Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Tugas Seorang Web Developer

: Minggu, Oktober 02, 2016

Tugas Seorang Web Developer


Seorang Web Developer, sama dengan sebuah kompas. Sama dengan sebuah peta. Tanpanya, pembuatan sebuah website bisa menjadi tanpa arah.



Bayangkan jika sebuah grup sepak bola tanpa pelatih, maka semua pemain, akan bergerak sendiri-sendiri tanpa sebuah konsep dan strategi induk yang menyatukan permainan mereka. Begitu juga dengan sebuah grup band tanpa seorang Aransemen, sebuah grup musik, tidak akan bisa melahirkan sebuah karya mereka bersama, karena masing masing personel, hanya sibuk dengan diri mereka masing-masing, tanpa disatukan oleh sebuah konsep musik bersama.

Nah begitulah perumpamaan tugas seorang Web Developer. Inti tugasnya, adalah sebagai konsultan teknis segala hal tentang sebuah website dari awal sampai akhir. Dialah sang Sutradara sebelum sebuah website dibuat. Bagaimana konsep dasar dan visi sebuah website, target atau market yang dibidik, jenis tampilan, jenis konten, model pelayanan, security dan seterusnya. Semua, dipetakan dengan jelas, sehingga pekerjaan pembuatan sebuah website, menjadi punya kompas yang jelas dari berbagai sisi, dalam satu paket konsep yang solid.

Misalnya anda ingin membuat sebuah website.
Maka seorang Web Developer, akan bertanya, web apa yang anda inginkan. Apakah website informasi, profil perusahaan, website pendidikan, toko online dan seterusnya. Jika anda jawab toko online, pertanyaan lanjutannya adalah, produk yang akan anda jual apa dan target pasarnya siapa. kelas menengah, kelas atas dan seterusnya. Maka seorang Web Developer, akan menggali secara spesifik seperti apa yang anda inginkan. Merekalah yang kemudian menterjemahkan semua keinginan anda dalam bentuk konsep dasar. Lalu semua itu, diterjemahkan secara visual oleh mereka yang merancang dan membangun website anda. Mulai dari Web Designer, Web Programmer, sampai dengan Web Administrator, akan bekerja sesuai konsep tersebut, sehingga hasil akhirnya, menjadi sesuai dengan harapan anda.


Apakah itu mudah? Tidak.

Meski posisinya lebih terkonsentrasi sebagai konsultan teknis pembuatan sebuah website, tapi seorang Web Developer, punya wawasan dan pengalaman teknis yang kuat dari berbagai sisi. Atas dasar itulah mereka menjadi lincah dalam menuntun seorang klien atau konsumen. Mereka jadi tahu, karena mereka sudah pernah melakukannya.

Lalu bekal apa saja yang harus dikuasai oleh seorang Web Developer? Mari kita lanjutkan: Keahlian yang Dibutuhkan seorang Web Developer.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas