QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya

: Selasa, Januari 19, 2016

Secara bahasa, feed adalah kata lain dari umpan dalam bahasa Indonesia. Umpan disini, bukan umpan berupa cacing untuk memancing ikan. Tapi adalah umpan situs atau umpan blog. Fungsi feed ini adalah, agar setiap update konten, bisa ditangkap pembaruannya secara otomatis oleh situs situs agregator kedalam database mereka. Untuk akhirnya, juga disebarkan ke publik yang lebih luas. Cotohnya ke mesin pencari, ke fitur langganan via email dan seterusnya. Lalu alat untuk mengumpulkan setiap umpan tersebut yang terkelola dalam sebuah sistem, disebut dengan istilah RSS (Really Simple Syndication).

Jika anda seorang Blogger, maka Feed RSS ini tidak akan terelakkan.
Kecuali jika anda adalah tipologi blogger lugu, yang hanya sibuk posting seperti layaknya menulis offline di Ms.Word. Atau blogger copas dan terus hanya sibuk mengcopas. Tidak tahu dan tidak peduli akan pernah pernik blogging kecuali hanya menulis begitu saja. Padahal jika anda tahu, memahami blogging, sama artinya dengan memahami sebuah jejaring internet yang teramat luas. Termasuk soal Feed blog. Dengan adanya halaman feed, sebuah blog bisa diindeks oleh mesin pencari lebih optimal. Anda bisa menyuguhkan langsung umpan situs atau blog anda ke robot mesin pencari. Inilah yang dilakukan saat mengirim file sitemap ke Webmaster search engine, baik ke webmastertool Google, maupun ke webmastertool search engine lainnya.

Selain itu, dengan adanya halaman Feed blog, anda juga bisa mempromosikan blog anda ke pengunjung yang lebih luas. Karena fitur berlangganan via email yang terkirim secara otomatis ke email, hanya dimungkinkan melalui halaman feed sebuah blog.

Bahkan dengan adanya Feed ini juga anda bisa melakukan ping secara otomatis setiap anda selesai update konten di blog anda. Tanpa anda urus dan lakukan secara manual satu persatu. Baca caranya disini: Cara Melakukan Ping Blog Otomatis dengan Feedburner.

Lalu apa yang membedakan halaman Feed dengan halaman blog seperti biasa?
Pada halaman tampilan blog, semua bagian dari batang tubuh template anda, ditampilkan. Sedang pada halaman Feed, yang ditampilkan, hanya kontennya saja. Tanpa header, tanpa sidebar dan tanpa footer. Contoh perbedaannya seperti ini:


Tampilan Halaman Blog

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya




Tampilan Halaman Feed

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya


Selain soal tampilannya, path file keduanya juga berbeda. Path file dari tampilan blog adalah html, sedang halaman feed adalah XML. Begitu juga dengan URLnya (baca: Apa yang Dimaksud dengan URL blog?). URL blog, identik dengan alamat domain sebuah blog. Misalnya URL blog ini adalah http://www.blogernas.com. URL ini mengacu pada halaman home atau file indeks dari blog ini. Sedang URL Feed blog ini, adalah http://feeds.feedburner.com/blogernas. URL Feed ini tidak mengacu ke halaman home blog ini. Tapi adalah sebuah halaman umpan. Isinya hanya berupa potongan-potongan dari konten blog ini, seperti terlihat pada gambar diatas, atau juga bisa anda lihat langsung DISINI untuk membedakannya.

Sebagai kesimpulan, URL Feed blog, artinya adalah sebuah alamat file-file feed dari blog anda. Tempat dimana umpan-umpan blog anda tersimpan. Nah tentang hal ini, apakah anda sudah tahu? Tentang URL Feed blog anda sendiri? Jika belum, pelajari DISINI cara mengetahuinya.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas