QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Penilaian Robot Google terhadap blogernas

: Selasa, Maret 15, 2016

Penilaian Robot Google terhadap blogernas ini bisa sebagai studi perbandingan bagi anda. Bagaimana melihat peforma blog dimata robot Google. Dan ini, adalah kondisi SEO dari blog kita sendiri

Meskipun Google menganjurkan, agar setiap Blogger menulis untuk manusia, tapi jika robot mereka menilai sebuah blog bermasalah, maka aktivitas blogging juga bisa menjadi sia-sia dari sisi SEO. Karena efeknya, peringkat blog di mesin pencari Google, tidak akan naik. Bahkan yang paling parah, sebuah blog juga bisa dihapus, misalnya blog sudah terlalu banyak duplikat metanya. Apalagi jika sebuah blog sudah dijangkiti oleh malware karena ulah spammer.

Karena itulah saya berusaha selalu rajin memantau, bagaimana penilaian robot Google terhadap blogernas, terhadap blog ini. Dan pada kesempatan ini, saya bagikan hasilnya pada anda, bagaimana kondisi blog ini dimata robot Google. Terhitung tanggal 14 Maret 2016. Jika anda juga ingin melakukan hal yang sama, juga bisa. Anda tinggal buka Webmaster Tool Google, yang sekarang sudah ganti nama menjadi Search Console.

Baik sekarang mari kita lihat.
Sebenarnya robot Google sangat cermat dan kritis. Sehingga sebuah blog, dinilai dari berbagai sisi. Tapi pada kesempatan ini, saya hanya akan membagikan beberapa bagian saja.

Pertama tentang indeks Google
Ini yang paling mendasar untuk diintip. Jika blog tindak terindeks, maka tidak akan pernah muncul di halaman pencarian. Atau laju indeks sangat lambat, padahal postingan sudah banyak. Ini juga sebuah masalah. Aliran pengunjung dari search engine Google, akan menjadi sepi. Karena itulah saya selalu memantau bagian ini.

Penilaian Robot Google terhadap blogernas

Pada gambar ini tampak, total konten blogernas, sudah terindeks 201 halaman. Padahal konten blog ini, baru 150 postingan. Sebab lebih dari jumlah konten, karena saya mengirimkan beberapa file sitemap dengan versi yang berbeda. Tampak grafiknya naik sangat tajam. Itu artinya, laju indeks blog ini, bagus. Yang jelas, hingga hari ini. Jika grafiknya mulai turun, itu tanda bahwa laju indeksing blog ke database Google sedang bermasalah. Jika itu terjadi, saya harus meninjau, apakah robot kesulitan atau tidak bisa merayapi halaman blogernas. Jangan-jangan, ada laman blog ini yang terblokir. Ibaratnya, ada larangan masuk untuk dirayapi. Karena itulah, saya selalu melihat bagian dibawah ini.


Penilaian Robot Google terhadap blogernas

Ternyata angkanya nol. Artinya, tidak ada halaman yang tidak bisa dirayapi robot Google. Semuanya, bisa dimasuki. Jika ada, tentu halaman tersebut tidak akan pernah terindeks dan efeknya, tidak akan pernah muncul di halaman penelusuran Google.

Kemudian sejalan dengan ini, ada juga halaman yang bisa dirayapi oleh robot, tapi didalamnya ada link yang error. Baik link antar halaman atau inter lingking, maupun link keluar dari blog sendiri. Maka itu juga sebuah masalah, walaupun tidak separah yang diatas. Artinya, robot menemukan bahwa ada URL yang salah. Karena itulah saya juga selalu memantau kondisi link pada blog ini.


Penilaian Robot Google terhadap blogernas

Nah ternyata robot Google menjawab. Tidak ada kesalahan yang terdeteksi dalam 90 hari terakhir. Bagus! Jika ada, maka link tersebut harus segera saya perbaiki. Termasuk jika ada postingan dan komentar yang pernah dihapus. Itu juga akan dirayapi robot sampai penghapusan cache atau cookisnya terjadi. Tapi catatan kesalahan itu, akan tetap muncul pada bagian diatas. Maka itu juga harus saya benahi. Saya harus menghapus laporannya, agar bagian diatas, tetap kosong dari kesalahan. Karena jika tetap dibiarkan, robot kadang kilaf (hahaha). Dia pikir blog saya blog yang bermasalah.

Selanjutnya yang saya juga ingin ketahui adalah, sejauh mana keberhasilan blogernas sebagai penyedia konten, digemari oleh pengunjung. Dan puncak dari kegandrungan itu, biasanya mereka akan mencantumkan link suatu blog dengan sukarela bahkan tanpa diketahui oleh admin blog tersebut. Itulah yang disebut dengan backlink natural. Bukan didapat dengan cara memburunya kemana-mana. Justru memburu backlink, sangat rawan dinilai robot sebagai spamming link. Dan itu, bisa menurunkan peringkat blog di mesin pencari.

Sekarang mari kita lihat gambar dibawah ini.


Penilaian Robot Google terhadap blogernas


Ternyata robot Google menjawab, bahwa ada sebanyak 1.287 link yang mengarah ke blog ini. Artinya itulah backlink yang diperoleh blog ini secara cuma-cuma. Bukan 1 lawan 1 secara bolak balik seperti permainan saling tukar link. Saya sendiri, benar benar kaget kenapa jumlahnya sebanyak itu, tanpa pernah saya tahu sebelumnya. Entah apa dosa blog ini sehingga dibanjiri backlink sebanyak itu. Tapi apakah semua itu dinilai Google sebagai berkualitas atau tidak, saya tidak tahu dan tidak memikirkannya.

Nah terakhir yang selalu saya intip adalah, bagaimana lalu lintas pengunjung atau traffic blogernas. Apakah sibuk atau sepi. Apakah sudah ada pengunjung yang kesasar dari search engine Google atau belum. Lalu melalui kata kunci apa saja mereka kesasar. Karena itulah bagian ini sangat penting untuk dipantau secara berkala, sebagai bukti dari kerja blogging, mulai dari SEO sampai dengan rutinitas update postingan.


Penilaian Robot Google terhadap blogernas

Nah ternyata, total klik blogernas sudah 475 selama 28 hari terakhir. Angka itu unik. Artinya yang diakui robot dari satu IP adress koneksi internet. Secara terbalik artinya, jika pengunjung sudah lebih dari 1 kali mengklik tulisan suatu blog yang muncul di halaman Google, maka klik tersebut tidak akan dihitung lagi. Karena klik kedua dan seterusnya, berasal dari IP yang sama. Artinya, selama lebih kurang 1 bulan terakhir, jumlah pengunjung unik blogernas dari halaman Google sudah sebanyak 475. Bagi saya, ini sebuah pencapaian yang sudah luar biasa, dengan usia blogernas yang hingga hari ini masih 2,5 bulan.

Tapi anda jangan percaya dulu pada penilaian robot Google, sebelum membandingkannya dengan Penilaian Robot Alexa terhadap blog ini.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas