QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100

: Senin, Februari 15, 2016

Apakah blog untuk menembus score PageSpeed Insight Google hingga 100/100 itu mustahil? Baik untuk screen monitor versi desktop maupun untuk versi mobile? Selain speed loading sekaligus juga full responsive alias ramah dibuka dengan HP? Dulu saya pikir iya. Karena itu adalah skor yang sempurna. Tanpa cacat. Jadi mana mungkin. Apalagi saya, bukan seorang pakar web dan coding secara akademis. Sehingga berhasil mencapai sekedar melewati batas standar, dengan score diatas 80, rasanya sudah cukup dan sudah memuaskan. Tapi hari ini, kemustahilan itu berubah menjadi mukjizat. blogernas, blog ini, berhasil sudah menembus skor 100/100 untuk keduanya.

Sekarang mari kita lihat gambar dibawah ini.

Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100/100

Ini adalah skor kecepatan loading blogernas untuk versi Desktop: 100/100. Tidak ada lagi masalah yang terdeteksi.


Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100/100

Dan ini adalah skor responsive template blogernas untuk versi mobile. Juga 100/100. Tidak ada lagi masalah jika blog ini dibuka dengan HP. Yang artinya, blog ini sudah mobile friendly.

Dan dibawah ini hasil pengujian yang saya lakukan dengan Mobile-Friendly Test yang juga masih milik Google. Beginilah tampilannya

Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100/100

Tampak, tak ada lagi bagian yang terpotong seperti sebelumnya. Button scroll horizontal, sudah tidak ada lagi. Karena seakan tak percaya, akhirnya juga saya uji dengan situs Responsinator. Beginilah tampilannya.


Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100/100

Wah .... luar biasa. Jernih dan full responsif.
Tapi semua alat ukur ini, baru dinilai oleh robot. Robot responsive checker. Tapi benarkah tampilannya juga seperti itu saat dibuka dengan ponsel? Akhirnya saya juga buka blog ini dengan HP saya. Samsung Galaxy J1 S. Ternyata, sama. Persis. Dan loadingnya, sangat kencang, tanpa kedip. Dan semua fitur dan bagiannya, juga sudah berfungsi. Mulai dari halaman post, daftar isi, komentar, sampai dengan spoiler yang ada di sidebar. Ringkasnya, sudah tidak ada masalah lagi.

Apakah saya sudah puas sampai disitu? Belum.
Sebelumnya, saya pernah membaca dari support Google sendiri tentang ciri blog yang sudah responsive selain indikator diatas. Saat blog tersebut disearching dengan HP, maka di halaman penelusuran muncul label: Mobile Friendly tepat dibawah nama dan URL blog tersebut. Maka saya pun juga mencoba googeling menggunakan kata kunci blogernas. Lalu inilah yang saya temukan.

Skor PageSpeed Insights blogernas Full 100/100

Ternyata sudah muncul tulisan mobile friendly untuk blogernas di halaman penelusuran.
Maka genaplah sudah, perjuangan saya untuk template blog ini dari yang sebelumnya amburadul di versi HP, kini menjadi full responsif. Dari yang dulu kecepatannya hanya berkisar pada skor 82-84, kini sudah menjadi 100. Hanya dengan modal, sedikit baca-baca panduan dari Google, dan banyak uji coba sendiri.

Apa persinya yang saya lakukan hingga ini bisa terjadi?
Nanti akan saya bongkar satu persatu secara bertahap. Bagi anda yang sudah tidak sabar, dan sekaligus ingin mencicipi hasilnya persis seperti blog ini, download langsung templatenya disini: blogernas Template Fast SEO Valid 100% Full Responsive

6 komentar

avatar

Makasih mas Firan sudah mampir

Balas Hapus
avatar

trus cara memperbaikinya bagaimana ? mohon solusinya karena sudah banyak tips saya coba belum berhasil

Balas Hapus
avatar

Solusi untuk apanya mas, untuk mobile responsif atau untuk speednya?

Balas Hapus
avatar

blog saya cuma 99/100 versi mobile dan 99/100 versi desktop, susah klo 100/100, cek aja www.gudangdriver.net

Balas Hapus
avatar

99% itu sudah tinggi itu Tyo

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas