QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu FeedBurner dan Manfaatnya untuk Blog

: Minggu, Januari 31, 2016

FeedBurner adalah situs penyedia layanan gratis milik Google untuk mengelola halaman feed blog atau web. Dengan layanan inilah halaman feed sebuah blog bisa diburning. Yang artinya dikonvert dan dalihkan agar bisa dikelola lebih optimal. Baik untuk meningkatkan efek SEO maupun untuk keluesan akses pengunjung melalui beragam jenis perangkat. Karena feedburner lebih mendukung untuk itu ketimbang hanya dengan feed bawaan sebuah blog.

Dengan Feedburner, sebuah blog bisa membuat fitur berlangganan via email. Lalu memantau berbagai hal terkait dengan lalu lintas pengguna langganan tersebut, misalnya berapa jumlah pelanggan perhari, perbulan dan jumlah totalnya. Termasuk bisa diketahui siapa yang sudah berlangganan, email yang sudah terdaftar, bahkan siapa yang akhirnya berhenti berlangganan. Begitu juga konten apa yang paling banyak diminati dari isi blog anda. Dan masih banyak analisa statistik lainnya.

Dengan Feedburner, sebuah blog bisa melalukan ping secara otomatis ke Google tanpa harus diurus secara manual, sehingga seorang Blogger, tidak perlu lagi mengurus masalah ping atau submit konten satu persatu secara manual ke Google setiap selesai update konten. Dengan cara ini maka SEO off page sebuah blog, menjadi meningkat tanpa diurus.

Bahkan melalui Feedburner konten sebuah blog juga bisa dishare secara otomatis ke Twitter dan Facebook sekaligus secara otomatis. Tanpa diurus. Setiap selesai meluncurkan sebuah postingan, maka serentak kemudian postingan tersebut juga terkirim ke situs sosial network populer tersebut tanpa disadari.

Selain itu dengan layanan Feedburner ini sebuah blog bisa membatasi hak akses situs agregator liar yang kerjanya hanya mencuri konten blog dengan sewenang-wenang melalui sistem Auto Generate Content (AGC).

Ringkasnya, Feedburner bukan hanya sebuah asesories seperti kebanyakan widget atau plugin tambahan untuk kemeriahan sebuah blog. Tapi adalah untuk optimasi blog dalam hal SEO, promosi dan security konten.

Lalu bagaimana caranya agar blog anda bisa mendapatkan semua manfaat diatas? Tentu saja syarat pertama blog anda harus terdaftar disitus resmi Feedburner, kemudian baru melalukan berbagai pengaturan di halaman dasbor Feedburner anda. Langkah awal ini bisa anda ikuti di: Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner.




Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas