QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kapan Bisnis Google Adsense Itu Omong Kosong?

: Senin, Februari 22, 2016

Bisnis Google Adsense, memang sangat menggiurkan. Apalagi jika anda sudah membaca kisah sukses para Publishernya seperti Eka Lesmana. Tapi jangan lupa. Bagi anda bisa jadi itu hanya sebuah impian kosong. Kenapa?

Mari kita mulai.
Anggaplah anda sudah diterima sebagai Publisher Adsense. Lalu faktanya berapa dollar yang anda dapatkan dalam sebulan? Apalagi jika dihitung perhari. Apakah sudah cukup untuk membayar tagihan internet atau untuk beli pulsa jaringan anda dari bulan ke bulan? Jangan-jangan, belum sanggup untuk hanya membiayai rokok anda sehari-hari saat blogging. Faktanya, itu yang banyak terjadi. Melimpah para Blogger berbondong-bondong kerasukan melirik Google Adsense, bahkan juga sudah diterima. Tapi mereka, tidak mendapatkan apa-apa. Kecuali, hanya euforia binis online dengan vendor nomor wahid tersebut. Kecuali, hanya citra diri sebagai blogger yang sudah melakukan monetizing.

Kenapa itu bisa terjadi?
Kenapa fantasi dollar melimpah sebelumnya tidak menjadi kenyataan bagi mereka? Karena mereka, hanya para Blogger bermental pelacur. Bogger yang kesadarannya manipulatif. Yang mereka lakukan, hanya bermimpi ingin cepat kaya. Tapi usaha, minus. Kemauan dan kegigihan untuk belajar kurang. Yang dilakukan, hanya ingin mengejar syarat formal agar bisa tembus untuk mendaftarkan blog ke Google Adsense. Sesudahnya, blog mereka, tetap jadi kuburuan. Sepi tanpa pengunjung. Padahal kunci sukses maraih klik iklan bejibun, bahan dasarnya adalah, traffic melimpah. Dari mana? Dari mana lagi kalau bukan dari mesin pencari. Bagaimana dengan melalui situs jejaring sosial? Hanya setengah bisa. Karena konten blog anda nangkring menjarah pengunjung ke Facebook, nilainya sama dengan apa yang dilakukan pedagang asongan. Kalau tidak disodorkan, peluang pengunjung datang, sangat tipis. Karena kunci aliran traffic dari situs jejaring sosial, adalah pada sharing. Kuncinya sejauh mana anda gigih menshare link-link postingan anda kesana. Itu jika mereka yang berkumpul disana, memang berminat karena konten blog anda memang memikat. Jika tidak, tulisan anda akan tenggelam sendiri ditimpa aliran status dan kiriman para Sosial Networker yang selalu update status. Jika mereka sempat mampir ke blog anda, juga belum tentu mreka akan mengklik iklan. Karena mereka datang, bukan karena mereka memang ingin mencari. Tapi karena mereka memang anda cubit lewat fitur share. Jadi mereka, bukan tipologi pengunjung yang tertarget (selengkapnya baca: Apa Itu Pengunjung yang Tertarget?). Singkatnya, akhirnya anda akan lelah sendiri.

Jadi dari mana harapan besar anda terhadap aliran pengunjung?
Dari mana lagi kalau bukan dari mesin pencari. Dari search engine. Terutama dari Google. Tapi bagaimana caranya agar pengunjung banyak yang kesasar dari Google? Kuncinya tentu pada kekuatan SEO blog anda (baca: Apa itu SEO dan Fungsinya untuk Blog). Karena efek dari SEO itulah yang menyebabkan setiap pengunjung mencari kata kunci tertentu, blog anda yang ditampilkan oleh robot mesin pencari. Maka pertanyaan kemudian adalah, bagaimana cara untuk mengoptimalkan SEO blog Anda? Nanti akan saya bahas.

Inti yang ingin saya tegaskan disini adalah
Kunci sukses bisnis adsense itu adalah aliran pengunjung yang melimpah. Tapi bukan sembarang pengunjung. Tapi adalah pengunjung yang tertarget. Pengunjung yang memang relevan dengan konten blog anda. Pengunjung yang kesasar, yang hanya terpeleset mengklik judul tulisan anda di Google, tapi setelah sampai di blog anda, ternyata apa yang mereka cari tidak ada. Atau penyajiannya tidak memadai. Atau tipsnya tidak terbukti, maka mereka akan langsung kabur tanpa pernah kembali lagi. Maka pengunjung seperti ini, nyaris mustahil akan mengklik iklan Adsense anda alias anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Jadi yang menjadi soal setelah diterima sebagai Publisher Adsense, adalah bagaimana membangun traffic. Dan kunci traffic, adalah SEO. Lalu kunci dari klik, adalah konten yang memadai. Konten yang memadai, akan membuat pengunjung betah dan sering tidur di blog anda, sambil mousenya tak sadar mengklik iklan-iklan yang tersebar disana sini.

Sudahkah semua itu terjadi pada blog anda?
Berapa jumlah pengunjung anda perhari? Hanya 1000? Jangan-jangan hanya 100. Ingat rasio klik dengan total jumlah pengunjung. Rata-rata hanya maksimal 5% dari jumlah total pengunjung. Dan dari 5% yang mengklik, hanya sekian persen yang diakui sebagai klik unik oleh Adsense alias yang hanya mereka bayar. Karena klik yang tidak relevan dan tidak memenuhi standar kualifikasi, hanya merugikan pihak advertiser yang membayar tagihan atau deposit ke pihak adsense. Jadi jika blog anda pengunjungnya hanya 100 biji perhari, paling tinggi yang mengklik hanya maksimal 5 pengunjung. Dan dari 5 klik tersebut, yang dinilai sebagai klik unik, mungkin hanya 1 atau 2. Nah silahkan hitung sendiri, berapa penghasilan anda perhari.

Jadi kapan anda akan bisa meraup dollar hingga ribuan apalagi puluhan ribu perhari?
Tampar diri anda. Sadarlah. Berapa jumlah pengunjung perhari yang dibutuhkan untuk itu. Silahkan hitung sendiri. Apakah saya bermaksud untuk menakut-nakuti anda? Sama sekali tidak! Ini bukan kajian ilmu ghaib. Ini adalah algoritma. Disiplin ilmu berhitung alias matematika. Semua, ada algoritmanya. Ada sistem hitung-hitungannya. Bukan acak bukan sim salabim. Tidak ada mantra-mantra. Semua, terlacak dan terkakulasi secara matematis oleh aplikasi online dan robot digital secara otomatis. Ngaku-ngaku pengunjung 10 ribu perhari tidak bisa jika faktanya pengunjung anda hanya anda sendiri. Apalagi siapa yang mengklik iklan, tidak bisa dibohongi. Mereka yang bermental culas dan maling, main akal-akalan, cepat lambat akhirnya juga akan tereliminasi dan mati.

Sebagai kesimpulan, berhentilah melacur. Bangkitkanlah semangat blogging anda. Yang dimaksud dengan semangat blogging, adalah kecintaan anda dalam mengelola blog dengan sungguh-seungguh. Dari segala sisinya. Mulai dari desain tampilannya, SEOnya, loadingnya, dan lebih-lebih, kontennya. Jangan asal posting. Tulis dan bagikanlah sesuatu yang benar benar bermanfaat dan bisa dinikmati oleh pengunjung. Semua itulah yang akhirnya akan membuat robot jadi terkesima pada blog anda, lalu memberikan peringkat yang tinggi di hasil pencarian, yang ujung-ujungnya, pengunjung blog anda menjadi melimpah dan klik unik jadi bejibun.

Tapi jika tidak, jika anda malas dan tidak gigih belajar dan bercumbu dengan suka duka atas semua ini, tidak tabah menjalani semua trial errornya menjelang berhasil, maka lebih baik cabut saja script iklan adsense yang nampang di blog anda. Atau bunuh saja angan-angan anda untuk bergabung dengan Google Adsense. Karena percuma. Hanya memperberat loading blog saja. Apalagi itu iklan, menggunakan javascript (baca: Musuh Loading Blog Paling Berbahaya). Karena disaat seperti itulah bisinis Google Adsense, hanya omong kosong untuk anda.

2 komentar

avatar

Postingan ini ngeri-ngeri sedap mas .
hehehehe

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas