-->

Pengertian Warna Kontras dan Contohnya

Pengertian Warna Kontras dan Contohnya

Kontras termasuk salah satu jenis dari kombinasi warna. Warna pada dirinya sendiri, tidak pernah disebut sebagai kontras, serasi dan netral. Karena yang disebut dengan kontras atau tidak, adalah ketika sebuah warna disandingkan dengan warna lain. Untuk memahaminya sangat mudah.

Secara bahasa, kontras artinya adalah perbedaan yang mencolok. Lalu apa yang membuat perbedaan itu tampak mencolok? Ketika 2 hal yang disandingkan berasal dari 2 kutub yang berbeda. Misalnya tinggi dengan rendah, jauh dengan dekat, besar dengan kecil dan seterusnya. Begitu juga dengan warna. Bila mengacu pada lingkaran warna dasar Brewster, maka pasangan warna yang posisinya saling berhadapan, disebut dengan pasangan warna kontras. Tapi mereka menjadi pasangan yang kontras, bukan hanya karena ditempatkan secara berlawanan pada lingkaran warna. Tapi memang spektrum cahaya atau pigmen yang membentuknya, memang jauh berbeda. Itulah yang membuat huenya jauh berbeda. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Pengertian Warna Komplementer dan Contohnya


Seperti gambar diatas, tampak posisi pasangan warna kontras adalah saling berhadapan.


MERAH dengan HIJAU
KUNING dengan UNGU
BIRU dengan ORANGE


Mungkin timbul pertanyaan bagi anda. Jika demikian yang dimaksud dengan warna kontras, lantas apa bedanya dengan warna komplementer? Jawabannya adalah sama. Perbedaannya, hanya pada cara memahami hubungannya. Jika yang dimaksud adalah bentuk kerjasama antar warna, maka itu disebut dengan Komplementer, yaitu hubungan saling melengkapi. Tapi jika yang dimaksud adalah perbandingan antar warna, maka itu disebut dengan warna kontras, karena antar warna tersebut, tampak begitu berbeda. Huenya tampak saling berlawanan.
4 komentar
avatar
panca 27 Juni 2017 pukul 18.13

kurang mengerti dan kurang jelas bagi orang awam

Balas
avatar
Andi Uthy 19 Juni 2018 pukul 22.35

Trima kasih, materi ttg warna sangat membantu kami

Balas
avatar
Unknown 7 April 2021 pukul 12.58

oh brti intinya warna kontras adalah 2 warna yang disandingkan namun keduanya amat berbeda sehingga timbulah efek yang mencolok

Balas
avatar
Unknown 21 Maret 2022 pukul 13.15

TERIMAKASIH MIN. INFO SANGAT MEMBANTU

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas