terbaru

Kupas Tuntas Pengertian Upload dan Download

: Minggu, Desember 11, 2016

Kupas Tuntas Apa Itu Upload dan Download


Jika anda sudah biasa berkeliaran di Internet, sering menggunakan email, main-main di Facebook, Youtube dan seterusnya, tanpa anda sadari sebenarnya anda sudah melakukan proses upload dan download. Atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah unggah dan unduh.

Lalu apa itu pengertian Upload?
Untuk memudahkan anda memahaminya, ingatlah asal kata dari Upload tersebut, yang terdiri dari UP dan Load. Up artinya adalah keatas, dan load artinya adalah memuat. Dari penggabungan kedua kata tersebut Upload berarti memuat keatas. Lalu apa yang dimuat keatas? Dalam dunia digital tentu berupa file, baik file dokumen, file gambar, file musik, file video maupun file program atau software. Jadi ibaratnya sama dengan proses menaikkan barang dengan tali menuju ke atas.

Lalu dari mana dan hendak kemana file tersebut diangkat? Tentu saja dari komputer, laptop atau perangkat mobile anda, lalu dikirim ke sebuah komputer server yang ada di internet, misalnya ke server Google, Youtube, Facebook, 4Shared, Mediafire, dan seterusnya. Jadi ibaratnya anda melakukan ekspedisi barang dari perangkat anda menuju ke internet. Anda menumpangkan file-file anda di server sebuah situs. Perangkat anda dalam hal ini disebut dengan Klien. Jadi Upload itu kesimpulannya berarti proses pengiriman data dari Klien menuju ke Server. Itu sebabnya lambang atau tombol upload itu digunakan dengan tanda panah ke atas seperti dibawah ini.



Kupas Tuntas Pengertian Upload dan Download


Selanjutnya apa contohnya kegiatan mengupload?
Misalnya anda mengganti foto profil Facebook anda. Atau mengirim beberapa foto anda ke fitur album akun Facebook anda. Maka itu artinya anda mengirim gambar dari PC anda menuju komputer server Facebook di internet. Begitu juga dengan file-file lain. Misalnya anda mengirim sebuah video ke situs Youtube. Maka itu artinya anda sedang mengupload video tersebut ke server Youtube. Begitulah seterusnya terhadap setiap jenis file dan setiap server situs yang ada di internet.


Lalu apa pula pengertian Download?
Tentu saja kebalikannya. Down artinya adalah kebawah. Berarti anda mengambil file yang terdapat pada sebuah server di internet, lalu anda simpan pada perangkat (PC, Laptop dan Mobile) anda. Artinya Download adalah peroses pengambilan file atau data dari Server menuju ke Klien. Prosesnya adalah turun. Nah itu juga sebabnya lambang dari Download adalah dalam bentuk tanda panah kebawah.


Kupas Tuntas Pengertian Upload dan Download


Lalu apa contohnya kegiatan mendownload itu?
Misalnya anda tertarik dengan sebuah gambar yang terdapat di Google Image. Maka saat anda menyimpan file tersebut ke komputer anda, maka itu artinya anda sedang mendownload gambar tersebut. Anda sedang mengambil file atau data dari komputer server Google menuju ke komputer anda pribadi. Begitu juga dengan ketika anda tertarik dengan sebuah Video di Youtube, maka saat anda mengambil video tersebut, itu disebut dengan mendownload video tersebut.

Selanjutnya mana yang lebih membutuhkan bandwidth atau kuota internet diantara keduanya? Tentu saja saat anda mengupload. Karena mengupload itu prosesnya mengangkat. Mendaki. Sama dengan anda mengangkat barang ke atas loteng, mana yang lebih banyak menghabiskan tenaga ketimbang melemparkan sebuah barang dari loteng ke lantai? Tentu saja yang menghadap keatas. Karena itu cerdiklah dalam aktivitas Upload dan Download yang anda lakukan. Misalnya jika ingin mengupload sebuah foto, pastikan foto tersebut beban filenya tidak terlalu berat (pelajari: Cara Mengkompres Foto agar Menjadi Ringan).

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas | Powered by Blogger