bahkan web wiki sekelas Wikipedia pun, juga sama. Yang ditulis sebagai perbedaan, faktanya bukan perbedaan. Malah sebuah kesamaaan.

Sebagai contoh,
Inilah pengertian blog dan website bagi Wikipedia:

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web


Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

Tanggapan saya,
Jika website adalah halaman web yang saling berhubungan, apakah blog juga tidak terdiri dari halaman yang saling berhubungan? Jika website file-filenya diletakkan pada suatu server web, memangnya file file blog juga tidak demikian? Jika website dinyatakan bisa diakses dengan internet melalui sebuah URL, apakah blog juga tidak demikian?

Faktanya, jawaban untuk ketiga pertanyaan itu adalah sama.
Nah kalau sama, apakah itu suatu perbedaan?

Dari pengertian diatas, yang terbukti benar benar berbeda, hanya satu: Pada blog, postingan tersusun otomatis secara terbalik. Postingan atau tulisan yang paling update, selalu menimpa tulisan sebelumnya kebawah. Begitulah seterusnya. Sedang pada website, tidak. Halaman tulisan pada website, bukan seperti arsip pada blog. Tapi bisa ditempatkan di posisi yang diinginkan oleh author. Karena penekanan website, bukan pada content. Sedang pada blog, itu yang menjadi penekanan. Blog, adalah web berbasis content. Itu sebabanya, blog disebut juga dengan istilah CMS (Content Managemen System).

Lantas bagaimana dengan yang ditulis oleh banyak blogger?
Sejauh saya cermati sama. Yang ditulis sebagai perbedaan, faktanya adalah kumpulan persamaan antara blog dengan website. Selengkapnya tentang hal ini sudah saya tulis dalam satu tajuk: Kumpulan Mitos Perbedaan Blog dengan Website.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas