terbaru

Kelebihan Tema Baru Bawaan Blogger 2017

: Minggu, Mei 21, 2017

Kelebihan Tema Baru Bawaan Blogger 2017



Berikut beberapa kelebihan Tema atau Template baru bawaan blogger 2017 sejauh yang saya temukan dan uji sendiri dari beberapa sisi.

Sejak 2017 lalu, sejak menggunakan istilah Tema untuk Templatenya mengikuti istilah yang digunakan Wordpress,  Blogger sekaligus juga menyediakan 4 Tema Baru bawaan yang gratis untuk mereka yang menggunakan engine Blogger.com untuk ngeblog. (baca: Perbedaan Tema dengan Template Blogger) Keempat Tema itu bernama: Contempo, Soho, Emporio dan Terkemuka.


Kelebihan Tema Baru Bawaan Blogger 2017


Lalu apa kelebihan dari keempat Tema tersebut?
Pada kesempatan ini saya mengujinya dengan beberapa indikator. Lalu membandingkannya dengan Template versi lama bawaan Bloggger.


Validasi HTML


Ini adalah indikator pertama untuk menguji kekuatan sebuah tempalate atau thema blog maupun website. Sejauh mana keakuratan sistem coding yang digunakan. Sejauh mana penulisan setiap scriptnya sesuai dengan standar konsorsium W3C (Word Wide Web). Fungsinya adalah agar setiap bagian dan fitur sebuah halaman web, selaras dengan algoritma Browser, sehingga tampilannya menjadi sama walaupun sebuah blog atau web dibuka dengan Browser yang berbeda. Bahkan sekian persen, juga mempengaruhi kecepatan browser meload setiap halamannya. Maka berdasarkan pengujian yang saya lakukan dengan W3C Markup Validator, rata-rata Tema bawaan blogger yang baru, jumlah errornya lebih sedikit dari template bawaan Blogger versi lama.


PageSpeed


Ini adalah soal kecepatan sebuah halaman web atau website dibuka. Berapa lama waktu yang dibutuhkan begitu sebuah halaman diakses hingga setiap bagiannya terbuka dengan sempurna. Ini sangat besar pengaruhnya tidak hanya bagi pengunjung, tapi juga bagi robot mesin pencari dalam mencrawling atau merambah sebuah halaman blog. Maka berdasarkan pengujian saya dengan PageSpeed Insights Google, kecepatan template bawaan lama dengan Tema baru bawaan Blogger, relatif berimbang. Pada template tertentu, lebih cepat dari Tema Blogger tertentu. Begitu juga sebaliknya. Artinya pada bagian ini, skor mereka secara keseluruhan, berimbang.


SEO


Ini adalah soal skor optimisasi sebuah halaman blog atau website dengan algoritma mesin pencari. Sejauh mana pengaturan dan coding sebuah template blog, sejalan dengan indikator indeksing dan sistem perangkingan mesin pencari di halaman penelusurannya. Maka berdasarkan pengujian saya dengan situs SEOCentro, skor SEO antara Template bawaan lama dengan Tema baru bawaan Blogger, juga relatif sama. Sebagian template bawaan lama skornya lebih tinggi dari Tema baru. Begitu juga sebaliknya, sebagian Tema baru, lebih tinggi dari template lama Blogger. Artinya kekuaatan keduanya dari sisi SEO, relatif berimbang.


Responsive


Ini adalah soal user friendly sebuah blog atau website dengan berbagai jenis perangkat yang digunakan, khususnya saat dibuka dengan versi mobile. Sejauh mana sebuah halaman blog fleksible atau tidak mengikuti variasi lebar screen monitor setiap layar perangkat. Mulai dari lebar kecil, sampai lebar besar. Artinya sebuah blog, tidak hanya sempurna tampilan dan fungsi fiturnya saat dibuka dengan versi desktop, melainkan juga demikian saat dibuka dengan HP, Tablet dan sejenisnya. Maka berdasarkan pengujian saya dengan Mobile Website Speed Testing Tool Google, skor responsive Tema bawaan baru Blogger, lebih tinggi dari Template bawaan lama Blogger. Bahkan tampilan versi mobile dari 4 Tema baru BLogger, persis mengikuti tampilan versi dekstop. Artinya seperti apa tampilannya pada versi desktop, juga demikian khas desain tampilannya saat dibuka dengan versi mobile. Sedang pada Template lama Blogger, antara versi desktop dengan versi mobile, tampilannya tidak sama. Desain tampilan versi mobilenya, tetap sama untuk setiap variasi tampilan template yang berbeda, sehingga antara sebuah blog dengan blog lain, saat dibuka dengan versi mobile, meski menggunakan template lawas yang berbeda, tampilannya menjadi standar. Tidak ada keunikan antar blog saat dibuka dengan perangkat mobile.


Desain Tampilan


Ini adalah soal estetika. Soal artistik. Soal nilai seni perwajahan Template atau Tema sebuah blog. Fungsinya agar sebuah blog, tampak lebih menarik. Agar menjadi sedap dipandang mata. Maka berdasarkan cita rasa seni saya pribadi, desain tampilan Tema Blogger baru, jauh lebih menarik dari desain tampilan Blogger lama. 4 Tema baru Blogger, menggunakan desain modern minimalis. Permainan komposisi bidang dan gradasi warnanya, sudah cerdas. Simple tapi berkelas. Sedang pada template lama Blogger, masih bercorak minimal konvesional. Sederhana, tapi masih terkesan lugu. Komposisi bidang dan warna, belum atraktif.

Sisi lain yang menarik dari Tema baru Blogger, rata-rata sudah menggunakan efek sticky pada menu horizontal. Yaitu panel menu melayang begitu scroll digulir ke bawah. Lalu menjadi stag atau fixed pada posisinya begitu halaman yang discroll telah jauh meninggalkan header. Kemudian sudah tersedia menu buka tutup responsive untuk versi mobile. Kedua fitur keren seperti ini, menjadi incaran para Blogger masa kini, yang membuatnya, sangat tidak mudah bagi mereka yang masih gagap coding. Tapi sekarang sudah tersedia secara gratis pada Tema baru Blogger. Tinggal pakai dengan sendirinya tanpa ribet. Sedang pada template versi lama Blogger, semua itu belum ada, kecuali hanya tampilan menu horizontal yang teramat standar. Bahkan pada sebagian templatenya, tanpa menu horizontal sama sekali.

Jadi apa kesimpulan saya?
Tema baru Blogger, sangat rekomended, baik untuk langsung digunakan sebagaimana adanya tanpa dimodifikasi, maupun untuk dimodif dulu pada bagian tertentu agar menjadi unik, tapi tanpa harus bersusah payah lagi.

9 komentar

avatar

Yang saya suka dari tampilan terbaru dr blogger kali ini adalah responsive dan minimalisnya Mas Erianto... btw, koq gak aktif lg di FB?

Balas Hapus
avatar

Iya sama, saya juga suka dengan responsivenya
Masih aktif kok Ancis

Balas Hapus
avatar

makasih mbah Doyok

Balas Hapus
avatar

Lebih suka dengan tema baru ini. Saya pakai template baru bawaan blogger dan mengganti template custom download gratisan dan hasil nya halaman blog saya melonjak drastis trafik nya. Biasa nya sehari 50 sampai 150 view sekarang menjadi 16000-20000 view perhari.

Balas Hapus
avatar

saya sendiri juga sangat senang dengan adanya tema baru dari blogger, lebih terlihat keren,,,

Balas Hapus
avatar

waw ... dahsyat ya!

Balas Hapus
avatar

Cara buat breadcrumbnya gmn mas untuk template #Emporio

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger