terbaru

Cara Mengubah Ukuran Video YouTube di Blog

: Sabtu, Februari 04, 2017

Cara Mengubah Ukuran Video YouTube di Blog



Jika anda jengkel dengan ukuran kotak video YouTube yang tidak cocok dengan space yang tersedia pada blog anda, baik yang dipasang pada halaman postingan, header, sidebar dan footer, sebenarnya anda tidak perlu panik. Karena ukurannya bisa anda ubah sesuai kebutuhan anda.



Caranya?

Pelajari Cara Memasang Video YouTube pada Blog bagi yang belum tahu.


Jika anda cermat memperhatikan saat mengambil embed Video YouTube di situs resminya, atau saat anda copas dari situs dan blog tertentu, disana sudah tertera ukuran videonya. Contohnya seperti dibawah ini:



<iframe width="420" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/EqJ5a7brP1w" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Ini adalah salah satu embed video YouTube. Perhatikan kode yang berwarna kuning. Itu adalah kode untuk mengatur ukuran kotaknya. Width adalah kode untuk mengatur lebar kotak video dan height untuk mengatur tingginya. Pada contoh ini lebar kotak videonya adalah 420 px (pixels), sedang tingginya adalah 315 px. Itulah ukuran standar kotak video YouTube.

Maka untuk mengubahnya,
Anda tinggal ganti kedua angka tersebut sesuai keinginan anda. Jika ingin lebar kotak videonya sama dengan lebar elemen blog anda, misalnya pada halaman postingan, maka gantilah angkanya sesuai lebar halaman main blog anda. Begitu juga pada elemen lain seperti pada header, sidebar dan footer. Dengan catatan sebelumnya tentu harus anda ketahui dulu berapa lebar elemen atau bagian blog anda tersebut. Tapi jika lebar semua itu tidak anda ketahui, anda tetap bisa melakukannya. Hanya saja anda harus melakukan uji coba berkali-kali sampai anda menemukan ukuran yang paling pas.

Lalu jika ukurannya diobrak abrik, bagaimana dengan proporsi objek-objek atau gambar bergerak dalam videonya? Apakah akan menjadi memanjang atau meninggi? Tidak. Apa yang tayang dalam video, tetap normal seperti biasa. Jika ada objek manusia, maka postur anatomi manusianya, tetap normal seperti sebelumnya. Karena sistem yang mengaturnya secara otomatis. Jadi seperti apapun format kotak video yang anda set, apakah bujursangkar atau sangat mamanjang, sama sekali tidak akan menganggu isinya.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger