Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Tugas Seorang Web Animator

: Sabtu, Oktober 08, 2016

Tugas Seorang Web Animator

Inilah beberapa tugas yang menjadi tanggug jawab seorang yang berprofesi sebagai Web Animator saat terlibat dalam projek pembuatan sebuah halaman web:

Sesuai julukannya, tugas seorang Web Animator adalah, membuat teks dan gambar animasi pendukung untuk sebuah halaman web, baik dalam bentuk teks berjalan, maupun dalam bentuk banner. Tapi dalam prakteknya, tugasnya tidak sesederhana itu. Istilahnya, seorang Web Animator, sama dengan tukang rias. Tukang dandan. Bagaimana caranya, agar sebuah halaman web menjadi lebih menarik. Asesories apa yang harus ditempelkan agar daya pikatnya, menjadi tinggi, sehingga pengunjung menjadi betah berlama-lama di sebuah halaman web.

Sebelum membuat teks atau gambar animasi, seorang Web Animator, harus memikirkan kesesuaian antara desain teks dan gambarnya dengan desain tampilan halaman webnya secara keseluruhan, agar kehadiran animasinya, tidak begitu mencolok, agar tidak mengganggu prinsip kesatuan desainnya. Karena fungsi animasi, hanya sebagai penghias, bukan sebagai subjek matter. Jika terlalu mencolok, fokus perhatian pengunjung, menjadi pecah. Apalagi jika animasi yang dibuat sebagai ilustrasi pendukung sebuah post atau artikel, maka gambarnya, harus cocok dengan topik yang dibahas, harus mencirikan visi umum sebuah website dan inti masalah yang dibahas. Artinya seorang Web Animator, harus mengerti persoalan, tidak bisa hanya asal aksi.

Selanjutnya seorang Web Animator, juga harus mempertimbangkan, agar kehadiran animasi yang dibuat, tidak memperberat loading sebuah halaman web. Bagaimana pun bagusnya sebuah animasi, tapi jika loading halaman web menjadi lelet, maka efeknya pengunjung akan mengoceh. Karena itu sebelum sebuah animasi dilaunching, harus diuji dulu apakah kehadirannya, tidak membanggu proses loading. Jika ternyata mengganggu, maka animasi tersebut harus diedit lagi. Harus dikompores dulu agar beban filenya menjadi ringan.

Selain masalah loading, masalah kompatibilitas sebuah animani juga harus dipertimbangkan oleh seorang Web Animator, terutama animasi yang menggunakan script. Apakah bisa bekerja pada semua Browser atau tidak. Jangan-jangan, animasi tersebut hanya support dengan Browser tertentu sedang saat dibuka dengan Browser lain, animasi tersebut tidak jalan.

Lebih kurang itulah beberapa tugas seorang Web Animator. Lantas, untuk kemampuan apa yang harus dimiliki untuk bisa melakukan semua itu? Baca: Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Web Animator.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas