Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

: Rabu, Januari 13, 2016

Sebelum anda mengikuti tutorial ini,
Sebaiknya baca dulu: Apa itu Feedburner dan Apa Fungsinya
Jika sudah, mari kita lanjutkan
Bagaimana cara mendaftarkan blog ke situs Feedburner

Pertama silahkan anda kunjungi situs resminya di: www.feedburner.com
Maka setelah situsnya terbuka, akan langsung tampil halaman login seperti ini:


Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Kenapa seperti form login gmail atau akun Google? Karena Feedburner ini memang milik Google. Jadi data loginnya juga sama. Jika anda sudah login ke gmail, atau ke blogger, maka user name anda akan langsung tampil seperti gambar diatas. Anda tinggal masukan password. Setelah itu, klik tombol Masuk.



Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Setelah berhasil login dan halaman feedburner anda terbuka, maka anda akan diberi 2 pilihan. Pertama untuk mengklaim feed situs anda atau langsung memburning feed blog anda. Pada contoh ini, saya melakukan pilihan yang kedua. Karena itu masukanlah alamat atau url blog anda pada kotak pertama, baik alamtnya TLD, seperti alamat blog ini, maupun yang masih sub domain blogspot. Dan centang pilihan I am a podcaster. Lalu klik tombol Next.



Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Selanjutnya pilihlah jenis feed yang anda inginkan untuk blog anda. Pada contoh ini, karena blog ini menggunakan engine blogger.com, maka saya mengklik pilihan yang ketiga.  Pilihan ini bisa anda edit jika ternyata tidak sesuai keinginan anda dengan berbagai pertimbangan (caranya bisa anda ikuti disini: Cara Mengganti Jenis Feed Blog di Feedburner). Selanjutnya kliklah tombol Next.



Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Selanjutnya akan terbuka form untuk menentukan title dan alamat atau URL feedburner blog anda. Pada no.1 isilah dengan nama blog anda. Kemudian pada no.2 isilah dengan nama yang sama, sehingga alamat feedburner anda akan sejalan dengan nama blog anda. Misalnya nama blog anda blogernas, maka alamat feedburnernya adalah http://feeds.feedburner.com/blogernas. Tentu saja kesannya jadi lucu dan tidak professional, jika nama blog anda blogernas, tapi alamat feedburnernya adalah: http://feeds.feedburner.com/tutorialblog. Jadi pada kotak no.2 pastikan isinya sesuai dengan nama blog anda. Kecuali jika alamat tersebut, sudah tidak tersedia alias sudah diambil orang lain, maka baru anda tambahkan keterangan lain, misalnya menjadi http://feeds.feedburner.com/blogernas.com. Atau dan tambahan lainnya.


Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Jika alamat feedburner yang anda masukan tidak tersedia, maka akan muncul tampilan seperti ini. Karena itu anda harus cari alamat lain yang masih tersedia.

Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner

Jika alamat tersebut masih tersedia, maka akan muncul tampilan seperti ini. Contoh diatas adalah alamat feedburner blog ini. Jika alamat tersebut diklik, maka akan terbuka halaman feedburner blog ini. Contonya seperti ini.



Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner


Jika sudah sampai seperti ini, itu artinya anda suda berhasil mendaftarkan blog anda ke situs Feedburner. Dan feed blog anda, sudah selesai diburning. Lalu apakah tugas anda sudah selesai sampai disini? Belum. Halaman feedburner seperti ini, meskipun isinya hanya tampil berupa cuplikan singkat, masih bisa dicopas oleh para pencuri konten. Masih menggoda mereka untuk menggunakannya sebagai kenderaan SEO. Untuk mengelebui robot mesin penari dan pembaca demi traffic dari halaman mesi pencari. Apalagi jika halaman feedburner anda masih tampil utuh mulai dari judul sampai dengan batang tubuh tulisan, bahkan lengkap dengan semua gambarnya (pelajari cara mempersingkatnya melalui pengaturan feed di dasbor blogger anda). Karena itu agar konten anda benar benar aman, tampilkan halaman feedburnernya hanya berupa judul saja. Caranya? Mari kita lanjutkan: Cara Agar Feedburner hanya Tampil Judul Saja.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas