Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Cropping dan Fungsinya?

: Selasa, Maret 08, 2016

Pahami apa itu cropping dan fungsinya melalui tulisan ini. Lebih dari sekedar pengertian kamus. Ulasan, rinci dengan bahasa yang lugas padat

Cropping berasal dari bahasa Inggris. Terjemahan bahasa Indonesianya adalah tanam. Lalu apakah cropping artinya adalah menanam? Nah itulah kacaunya jika ingin memahami sebuah istilah berdasarkan terjemahan. Maka disinilah pentingnya tulisan ini. Betul?

Istilah cropping pada mulanya berasal dari dunia Fotografi. Karena tidak semua foto hasil jepretan itu bagus sesuai yang diharapkan. Karena itu perlu dipotong bagian-bagian yang dirasa mengganggu keindahan sebuah karya fotografi, agar tampilannya, menjadi lebih fokus, menarik dan artistik. Kemudian berkembang digunakan untuk kepentingan jurnalistik. Untuk media penerbitan seperti koran, tabloid dan majalah. Karena tidak semua bagian gambar diperlukan sebagai ilustrasi sebuah teks atau berita, maka akhirnya perlu dilakukan proses pengeditan terhadap sebuah gambar. Dan salah satu cara yang dilakukan adalah, dengan membuang pinggir gambar yang tidak begitu penting sebagai objek yang mendukung sebuah tulisan.

Waktu terus berjalan peradaban terus berkembang.
Maka kemudian cropping juga digunakan untuk mengedit gambar pendukung buku-buku kategori "how to". Buku-buku yang mengulas tutorial segala sesuatu. Terutama yang berkaitan dengan dunia IT. Dunia komputer dan internet. Tujuannya, agar tutorial yang dijelaskan, semakin bisa dipahami oleh pembaca dengan tepat. Agar uraian yang disajikan, tidak hanya berupa teks yang kering. Bahkan kini, cropping tidak hanya digunakan sabatas media cetak. Justru semakin menjamur di media elektronik atau internet. Gambar yang disajikan, bukan dalam bentuk print out. Tapi dalam bentuk tayangan pada screen monitor. Pada layar perangkat IT. Pada komputer, pada laptop dan pada mobile. Apalagi dengan maraknya aktivitas blogging, dimana yang menulis tutorial segala sesuatu yang berbau IT dan bisnis internet semakin banyak, maka croping kini sudah menjadi kebutuhan wajib. Sebuah tutorial, tidak akan bergizi dan mengundang minat baca para peselancar maya jika tidak diiringi gambar pendukung yang jelas dan relevan.

Jadi kesimpulan ringkasnya, cropping itu artinya adalah membuang atau memotong bagian tertentu suatu gambar. Lalu bagian mana yang dipotong? Bisa bagian samping kiri, samping kanan, atau bagian atas maupun bawah. Tergantung bagian mana yang ingin menjadi fokus sesuai kebutuhan dan kegunaannya.

Contoh:

Apa Itu Cropping dan Fungsinya?

Gambar original


Apa Itu Cropping dan Fungsinya?

Gambar hasil cropping samping kiri dan samping kanan


Lalu bagaimana cara memotong gambar seperti diatas?
Caranya bisa anda ikuti di halaman: Kumpulan Cara Mengcropping Gambar

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas