QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

blogernas Menembus Alexa 400rb 50 Hari

: Senin, Februari 22, 2016

blogernas Menembus Alexa 400rb 50 Hari


blogernas ini baru berusia 50 hari, tapi ranking Alexa global sudah menembus tangga 400 ribuan. Benar benar sebuah pencapaian diluar perkiraan saya. Padahal ibarat sebuah perjalanan panjang, ini masih langkah awal. Blog ini masih dalam tahap pembangunan. Hingga tulisan ini saya luncurkan, bongkar pasang template, masih terus berlangsung. Perbaikan disana sini juga masih dilakukan. Optimasi struktur template, SEO, loading dan desain tampilan, masih belum usai. Tapi kenapa laju pertumbuhan Alexa sudah begitu kencang?

Saya sendiri sebenarnya belum membidik soal ranking Alexa. Termasuk soal pengunjung. Yang saya pikirkan, baru bagaimana template blog ini, bisa mencapai taraf final. Final dari bebagai sisi. Setidaknya berdasarkan indikator yang saya ketahui. Mulai dari Sturktur Data testing Google, PageSpeed Insight, GTMetrix, CHKme, SEO checker, sampai Mobile-Friendly Test dan Responsinator mobile firendly. Kalau bisa, semuanya berhasil mencapai skor 100.

Meski cukup sibuk membenahi semua itu, saya tidak mengabaikan update konten. Bukan karena merasa terpaksa. Tapi karena saat melakukan pembenahan terhadap semua sisi itu, saya tetap diserbu ide ide postingan yang minta dilayani satu persatu. Itu sebabnya rata-rata setiap hari, atau minimal dua hari sekali, saya tetap meluncurkan 2 hingga 5 postingan secara beruntun (total saat ini baru 98 postingan). Tapi dalam menulisnya, saya tetap dalam konsentrasi penuh. Tetap saya menulis dengan sungguh-sungguh. Ekspolorasi setiap topik, tetap saya gali setajam yang saya mampu. Hasil akhirnya, tetap ide baru yang otentik dan segar. Terutama topik-topik yang bersifat gagasan, yang bersifat wawasan seputar blogging dan bisnis online. Sedang untuk tutorial blogging, meski tema yang sama sudah banyak ditulis oleh blogger lain, tapi dalam penyajiannya, saya tetap original. Tidak pernah saya melirik postingan blogger lain sebelum menuliskan semua itu. Semunya, murni lahir dari labor eksperimentasi blogging saya sendiri. Itu sebabnya gambar tutorial pendukungnya, real adalah screen shoot jejak perlakukan saya terhadap blog ini dari waktu ke waktu.

Disisi lain, setiap saya berkunjung ke Google Webmastertool, yang sudah ganti nama menjadi Search Console, selalu dilaporkan pertumbuhan kata kunci dari lalu lintas traffic blog ini. Artinya rata-rata setiap hari, selalu bertambah kata kunci baru yang menjadi pintu masuk pengunjung melalui halaman penelusuran Google. Dan saat saya uji, rata-rata dari daftar kata kunci itu memang sudah menampilkan blog ini di halaman pertama dan kedua Google. Ini juga diluar perkiraan saya.

Jadi apa sebenarnya yang membuat laju pertumbuhan ranking Alexa blogernas ini cukup kencang? Saya pikir sebabnya itu. Saya membangun blog ini dengan cinta. Bukan dengan alasan yang dicari-cari. Sehingga semua perlakuan saya atas blog ini, otentik. Bukan plagiat, bukan copas apalagi maling. Bukan pamrih bukan over acting dan bukan semua bukan bukan lainnya.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas