Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Crop Foto secara Online di Situs LunaPic

: Minggu, Maret 13, 2016

Tulisan ini menjelaskan tentang cara crop foto secara online melalui layanan gratis di situs LunaPic. Setiap langkah disertai gambar tutorial yang jelas.

Selain bisa cropping foto secara online di situs Fotor dan Resize, anda juga bisa melakukannya di situs LunaPic. Layanannya juga gratis dan caranya juga hampir sama. Anda tinggal upload foto anda kesana, lalu mengcropnya secara langsung. Detail caranya bisa anda ikuti seperti langkah berikut:

Pertama siapkan dulu foto yang ingin anda crop. Setelah itu silahkan anda buka situs resminya di http://www124.lunapic.com/. Setelah halaman depannya terbuka, cari fitur upload fotonya. Contohnya seperti gambar ini.


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Sekarang kliklah tombol BROWSE


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Kemudian cari dan kliklah foto yang ingin anda crop. Selanjutnya klik tombol Open. Lalu tunggu sampai proses upload selesai, sampai gambarnya muncul.


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Beginilah tampilan default begitu foto anda berhasil diupload. Akan tampak ada frame dengan graris putus-putus, yang di setiap sisi dan sudutnya, ada handel yang bisa ditarik-tarik untuk mengatur jarak atau luas framenya. Nah bagian dalam dari frame itulah yang akan tinggal sebagai objek. Sedang  bagian luarnya, akan hilang atau terhapus. Pada no.3 tampak berapa lebar dan tinggi frame croppingnya. Anda bisa ganti ukuran tersebut seseuai kebutuhan anda.

Gambar diatas, adalah model cropping default. Yaitu shape Rectangle. Jika anda ingin bentuknya selain itu, maka anda tinggal ganti model bidang croppingnya pada bagian Select Crope Shape tepat diatas foto diatas. Pada contoh ini, saya pilih model shape Circle atau lingkaran (lihat no.2). Maka begitu saya selesai mengklik gambar lingkaran putih diatas, halaman ini akan langsung reload dan pada fotonya akan langsung muncul frame lingkaran.


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Jika posisi framenya belum tepat pada posisi yang anda inginkan, anda bisa menggeser kursornya dengan cara klik tarik (drag). Jika anda sudah yakin, maka selanjutnya tinggal klik tombol Crop.


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Nah inilah hasil akhirnya. Tampak foto tersebut sudah dalam format lingkaran. Sedang bagian luarnya, sudah hilang. Jika anda merasa kurang puas dengan hasil ini, anda masih bisa mengeditnya tanpa melakukannya dari awal. Cukup anda kembalikan ke langkah sebelumnya. Caranya tinggal klik Undo this effect (lihat no.1). Jika rasanya sudah pas, maka baru klik tombol Save (lihat no.2)  untuk menyimpannya ke komputer atau laptop anda. Atau bisa juga klik salah satu link yang tersedia dibawah foto diatas. Misalnya anda ingin langsung mensharenya ke Facebook, Imgr, dan seterusnya. Jika yang anda pilih Save, maka beginilah yang akan tampil.


Cara Crop Online Foto di Situs LunaPic

Selanjutnya kliklah tombol Save File dan klik tombol OK. Maka fotonya akan langsung tersimpan ke komputer anda.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas