QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Beberapa Perawatan Penting untuk Blog Anda

: Kamis, Februari 18, 2016

Ibarat tanaman, begitu dia tumbuh, anda harus memantau perkembangannya dari waktu ke waktu. Apakah ada yang sudah layu sebelum berkembang, bahkan mungkin juga ada yang mati dan sebagainya. Begitu juga dengan blog anda. Begitu selesai posting dan posting, anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Karena memelihara blog, juga sama dengan memelihara tamanam kesayangan anda. Jika luput dari perhatian anda, jangan kaget, jika suatu ketika pertumbuhan blog anda tidak sesuai harapan. Jika tiba-tiba, pengunjung blog anda turun drastis. Bahkan mungkin lebih dari itu, misalnya blog anda dihapus oleh Google karena ada kesalahan fatal diluar dugaan anda. Karena itu, mari kita lanjutkan ke paragraf berikut.

Secara gamblang, perawatan ini saya kelompokkan menjadi 2 bagian:

Pertama: Perawatan untuk Akses Pengunjung

1. Cek Postingan Blog Anda

Sesekali, disaat senggang atau lagi malas menulis, dari pada bingung, lebih baik anda cek setiap postingan anda dari awal sampai akhir. Jangan-jangan, banyak masalah pada setiap halamanya diluar dugaan anda. Misalnya, susunan kalimat, pilihan kata dan penulisan huruf yang tidak tepat. Atau ada link yang error dan link yang malah sudah mati. Baik link yang mengarah ke postingan anda yang lain, apalagi link yang mengarah keluar dari blog anda. Termasuk juga dengan gambar. Apakah ada gambar yang tidak muncul lagi previewnya, atau ukurannya tidak sesuai harapan, terlalu kecil atau justru sudah melabrak lebar halaman posting atau main. Singkatnya, periksa semuanya sebisa anda. Karena semua ini, sangat besar pengaruhnya pada pengunjung anda. Jangan-jangan, pengunjung anda sudah lama jengkel dengan blog anda karena hal ini.

2. Cek Sistem Navigasi Blog Anda

Ini sangat penting untuk kemudahan pengunjung berselancar di blog anda. Bayangkan ketika anda selesai membaca sebuah postingan di sebuah blog. Anda tidak menemukan link internal dalam tubuh tulisan. Dibawah tulisan tersebut, juga tidak ada related post. Sedang di sidebar, hanya tampil beberapa label yang tidak relevan dengan topik yang sedang anda baca. Dilihat daftar isi, juga tidak ada. Akibatnya, anda langsung cabut dari blog tersebut. Itulah efeknya jika sistem navigasi pada blog anda tidak beres alias amburadul. Pengunjung, menjadi tidak betah. Karena itu sesekali, disaat senggang atau tidak ada ide untuk menulis, alihkan untuk memeriksa sistem tautan di blog anda. Apakah sudah tersedia dengan maksimal, dan apakah sudah bekerja semuanya tanpa error.

3. Cek Semua Gambar dan Video Anda

Meskipun ini tampak remeh, tapi hal ini juga sangat besar pengaruhnya bagi pengunjung. Gambar dan video, untuk konten tertentu, adalah sangat vital. Misalnya blog anda isinya tutorial segala sesuatu. Atau informasi, promosi dan penjualan produk. Tapi gambar pendukungnya, tidak ada atau kurang lengkap. Apalagi jika tidak muncul. Ini sering terjadi diluar perkiraan. Kita sudah mempublish sebuah konten lengkap dengan gambarnya. Tapi tanpa kita tahu kemudian, gambar dan videonya tidak muncul lagi. Sebabnya bisa jadi link imagenya sudah mati. Atau filenya sudah dihapus di server tempat foto itu tersimpan. Karena itu cek lagi. Sebelum pengunjung blog anda, mengoceh: "Blog apaan. Isinya tutorial, tapi gambarnya tidak ada. Videonya juga tidak jalan."

4. Tinjau ulang desain tampilan blog Anda

Diawal blogging, mungkin anda sudah puas atau sudah lelah menata tampilan blog sehingga akhirnya anda biarkan begitu saja. Lalu akhirnya beralih memperkaya konten blog. Tapi bukan berarti bahwa semua itu sudah final. Maka disaat senggang gunakan itu sebagai kesempatan untuk meninjaunya kembali. Apakah pengaturan bidang, elemen, kombinasi warna, model dan besar huruf dan seterusnya, sudah sesuai untuk kenyamanan pengunjung. Meskipun hal ini tampak remeh, tapi juga besar pengaruhnya. Bayangkan jika blog anda font yang digunakan justru membuat paragraf postingan anda tampak ribet. Bayangkan jika jarak antar baris terlalu rapat atau terlalu jauh. Bayangkan jika kombinasi warnanya norak. Dan masih banyak lagi. Periksa dan yakinkan bahwa semua itu sudah mantap, agar penunjung anda, betah berlama-lama di blog anda.


Kedua: Perawatan untuk Akses Robot Pencari (SEO)

Selain memikirkan pengunjung, pikirkan juga aspek SEO blog anda. Apakah blog anda bermasalah saat dirayapi oleh bot mesin pencari, terutama oleh robot Google. Lalu apa yang harus anda cek berkaitan dengan ini?

1. Cek struktur dan kesehatan blog anda

Apakah struktur template blog anda sudah benar sesuai standar sistem web. Misalnya apakah bagan-bagan scriptnya tidak tumpang tindih. Apakah setiap halaman sudah menampilkan author dan tanggal updatenya. Apakah robot mesin pencari tidak kesulitan merayapi semua halaman postingan. Apakah tidak terjadi duplikat konten dan deskripsi. Atau apakah tidak terdetect oleh robot sama sekali. Misalnya heading title dan deskripsi blog, hilang. Dan masih banyak lagi. Semua ini sangat vital untuk SEO blog anda, yang akibatnya, peringkat blog anda di halaman pencarian, apalagi di Google, menjadi tidak pernah naik bahkan merosot, yang ujung-ujungnya, blog anda jadi sepi dari kunjungan.

2. Cek loading blog anda

Bayangkan jika anda kesasar ke sebuah blog yang loadingnya sangat lama. Biasanya anda akan langsung meninggalkan blog tersebut. Begitu juga saat robot search engine berkunjung ke blog anda. Ketika halaman blog anda tidak berhasil diakses oleh robot, maka dia akan langsung balik kanan dan melaporkan ke Webmaster, bahwa halaman tersebut bermasalah. Bayangkan jika rata-rata setiap halaman posting blog anda yang dirayapi oleh robot mesin pencari kondisinya sama. Maka citra blog anda, akan buruk di mata mesin pencari. Efeknya, peringkat blog anda, menjadi rendah di halaman pencarian search engine. Akibatnya, peluang untuk mendapatkan pengunjung yang melimpah, menjadi berkurang bahkan mungkin anjlok. Jadi loading blog, bagai pisau mata dua. Efeknya, saling berhubungan antara untuk pengunjung dengan untuk SEO (robot search engine).

3. Cek skor SEO blog anda

Betapapun banyaknya anda menulis postingan tiap hari tanpa kenal lelah, tapi jika score SEO blog anda terlalu buruk alias fatal error, maka efeknya tidak akan pernah peringkat blog anda menjadi tinggi di halaman pencarian search engine. Karena itu sesekali, cek lagi skor SEO blog anda. Pastikan semua indikator SEO blog anda, sudah lulus pengujian. Misalnya apakah title dan deskripsinya sudah benar. Benar dalam arti apakah sudah terdetek keberadaannya oleh robot. Ini erat kaitannya dengan penulisan meta dan tag heading di halaman template blog anda. Cukup banyak yang harus anda cek berkenaan dengan masalah yang satu ini. Yang jelas, cek dan ricek semuanya kembali.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas