-->

Pengertian Web Banner, Fungsi, Jenis, Ukuran & Contohnya

Pengertian Web Banner, Fungsi, Jenis, Ukuran dan Contohnya


Banner, tidak hanya dikenal pada advertising offline dalam kehidupan nyata. Tapi di dunia maya, atau di internet, juga ada istilah banner, atau lebih tepatnya disebut web banner atau spanduk web. Hampir setiap halaman Web dan Blog yang ada di internet, terdapat setidaknya sebuah banner.


Lalu apa itu Web Banner?

Ingatlah ketika anda mencari-cari sesuatu di internet. Jarang anda yang tidak berputar-putar kesana-kemari untuk akhirnya berhasil mendapatkan apa yang anda butuhkan. Padahal sebelumnya anda berpikir hanya ingin sebentar. Tapi akhirnya, menjadi molor hingga berjam-jam ke berbagai halaman situs. Kenapa itu terjadi? Karena anda tergoda mengklik sebuah gambar. Lalu anda dibawa ke halaman lain yang situsnya sudah berbeda. Begitulah seterusnya anda terseret mengklik gambar demi gambar yang isinya selalu berupa link kesana kemari.

Kenapa tergoda mengkliknya?
Karena pada gambar tersebut terdapat beberapa kata, gambar produk, slogan dan yel-yel yang membuat anda terpikat. Nah, itulah contoh web banner.

Jadi Web Banner artinya adalah sebuah elemen web yang isinya berupa teks dan gambar, yang mengandung informasi, ajakan, promosi, yang pada elemen tersebut terdapat link yang mengarah ke halaman yang berbeda, baik tetap pada situs yang sama, maupun ke situs yang sudah berbeda. Biasanya dibuat dengan file gambar dengan ekstensi GIF, PNG, dan JPEG.


Contoh web banner tersebut bisa anda lihat dibawah ini:


Pengertian Web Banner, Fungsi, Jenis, Ukuran dan Contohnya

Pengertian Web Banner, Fungsi, Jenis, Ukuran dan Contohnya

Pengertian Web Banner, Fungsi, Jenis, Ukuran dan Contohnya



Selanjutnya apa Fungsi Banner tersebut?
Sangat banyak, tergantung dari sisi apa melihatnya.

Dari sisi estetika, atau keindahan, sebuah banner bisa digunakan untuk menambah daya tarik sebuah halaman web, sehingga pengunjung menjadi senang melihatnya. Efeknya, citra sebuah situs dan blog, bisa meningkat dimata pengunjung.

Dari sisi tema, sebuah banner bisa sebagai mascot atau pusat perhatian dari beragam topik yang ingin diunggulkan pada sebuah situs

Dari sisi informasi, sebuah banner bisa menjadi corong sosialisasi sebuah informasi baru

Dari sisi bisnis, sebuah banner bisa menjadi sebuah iklan yang menarik minat pengunjung untuk
mengklik dan mengunjungi halaman sebuah situs bisnis yang mempromosikan sebuah produk dan layanan tertentu.

Dan masih banyak lagi


Selanjutnya ada berapa banyak jenis Banner?

Secara umum terdapat 2 jenis banner.
Pertama banner statis. Artinya adalah banner yang tidak bergerak. Semua gambar dan teks yang terdapat didalamnya, hanya diam. Hanya berupa teks dan gambar biasa. Kedua ada namanya banner dinamis. Yaitu banner dalam bentuk animasi atau gambar dan teks yang bergerak.


Kemudian berapa ukuran dari banner tersebut?

Sebenarnya ukuran banner sangat fleksibel sesuai bidang yang tersedia pada sebuah halaman web dan sesuai juga dengan tujuan pembuatan banner tersebut. Tapi sejauh ini ada beberapa ukuran standar lengkap dengan penamaannya yang sudah lazim digunakan pada dunia periklanan berbasis web, misalnya:

  • Leaderboard (728 x 90 pixel)
  • Full Banner (468 x 60 pixel)
  • Half Banner (234 x 60 pixel)
  • Rectangle (180 x 150 pixel) 
  • Square Button (125 x 125 pixel) 
  • Micro Bar (88 x 31 pixel) 
  • Skyscraper (120 x 600 pixel)
  • Wide Skyscraper (160 x 600 pixel)
  • Large Rectangle (336 x 280 pixel)
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas