terbaru

Kupas Tuntas Pengertian Server dan Contohnya

: Senin, Desember 12, 2016

Kupas Tuntas Pengertian Server dan Contohnya


Pernahkah terpikir oleh anda kenapa anda bisa menonton video di situs Youtube? Apakah semua video yang anda tonton tersebut terdapat pada komputer, laptop atau perangkat mobile yang anda gunakan? Jika tidak, kenapa anda bisa menontonnya? Nah itulah jasa sebuah Server.

Jadi apa itu Server?
Gamblangnya adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu terhadap komputer lain dalam sebuah jaringan. Artinya apa yang terdapat pada sebuah komputer, bisa diakses oleh komputer lain dari jarak jauh. Kenapa itu bisa terjadi? Karena antar komputer tersebut saling tehubung melalui sistem jaringan. Sama dengan sebuah tangki air yang saling terhubung dengan beberapa kran. Maka setiap kran, dapat mengaliri air yang terdapat pada tangki tersebut. Maka dalam sistem jaringan, komputer yang berfungsi sebagai induk dari semua komputer lain, disebut sebagai server, dan komputer tersebut disebut dengan istilah komputer server. Karena pada komputer itulah semua data dan sistemnya terdapat. Sedang komputer lain yang mengaksesnya, atau semua komputer yang dilayani oleh komputer server tersebut, disebut dengan istilah klien atau komputer klien.

Lalu dengan jarak berapa sistem server-klien itu bisa bekerja?
Tergantung jenis jaringan yang digunakan. Jika sifatnya LAN (Local Area Network), maka jarak aksesnya tentu dalam sebuah ruangan. Sama dengan sebuah labor komputer pada sebuah ruangan. Tapi jika jenis jaringannya sudah internet, maka jaraknya, sudah tak terbatas. Bisa antar kota, antar negara bahkan benua.

Lalu apa contoh dari Server tersebut?
Misalnya pada sebuah labor komputer di sekolah, kampus dan perusahaan, maka komputer induk atau komputer instruktur dari semua komputer dalam satu ruangan tersebut disebut sebagai server. Karena semua kebutuhan komputer lain lengkap dengan sistemnya sudah tersedia pada komputer instrukur tersebut. Jika pada internet, contohnya sangat banyak. Tergantung jenis servernya. Misalnya server web, server data, server proxi, server mail dan seterusnya. Jika server web, maka contohnya dalah server Facebook, server Google dan seterusnya. Anda bisa mengakses Google, karena ada server Google yang menyediakan layanannya untuk anda dan siapapun yang mengakses situsnya. Semua yang terdapat pada halaman Google, tidak ada pada komputer anda. Tapi hanya terdapat pada komputer server Google. Tapi karena antara komputer anda sebagai klien terhubung melalui internet dengan komputer server Google, maka komputer anda jadi bisa menayangkan semua konten yang terdapat pada komputer server Google tersebut. Begitulah seterusnya dengan server banyak situs lain di internet.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger